6 Tips dan Trick Paraphrase dalam Bahasa Inggris

6 Tips dan Trick Paraphrase dalam Bahasa Inggris

Hai Scholars, kalian udah pernah dengar kata paraphrase? Bagi PPS (apaan sih) I mean Para Pejuang Skripsi pasti ngga asing lagi dengan kata ‘paraphrase’. Tapi, sebelumnya yuk pahami dulu apa sih arti paraphrase itu?

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Menurut Kamus Oxford Advanced Learner’s Dictionary, parafrase digunakan untuk mengungkapkan apa yang ditulis seseorang dengan menggunakan kata yang berbeda tujuannya untuk lebih mudah dipahami dan menghindari adanya plagiat. Well, setelah kalian paham makna paraphrase, yuk simak tips dan trick berikut!

1. Baca Inti dari Teks yang Akan Diparafrasa

Scholars… dalam memparafrasa, kita membutuhkan bahan bacaan agar mendapatkan berbagai informasi yang akan kita berikan. Caranya gimana? Yuk lanjut baca!

Caranya yakni, kalian hanya perlu untuk mencari topik yang kalian butuhkan. Fokus dan bacalah inti dari teks yang akan diparafrasa. Jangan terlena membaca ke topik lain, ingat! Cukup fokus terhadap inti bacaan tersebut.

2. Cari Main Idea dalam Setiap Paragraf

Setelah fokus terhadap inti teks, pastikan paragraf tersebut memiliki main idea atau gagasan utama. Mengapa kita perlu untuk menemukan gagasan utama? Karena gagasan utama akan menjelaskan apa maksud dari bacaan yang dimaksud.

Dalam satu paragraf biasanya terdapat suatu main idea. Letaknya biasanya berada di awal kalimat atau di ulang-ulang dalam tiap kalimat. Setelah menemukan gagasan utama, kalian penting untuk mengingat dan mencatatnya.

3. Pilihlah Kata yang Tepat (Diksi)

Scholars jangan asal catat! Karena semua juga butuh proses, kembali lagi ke dalam kegunaan parafrase yaitu untuk menghindari plagiat. Nah maka dari itu, cara mencatatnya ngga sembarangan.

Pilihan kata yang tepat atau diksi sangat dibutuhkan. Maka dari itu, gunakanlah kata yang mudah untuk dimengerti khalayak umum. “Kalau ada yang mudah kenapa dibikin susah?” So, Scholars pastikan pemilihan kata tersebut tepat, cocok, dan mudah dimengerti. Selain itu, kalian juga dapat menggunan vocabulary yang memiliki kesamaan makna.

Dalam Bahasa Inggris pasti memiliki berbagai kosa kata (vocabularies) yang berbeda namun memiliki makna yang sama/hampir sama. Kata tersebut biasanya dapat dengan mudah kita temukan dalam sinonim dari kamus Bahasa Inggris. Seperti kata ‘good’ maka kita dapat menggantinya dengan kata ‘great’, ‘excellent’, ‘amazing’, dsb. Berhati-hatilah karena terdapat satu kosa kata (vocabulary) namun memiliki makna sama seperti kata ‘miss’ dapat memiliki banyak makna yaitu: rindu, melewatkan, atau sebutan untuk perempuan.

Baca juga: Penjelasan, Contoh, dan Tipe Kalimat dalam Bahasa Inggris: Simple, Compound, dan Complex Sentences

4. Ubah Bentuk Kalimat Langsung menjadi Kalimat Tak Langsung

Kalimat langsung dalam Bahasa Inggris disebut juga direct speech. Sedangkan kalimat tak langsung dalam Bahasa Inggris disebut juga dengan indirect speech. Caranya yakni menambahkan kata ‘that/said/state’ dan sejenisnya. Lihat contoh berikut!

Direct: Simple Sentence is a sentence includes Subject and Verb …
Indirect: According to (orang yang menyatakan) that Simple Sentence is a sentence includes Subject and Verb …

5. Ceritakan Kembali

Dalam parafrasa, kita harus menceritakan kembali apa maksud dari topik yang akan kita bahas. Tak lepas dari tips dan trik sebelumnya, kita didorong untuk menceritakan kembali menggunakan bahasa kita sendiri. Maksudnya adalah, bahasa yang familiar dengan apa yang biasanya kita gunakan.

Jika kalian menemukan bacaan yang cukup susah dipahami, coba mengerti berulang kali sebelum menceritakan kembali isinya. Dengan memahami isinya terlebih dahulu, maka kalian pasti dengan mudah dapat menyampaikan maksud dari topik yang akan kita sampaikan.

6. Tulis Sumbernya

Tips dan Trick yang terakhir yakni tulis sumbernya. Scholars, meskipun kalian sudah menggunakan bahasa sesederhana mungkin, memilih dan memilah kata yang tepat, bahkan membolak-balik kalimat langsung menjadi tak langsung. Namun, menulis sumber juga sangat penting.

Kenapa harus menulis sumbernya? Karena selain penting, sumber informasi yang kita tulis dapat meyakinkan pembaca bahwa tulisan tersebut berdasarkan fakta, teori, dan sebagai bukti.

Cukup sekian Scholars, semoga bermanfaat ya! See you on next article!

References:
https://dosen.perbanas.id/bagaimana-memparafrasa-paraphrase/
https://kursusinggris.wordpress.com/tag/paraphrasing-sentence/
http://repository.uin-malang.ac.id/2272/2/2272.pdf
https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/paraphrase_1?q=paraphrase

👤: Iretna Ayu Labibah
📧: iretna.labibah@gmail.com
Ig : @iretna_labibah

Baca juga: Pengertian dan Contoh Kalimat Direct and Indirect Speech dalam Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *