Adverb Phrase: Penjelasan, Contoh, dan Penggunanya

Adverb Phrase: Penjelasan, Contoh, dan Penggunanya

Halo Scholars . . .
Adverb adalah salah satu bagian dari part of speech yang merupakan keterangan. Phrase atau frasa merupakan gabungan dua kata atau lebih yang bertujuan untuk lebih menspesifikkan sesuatu, seperti kata keterangan (adverb). Terdapat beberapa bagian frasa (phrase) dalam Bahasa Inggris seperti adjective phrase, adverb phrase, noun phrase, dan lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari penjelasan, contoh, dan penggunaan adverb phrase. So, mari simak artikel ini sampai akhir.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

1. Pengertian Adverb Phrase

Seperti halnya adverb (kata keterangan) yang berfungsi untuk menjelaskan verb, adjective, dan lainnya, adverb phrase juga dapat menerangkan verb, adjective, maupun kata keterangan lainnya. Adverb Phrase terdiri dari dua kata atau lebih yang terdiri dari satu headword (inti kata), yaitu adverb dan satu atau lebih modifier (penjelas) seperti contoh berikut:

Single adverb: David runs quickly. (David berlari dengan cepat)
Double adverb: David runs very quickly. (David berlari dengan sangat cepat)

2. Macam-Macam Adverb Phrase

Terdapat bermacam-macam kata keterangan. Beberapa yang paling penting ada empat, yaitu: adverbs of time (waktu), manner (cara), place (tempat), dan frequency (frekuensi), berikut penjelasannya:

a. Adverb Phrase of Time

Adverb of time merupakan kata yang menerangkan waktu terjadi atau dilaksanakannya suatu kegiatan. Adverb phrase of time merupakan gabungan dua atau lebih kata keterangan, yang mana salah satunya sebagai headword, yaitu adverb of time dan lainnya sebagai modifier.

Perhatikan contoh berikut:
Nana comes to school very late.
Frasa very late merupakan adverb phrase, yang mana very sebagai modifier (penjelas) dari adverb ‘late’ yang menjadi headword (inti kata).

b. Adverb Phrase of Place

Adverb of place adalah kata keterangan tempat, dimana suatu kejadian atau aktifitas terjadi. Adverb phrase of place merupakan gabungan dua atau lebih kata keterangan, yang mana salah satunya sebagai headword, yaitu adverb of place dan lainnya sebagai modifier.

Perhatikan contoh berikut:
Camelia found her wristwatch in the classroom.
Frasa in the classroom merupakan adverb phrase. Kata in menjadi modifier (penjelas) dari adverb classroom yang sebagai headword (inti kata).

c. Adverb Phrase of Manner

Adverb of manner ialah kata yang menerangkan bagaimana (how) suatu aktifitas dilakukan. Adverb phrase of manner merupakan gabungan dua atau lebih kata keterangan, yang mana salah satunya sebagai headword, yaitu adverb of manner dan lainnya sebagai modifier.

Perhatikan contoh berikut:
The cat walks very slowly.
Very slowly adalah adverb phrase. Kata very sebagai modifier (penjelas) dari headword (inti kata) slowly yang merupakan adverb of manner.

d. Adverb Phrase of Frequecy

Adverb of frequency adalah kata keterangan yang menjelaskan seberapa sering suatu aktifitas dilakukan. Adverb phrase of frequency merupakan gabungan dua atau lebih kata keterangan, yang mana salah satunya sebagai headword, yaitu adverb of frequency dan lainnya sebagai modifier.

Perhatikan contoh berikut:
They almost never invite people to their house these days.
Adverb phrase pada kalimat di atas adalah almost never, kata almost sebagai modifier (penjelas) dari adverb never yang sebagai headword (inti kata)

3. Contoh Kalimat dan Penggunanya

Adverb phrase dapat digunakan sebagai subjek dan objek pelengkap (subject and object complement). Berikut contohya:

a. Subject complement

  • My pet almost everyday wakes me up. (Peliharaanku hampir setiap hari membangunkanku)
  • Angga usually always comes on time. (Angga biasanya selalu datang tepat waktu)

b. Object complement

  • My mom cooks in the kitchen. (Ibuku memasak di dalam dapur)
  • He was standing in the corner of the class. (Dia berdiri di pojok kelas)

Baca juga: Pengertian, Jenis-Jenis, beserta Contoh Adverb dalam Bahasa

References:
https://www.grammar-monster.com/glossary/adverbial_phrases.htm
https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-adverb-phrases
https://www.google.com/amp/s/dictionary.cambridge.org/amp/british-grammar/adverb-phrases

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *