Cara Membaca Webpage dengan Efektif

Cara Membaca Webpage dengan Efektif

Dear readers… pasti kalian pernah buka website atau bahkan sering. Gak jarang juga nih perhatian kita ditarik oleh iklan-iklan yang ada di halaman website itu. Pernah gitu, gak? Tenang aja, kali ini kita akan belajar tips bagaimana cara baca webpage dengan efektif.

Baja juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Setiap webpage itu berbeda. Ada beberapa elemen umum yang akan kalian temukan. Seperti halaman tersebut memiliki main content di tengah atau di atas halaman, dengan iklan di samping kanan, kiri, atau bahkan di bawah. Dengan mempelajari tentang bagian dasar ini, kalian akan mampu menemukan informasi yang kalian cari lebih cepat.

Saat kalian baca buku, kalian akan memulai dari awal sampai akhir kata. Namun ini bukanlah cara terbaik untuk membaca webpage. Karena webpages memiliki banyak sekali informasi yang tidak kalian butuhkan, tugas kalian adalah menemukan informasi yang tepat tanpa dialihkan oleh hal lain.

Baca juga: Cara meningkatkan Kemampuan Membaca dalam Bahasa Inggris

  • Temukan Main Contentnya

Temukan the main content. Biasanya ini yang paling relevan di bagian halaman tersebut. Main content sangat mudah ditemukan, walau terkadang kalian harus scroll ke bawah untul menemukannya.

  • Pastikan Berada di Webpage yang Benar

Pastikan kalian berada di webpage yang tepat. Jika kalian tidak menemukan informasi yang sesuai, gunakan navigation bar or search box untuk menemukan halaman yang kalian cari.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Unsur-unsur Short Story dalam Bahasa Inggris

  • Hindari Membaca Setiap Kata

Pada halaman website, kalian bisa strategi skimming untuk menemukan apa yang kalian cari. Agar lebih cepat, kalian hanya perlu membaca kalimat pertama pada setiap paragraf.

  • Gunakan Heading untuk Mempermudah Skimming

Gunakan heading untuk membantu kalian skimming the page. Sebagian besar artikel memiliki heading di setiap bagian awal pembahasan. Jika headingnya terlihat seperti tidak relevan atau sesuai dengan apa yang kalian cari, kalian bisa dengan simpelnya scroll ke bawah untuk menemukan heading selanjutnya.

Baca juga: Teknik Menebak Makna Suatu Kata dalam Bahasa Inggris

  • Abaikan Iklan

Ikan sering sekali ada di sebuah artikel. Pernah gak ketemu sama iklan yang hampir sama dengan apa yang kita cari? Pada dasarnya itu hanya terlihat relevan, namun biasanya hal itu tidak membantu kalian untuk menemukan apa yang kalian cari.

  • Gunakan Back Button.

Gunakan Back button jika kalian membuka link atau website yang sama sekali tidak sedang dibutuhkan. Kalian bisa kembali pada halaman sebelumnya dengan tekan tombol back (kembali).

Baca juga: Tips and Trick Reading tentang Understanding Finding Specific Information (Factual and Scanning Questions)

  • Gunakan Kata yang Spesifik

Gunakan kata yang spesifik atau tertentu pada sebuah halaman. Jika kalian sudah tau apa yang lebih tepatnya dicari, kalian tidak perlu skim halamannya. Cukup gunakan Ctrl+F untuk menemukan apa yang kalian cari. Kemudian kalian bisa mengetik kata atau phrase yang kalian cari untuk melewati bagian pada halaman tersebut. Hal ini lebih cocok dan akan membantu untuk artikel yang panjang.

Baca juga: Beberapa Strategi untuk Membaca Teks Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca

References:
https://edu.gcfglobal.org/en/searchbetter/how/-to-read-a-webpage/1/
https://youtu.be/lln9oG8Rsig

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
funvenchiera@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *