Cara Menentukan Noun atau Pronoun dalam Soal TOEFL Reading Comprehension Section

Cara Menentukan Noun atau Pronoun dalam Soal TOEFL Reading Comprehension Section

Hai Scholars… dalam setiap reading comprehension section, akan ada pertanyaan tentang determine which noun or pronoun. Jadi, pada pertanyaan seperti ini merujuk pada noun yang digunakan dalam kalimat maupun satu paragraf, kemudian lihat pronoun yang digunakan pada kalimat berikutnya. Well, Scholars check these examples!!!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

The pronoun ‘they’ in line 5 refers to …
a. Humid areas
b. These plants
c. Insects
d. Digestive fluids

Okay Scholars, jika dilihat dari teks tersebut, maka opsi D adalah jawaban yang dekat dengan kata ‘they’. So, sudah pasti bukanlah jawaban yang tepat karena ‘digestive fluids’ terletak setelah pronoun ‘they’. Kita perlu mencari noun yang berada sebelum pronoun ‘they’, sehingga opsi A, opsi B, opsi C bisa berpotensi untuk menjadi jawaban.

Let’s go to the next step! Yaitu … mencocokkan ‘they’ dengan possible answer. Jika diperjelas kembali, maka opsi B. These plants adalah the best answer karena pronoun ‘they’ di sana menjelaskan tentang tanaman yang memiliki mekanisme untuk trap insect yang ada juga di dalamnya digestive fluid. Sehingga, dengan menggunakan noun ini, pronoun they tepat menjadi pengganti ‘these plants’.

Baca juga: Cara Menjawab TOEFL Listening Skill 4: Draw Conclusion about Who, What and Where

  1. The word ‘its’ in the fifth sentence refers to …
    A. Predator
    B. Pond
    C. Living being
    D. Nature

Jika kita ingin mencari jawaban dari jenis soal seperti ini, perlu kita lihat apa noun yang tepat untuk pronoun itu. Setiap ‘noun’ yang menjadi jawaban, pastilah ada sebelum pronounnya. Kita bisa mengeliminasi opsi B. Pond karena opsi ini ada setelah pronoun ‘its’.

Kemudian, kita lihat lagi 1 kalimat sebelum pronoun ini yaitu kalimat ‘’Like all of nature, there are predators and victims, and a particular living being may be one or the other, depending on its age and characteristics’’. Pada kasus ini, terdapat klausa ‘… and a particular living being may be one or the other, depending on its age and characteristics’’. Jika dilihat dari klausa ini, maka pronoun ‘its’ paling memungkinkan menjelaskan noun ‘living being’. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah C. Living being

  1. The word ‘they’ in the second sentence of paragraph two refers to …
    A. Salamander embryos
    B. Young
    C. Forms of algae
    D. Sunlight

Seperti soal sebelumnya, pronoun ‘’they’’ pastilah menjelaskan tentang ‘noun’ yang ada pada kalimat sebelumnya. Kalimat sebelumnya adalah ‘’Various forms of algae grow well in the murky water, if there is sufficient sunlight’’. Kita bisa melihat bahwa ada beberapa kemungkinan jawaban, yaitu forms of algae, murky water, dan sunlight.

Setelah itu, bisa dianalisis lagi, maka noun yang paling benar jika digantikan dengan pronoun ‘’they’’. Satu hal lagi, pronoun ‘’they’’ menunjuk pada jumlah noun yang ‘jamak’ dan bukan tunggal. Untuk itu, sunlight tidak mungkin menjadi jawaban dan juga young tidak mungkin menjadi jawaban. Oleh karena itu, jawaban yang tersedia hanyalah C. Forms of algae yang merupakan jawaban paling tepat untuk soal ini.

References:
https://www.atamerica.or.id/en/events/detail/toefl-ibt-prep-course–session-12-out-of-12-
Philips, Deborah. 2003. Longman Preparation Course for the TOEFL Test, The Paper Test. White Plains, New York: Longman.
Pyle, Michael. A Cliffs Test Preparation TOEFL CBT. IDG Books Wordlwide, Inc.

👤: Iretna Ayu Labibah dan Arthy Ningrin Manafe
📧: iretna.labibah@gmail.com
Ig : @iretna_labibah

Baca juga: TOEFL Reading: Tips dan Trick Menjawab Soal Main Idea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *