Cara Menjawab TOEFL Listening Skill 4: Draw Conclusion about Who, What, and Where

Cara Menjawab TOEFL Listening Skill 4: Draw Conclusion about Who, What, and Where

Halo Scholars, di sini kita akan memahami skill ke 4 dalam TOEFL Listening. Seperti apa isinya? Udah pada ngerti belum? Yuk markicek, mari kita cek!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Dalam skill 4 soal TOEFL Listening, test takers diminta untuk menyimpulkan tentang siapa, apa, dan dimana dalam suatu dialog singkat. Untuk soal di skill 4 ini, jawaban tidak secara gamblang tertera di dialog. Oleh karena itu, test taker harus menyimpulkan percakapan tersebut dengan beberapa kata kunci yang dapat digunakan. Pertanyaan-pertanyaan pada skill ini berupa:

  • Who is probably talking?
  • What will s/he probably do next?
  • Where does the dialog probably take place?

So, Scholars… untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini!

1. Who Question

Berikut adalah gambaran TOEFL Listening soal who question yang akan kalian temui:

Gambar 1. Who Question

Dari soal di atas, speaker pertama menyebutkan kata “class”. Sedangkan speaker kedua menyebutkan kata “homework” dan “quiz”. Bentuk pertanyaannya adalah “who is the man?”

Pertanyaan tersebut merujuk pada pembicara kedua. Sehingga test takers dapat menyimpulkan bahwa kata-kata seperti “homework” dan “quiz” tersebut menjelaskan bahwa ruang lingkupnya ada pada seorang guru. Maka opsi yang benar adalah C. A teacher

Baca juga: Sistem TOEFL Listening Januari by Scholars Official

2. What Question

Berikut adalah gambaran TOEFL Listening soal what question yang akan kalian temui:

Gambar 2. What Question

Soal di atas menunjukkan bahwa ada beberapa kata kunci yang dapat digunakan pada percakapan seperti dialog yang tertera di atas. Speaker 1 menyebutkan kata “book” dan speaker 2 menyebutkan frasa “check them out” yang mana kata “them” merujuk pada kata buku.

Maka dapat disimpulkan bahwa speaker 2 lebih suka meminjam buku dan membawanya pulang. Bentuk pertanyaan percakapan di atas adalah “what will the man probably do next?” atau apa yang akan kemungkinan dilakukan oleh pembicara laki-laki tersebut berikutnya adalah pergi ke meja peminjaman buku. Sehingga jawaban yang benar adalah D. Go to the circulation desk.

3. Where Question

Berikut adalah gambaran TOEFL Listening soal where question yang akan kalian temui:

Gambar 3. Where Question

Soal di atas menunjukkan kata kunci yang dapat kita gunakan pada percakapan recording yaitu speaker wanita menyebutkan kata ‘’water’’ dan ‘’sand’’ sedangkan speaker laki-laki menyebutkan suntan lotion. Singkatnya, pembicara pertama mengatakan apakah anda ingin menyebur ke dalam air atau hanya berbaring di tanah.

Kemudian pembicara kedua menjawab saya rasa saya perlu memakai lotion. Sehingga, test takers dapat menyimpulkan bahwa percakapan ini terjadi di pantai. Setelah mengetahui letaknya, maka opsi yang benar adalah B. At the beach

References:
https://www.nunuamir.com/2020/04/tips-dan-trik-toefl-listening-part-a-1.html?m=1
Philips, Deborah. 2003. Longman Preparation Course for the TOEFL Test, The Paper Test. White Plains, New York: Longman.
Pyle, Michael. A Cliffs Test Preparation TOEFL CBT. IDG Books Wordlwide, Inc.

👤: Iretna Ayu Labibah dan Yulvia Zarnis
📧: iretna.labibah@gmail.com
Ig : @iretna_labibah

Baca juga: TOEFL Reading: Tips dan Trick Menjawab Soal Main Idea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *