Cara Menulis “Thank You E-Mail” beserta Tips dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Cara Menulis “Thank You E-Mail” beserta Tips dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Hello Scholars, bagaimana cara menulis thank you e-mail yang baik dan benar? Jangan asal-asalan! Yuk belajar tips dan contohnya biar makin banyak tahu! Come on ! Let’s go on!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Cara Menulis Thank You E-Mail

Berikut adalah beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam menulis thank you e-mail:

1. Sapa Orang yang Dituju dengan Tepat

Awalilah dengan menyapa orang yang ingin kita tuju dengan salam yang tepat, seperti “Dear Mr. John.” Jika kalian cukup mengenali orang tersebut, maka gunakan nama depannya. Namun, jika kalian tidak mengenalinya, panggil dia dengan sebutan Mr., Ms., atau gelar lain yang sesuai dengan orang tersebut.

2. Ucapkan Terima Kasih

Dalam satu atau dua kalimat pertama, ucapkanlah kata “Thank You”. Tujuannya agar orang tersebut mengerti apa isi dari e-mail yang kalian tuliskan. Jangan lupa sertakan frasa “Thank You” dalam baris subjek. Berikut adalah beberapa ucapan terima kasih selain frasa thank you:

  • Thank you so much.
  • Thank you very much.
  • I appreciate your consideration/guidance/help/time.
  • I sincerely appreciate .
  • My sincere appreciation/gratitude/thanks.
  • My thanks and appreciation.
  • Please accept my deepest thanks.
  • Thank you for your assistance/consideration/encouragement.

3. Tuliskan (Beberapa) Hal Spesifik

Scholars, tulislah dan jelaskan alasan kenapa kalian memberi ucapan terima kasih. Misalnya, jika kalian mendapatkan e-mail dari pihak yang memberi informasi tentang lowongan pekerjaan, maka jelaskan dengan tepat tentang alasan mendapatkan informasi dari pekerjaan tersebut, karena kalian sangat membutuhkan yang sesuai bidang kalian atau bahkan impian kalian mengapa menginginkan pekerjaan tersebut. Sehingga, pihak yang memberi informasi akan mengetahui mengapa kalian mengucapkan terima kasih untuknya.

4. Ucapkan Terima Kasih Lagi

Sebelum mengakhirinya, maka ulangi apresiasi ucapan kalian. Gunakanlah penutup yang sesuai, seperti “Sincerely”. Akhiri dengan tanda tangan (ketik nama karena berupa email).

Baca juga: TOEFL Reading: Tips dan Trick Menjawab Soal Main Idea

B. Tips Menulis Thank You E-Mail

Berikut adalah beberapa tips untuk menulis ucapan terima kasih dalam e-mail:

1. Kirimkan Secepatnya

Tulis dan kirimkan secepat mungkin. Jangan menunda mengirimkan ucapan terima kasih, terutama setelah wawancara kerja. Karena jika tidak mengirimkan surat terima kasih setelah wawancara, akan dapat merusak peluang kalian untuk memperoleh pekerjakan tersebut.

2. Bersikaplah Positif tapi Tulus

Ungkapkan rasa terima kasih kalian secukupnya tanpa berlebihan. Tetap fokuslah terhadap hal-hal positif. Jangan sampai berbohong. Karena ucapan terimakasih yang berlebihan juga tidak baik.

3. E-mail Dapat Memiliki Tiga Paragraf Utama

Paragraf pertama berisikan tentan alasan menulis dengan mengucapkan “terima kasih”. Sedangkan paragraf kedua adalah poin utama yang menyertakan lebih detail misalnya menyantumkan suatu keinginan di masa depan. Kemudian paragraf terakhir yakni frasa penutup.

4. Jaga Agar Tetap Singkat dan Edit

Ucapan terima kasih harus singkat, padat, dan jelas. Buatlah ucapan tersebut secukupnya agar pembaca dapat menangkap isi yang dimaksud. Kemudian, agar terhindar dari kesalahan, lakukanlah pengeditan secara bertahap agar terlihat profesional dan tetap berhati-hati sebelum proses pengiriman.

C. Contoh Thank You E-Mail

Scholars, setelah mengetahui cara membuat dan juga tips menulis thank you e-mail, maka di bawah ini adalah contoh dari thank you e-mail:

Subject: Thank you!

Dear Ms. Lee,

I would like to thank you for the invaluable support you provided to me during my recent career search.
When I began this search, I had very little idea how to go about it or especially, how to network to discover new job opportunities. The information and advice you gave (and, in particular, the list of contacts you shared with me) made all the difference in helping me to focus my job search.
Im happy to report that I have just accepted a new position with ACME Auto! Again, thank you so very much. I greatly appreciate your generosity.

Sincerely,
Terry Lau
123 Main Street
Anytown, CA 12345
555-555-5555
terry.lau@email.com

References:
https://www.grammarly.com/blog/how-to-write-a-thank-you-letter/
https://learnenglish.britishcouncil.org/skills/writing/beginner-a1/a-thank-you-email
https://www.thebalancecareers.com/general-thank-you-letter-sample-2063961
https://www.thebalancecareers.com/thank-you-phrases-and-wording-2064014

👤 : Iretna Ayu Labibah
📧 : iretna.labibah@gmail.com
Ig : @iretna_labibah

Baca juga: Same (as), Similar, Like, Alike: Perbedaan dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *