Dangling Infinitive: Pengertian dan Contohnya

Dangling Infinitive: Pengertian dan Contohnya

Halo sobat Scholars!

Mungkin teman-teman disini jarang mendengar istilah dangling infinitife. Dangling infinitive adalah salah satu istilah yang digunakan jika ada kesalahan dalam kalimat bahasa Inggris. Nah, kali ini kita akan membahasnya. Penasaran kan? Lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Dangling Infinitive

Dangling infinitive adalah infinitive (phrase) yang tidak menerangkan kata apapun atau menerangkan kata yang salah di suatu kalimat. Dangling infinitive umumnya ditemukan di awal kalimat yang diawali dengan infinitive phrases dimana main clausenya harusnya adalah seseorang atau pelaku yang melaksanakan aksi. Namun di dangling infinitive menggunakan main clause yang subjeknya tidak sesuai sehingga makna keseluruhan kalimat menjadi janggal.

Dangling Infinitive adalah jenis kesalahan dalam konstruksi kalimat. Penyebabnya karena subject yang digunakan pada suatu kalimat tidak satu ide dengan modifier di kalimatnya. Contohnya: To win this game, strategy in game is needed.

Baca juga: Participle Phrases: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Contoh Dingling Infinitive

Dangling infinitive tidak memiliki fungsi menerangkan jenis kata apapun dalam bahasa Inggris namun sering digunakan untuk membuat kalimat terasa lebih singkat hanya saja susunannya yang tidak sesuai dengan maknanya.

Contoh dingling infinitive:

1. To achieve success in examinations, creating a study plan is important. (Untuk meraih sukses di ujian, membuat rencana belajar itu penting.)

Di kalimat di atas belum tertulis jelas siapa yang meraih sukses di ujian? Apakah creating a study plan? Sehingga seharusnya ditulis dengan subject yang jelas pada main clause. Yaitu:

To achieve success in examinations, someone must create a study plan. (Untuk meraih sukses di ujian, seseorang harus membuat rencana belajar.)

2. To get the job, experience in sales is needed. (Untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, pengalaman di penjualan di butuhkan.) 

Di kalimat di atas tertulis bahwa main clause kalimatnya menggunakan passive construction (susunan pasif) sehingga kurang jelas tertulis siapa yang akan mendapatkan pekerjaan, dan tentu saja bukan experience yang mendapatkannya. Seharusnya main clause diubah menjadi active construction dan menggunakan subject untuk main clause. Yaitu:

To get the job, you need to have experience in sales. (Untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, kamu butuh punya pengalaman di penjualan.) 

Dangling infinitive dapat diatasi dengan cara antara lain:

  1. Mengganti subject pada main clause sehingga cocok juga dengan modifying phrase-nya.
  2. Mengubah main clause dengan passive construction menjadi active construction dan ditambahkan subject yang cocok.
  3. Menambahkan subject pada infinitive sehingga menjadi clause yang kemudian digabungkan dengan main clause untuk membentuk complex sentence.

Baca juga: Infinitive Phrases: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Reference:

https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-dangling-infinitive https://azbahasainggris.com/dangling-infinitive https://www.tutorialbahasainggris.com/pengertian-dan-contoh-kalimat-dangling-infinitive.html https://www.bigbanktheories.com/dangling-infinitive-beserta-contoh-dan-cara-mengatasinya/

Author: Namira Mutmainah
Instagram: namiiraamuth
Email: namiramutmainah0206@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *