Definition and Generic Structure of Procedure Text

Definition and Generic Structure of Procedure Text

Hello Guys, Welcome Back to Writing Corner. Btw, pertama Learners says mau tanya, tau tidak kue yang lagi trending saat jni, yang katanya lembut lembut, dan creamy banget. Ada yang tau Learners, kue apa itu? Bagi pengguna aplikasi paling hits saat ini pasti tau, apalagi kalau bukan aplikasi “Tik Tok” guys, hayoo siapa yg tik tokers disini? Jadi, Roti apa namanya Learners? Cloud bread adalah nama rotinya guys. Ayo siapa yang pernah buat dan tiru proses pembuatannya dari video tutorial “Tik Tok”?? Gimana guys hasilnya sesuai ekspetasi tidak?

Oh ya learners, jadi salah satu contoh video tutorial tadi hampir sama dengan procedure text ya guys hanya bedanya tutorial dilihat langsung dari video mereka yang melakukan prosesnya kalau procedure text kamu bisa tau prosesnya dari baca text nya ya Leaners. Jadi, tutorial dan procedure itu memilki fungsi yang sama yaitu menjelaskan atau mencontohkan tentang bagaimana melakukan sesuatu secara urut dan benar.

Kemudian English Learners, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat procedure text? Oleh karena itu, tunggu apa lagi ayo kita pelajari bersama Learners.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Pertama Leaners, kita harus tau generic structure dari procedure text itu agar teks procedure yang akan kita buat lengkap dan terurut dengan jelas.

Adapun generic structurenya Learners, yaitu:

  1. Goal: Tujuan (menjelaskan tentang untuk apa langkah-langkah tersebut ditulis)
  2. Materials: Bahan dan alat (apa saja yang diperlukan untuk melakukan langkah-langkah tersebut)
  3. Steps: Langkah-langkah (apa saja yang harus dikerjakan)

Baca juga: Formal and Informal Invitation Card: Definisi, Ciri, dan Contoh

Selain generic structurenya, Learners juga harus tahu tata bahasa apa yang kita pakai dalam membuat procedure text. Adapun tata bahasa yang digunakan yaitu:

  1. Menggunakan kalimat imperative (kalimat perintah), kalimat yang menggunakan action verb, atau verb 1 yang memberikan instruksi secara langsung.
    Eg: break the eggs
  1. Menggunakan Simple Present Tense.
    Eg: Break bukan broke
  1. Menggunakan action verb (kata kerja yang memberi tahu terdapat kegiatan yang melibatkan fisik).
    Eg: Cut
  2. Menggunakan adverb of time sequence (kata keterangan urutan) seperti: first, next, then, finally, etc. Kadang bisa memakai numbering saja like: 1.., 2.., 3.
  3. Menggunakan adverbs of manner seperti (carefully, slowly, fastly, etc).
  4. Menggunakan adverb of time seperti: for 10 minutes and in two hours.

Jadi learners, untuk membuat teks procedure selalu perhatikan generic structure dan tata bahasa yang digunakan sehingga kita bisa membuat procedure text yang dapat dipahami oleh orang lain dengan mudah.

References:
http://britishcourse.com/22-contoh-procedure-text-sederhana.php
www. Wikipedia.com

Winda Yuliani Panjaitan
windayuliani.0207@gmail.com
Ig: Winda Yuliani Panjaitan

Baca juga: Definisi dan Struktur dalam Invitation Card

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *