Descriptive Paragraph: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Descriptive Paragraph: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Halo Scholars . . .
Pernahkah kalian menulis sebuah paragraf? Pernah dong! Paragraf juga dikenal dengan alenia. Paragraf menjadi bagian yang terpenting dari suatu bacaan. Tujuan paragraf yaitu untuk mengekspresikan suatu gagasan secara tertulis. Dari banyak jenis paragraf tersebut masing-masing mempunyai tujuan, begitupun dengan paragraf deskripsi. Untuk mempelajari pembahasan tentang paragraf deskripsi, klik disini. Tahukah kalian apa saja jenis-jenis paragraf deskripsi? Dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis paragraf deskriptif yang dapat ditulis. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari jenis-jenis paragraf deskripsi beserta contohnya, agar kalian lebih paham. Mari simak artikel berikut, dan baca sampai akhir ya!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

1. Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang menggambarkan suatu tempat, lingkungan, atau objek lainnya secara jelas. Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang bisa menerangkan atau menjelaskan suatu objek, dan menjadikan pembaca seolah melihat atau merasakan objek yang penulis gambarkan.

2. Jenis-jenis Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi dibagi menjadi tiga jenis; paragraf deskripsi spasial, subjektif, dan objektif. Berikut penjelasan dan contohnya:

  • Paragraf deskripsi spasial

Jenis paragraf ini dibuat berdasarkan ruang dan waktu. Artinya, dalam paragraf ini kamu bisa menjelaskan suatu ruangan dari berbagai penjuru, luar, dalam, atas, atau bahkan bawah. Kamu bisa memberi penjelasan tentang keadaan ruangan, apakah gelap, terang, pengap, berdebu, bersih, rapi, atau juga berdasarkan waktunya, seperti siang, malam, atau pagi.
Selain keadaan ruangan, kamu juga bisa menggambarkan apa saja yang ada di dalam ruangan tersebut. Mulai dari jenis-jenis benda di dalam ruangan hingga tata letaknya. Kamu harus bisa menjelaskan ruangan dan isinya tersebut dengan sangat detail dan spesifik sehingga pembaca merasa seolah-olah mereka tahu dan kenal isi ruangan tersebut atau ikut hadir dalam ruangan tersebut.
Berikut contoh paragraf deskripsi spasial dalam Bahasa Inggris dan artinya:

The room which has 5m x 5m size looks like it is not suitable to be occupied. There are no walls. There is only woven bamboo to ward off the wind that stabs the bones. There is no partition. There is only one single mattress in the front corner. There is a stove and other cooking utensils in the back corner, adjacent to the door leading to the bathroom.

Ruangan berukuran 5m x 5m ini ini seperti tidak layak untuk ditempati. Tidak ada dindingnya. Hanya terdapat anyaman bambu untuk menghalau angin yang menusuk ke tulang. Tidak ada sekatnya. Hanya ada satu buah kasur single di pojok depan. Ada kompor dan alat memasak lainnya di pojok belakang, berdampingan dengan pintu yang menuju kamar mandi.

*Contoh paragraf deskripsi di atas merupakan jenis spasial, mengapa? Karena pada paragraf tersebut penulis menggambarkan suatu ruangan yang dijelaskan dari sudut ukuran, serta benda-benda yang ada di dalamnya.

Baca juga: Descriptive Text: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh

  • Paragraf deskripsi subjektif

Jenis paragraf yang satu ini bisa dibilang kebalikan dari paragraf deskripsi objektif. Pada umumnya, paragraf deskripsi subjektif ini justru mengharuskan penulis untuk menggambarkan keadaan sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan penulis. Dengan kata lain, penulis sangat boleh untuk menulis pendapat atau opini pribadinya dalam menjelaskan sesuatu. Walaupun hasil pendapat penulis, tetapi paragraf ini masih bertujuan agar pembaca seolah dapat melihat maupun merasakan apa yang dibicarakan oleh penulis.
Berikut contoh paragraf deskripsi subjektif dalam Bahasa Inggris dan artinya:

When sunset, the view of the house looks eccentric. Especially with the lights that bounce from all corners of the house. It can be viewed from the outside the house which looks beautiful and able to convey warmth to those who look at it. The shining garden lights will add to the existing eccentricity. So warm and So beautiful.

Pada saat matahari terbenam, pemandangan rumah terlihat eksentrik. Apalagi dengan cahaya lampunya yang memantul dari seluruh sudut rumah. Dapat dilihat dari luar rumah terlihat indah dan mampu menyalurkan kehangatan bagi orang-orang yang memandangnya. Lampu-lampu taman yang bersinar akan menambah kesan eksentrik yang telah ada. Begitu hangat dan Begitu indah.

*Paragraf deskripsi di atas merupakan jenis subjektif, yang mana semua gambaran dan tulisan disampaikan oleh penulis dan gaya bahasanya. Penulis bebas mengekspresikan tulisan tersebut. Contohnya, “pemandangan rumah terlihat eksentrik”. Tidak semua orang sependapat dengan penulis, namun karena ini jenis paragraf deskripsi jenis subjektif, jadi penulis bebas mengekspresikan bahasanya.

Baca juga: Penjelasan Singkat, Cara Membuat beserta Contoh Descriptive Paragraph

  • Paragraf deskripsi objektif

Jenis paragraf deskripsi objektif ini merupakan teks yang berisi gambaran sesuatu secara objektif atau apa adanya. Penulis tidak lagi menambahkan opini atau pendapat pribadi untuk melengkapi paragraf ini.
Berikut contoh paragraf deskripsi objektif dalam Bahasa Inggris dan artinya:

One of the oldest temples in Indonesia is Borobudur Temple in Magelang, Central Java, Indonesia. Borobudur Temple is an archaeological site in Indonesia which is a legacy from the Buddhist Kingdom. This temple was built around 800 AD. This stupa-shaped temple consists of six square terraces with three circular platforms at the top. The main stupa of Borobudur Temple is located in the middle of the building and is surrounded by a row of 72 stupas. Inside the stupa, there is a Buddha statue sitting cross-legged in a perfect lotus position.

Salah satu Candi tertua di Indonesia adalah Candi Borobudur yang ada di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi Borobudur ini merupakan situs purbakala Indonesia yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Buddha.
Candi ini dibangun pada sekitar tahun 800 masehi. Candi yang berbentuk stupa ini terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar dengan tiga pelataran yang melingkar di bagian atasnya. Stupa utama Candi Borobudur terdapat di tengah-tengah bangunan dan dikelilingi barisan stupa melingkar sejumlah 72 stupa. Di dalam stupa tersebut, terdapat arca Buddha yang sedang duduk bersila dengan posisi teratai sempurna.

*Contoh paragraf terakhir ini merupakan paragraf deskripsi jenis objektif. Paragraf di atas menggambarkan candi Borobudur. Penulis menggambarkannya secara objektif, atau apa adanya. Seperti didirikan pada 800 masehi, jumlah stupa, serta cara penulis menggambarkan bagaimana bentuk-bentuk candi yang ada di Borobudur.

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Argumentasi dalam Bahasa Inggris

References:
https://pengajar.co.id/paragraf-deskriptif-adalah/
https://www.dosenpendidikan.co.id/paragraf-deskripsi/
https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/ini-dia-jenis-jenis-paragraf-deskripsi-beserta-contohnya/

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *