Dipthong: Pengertian, Simbol, dan Contohnya

Dipthong: Pengertian, Simbol, dan Contohnya

Halo sobat scholars!

Di dalam mempelajari Bahasa Inggris, hal yang harus dikuasai adalah kemampuan berbicara atau speaking. Kemampuan speaking selain sangat penting juga memberikan banyak manfaat pada kita loh. Nah di salah satu pelajaran speaking ada yang namanya dipthong. Penasaran kan apa itu? Lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Dipthong

Dipthong adalah bunyi yang dibuat dengan menggabungkan dua vokal, seperti pelafalan “oy” dalam kata oil. Diphthong berasal dari kata Yunani yaitu diftong. Secara harfiah berarti “memiliki dua suara”. Lebih khusus lagi, dipthong berhubungan dengan vokal. Setiap vokal memiliki short vowel sound (bunyi vocal pendek) dan bunyi vokal panjangnya (long vowel sound) sendiri-sendiri. Nah jika ada dua huruf vowel yang berbeda bertemu, maka disebut dengan dipthong. Namun, jika ada dua vowel berturut-turut sama, seperti dalam boot atau beer, maka itu bukan dipthong.

Baca juga: Intention Expression: Pengertian, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Simbol Dipthong dan Contohnya

1. /aɪ/

Diphtong dengan simbol ini menghasilkan suara yang mirip dengan kata “eye” dan simbol ini paling sering muncul dengan kombinasi huruf yang simbol pelafalannya /i/, /igh/, dan /y. Cara mengucapkannya dimulai dengan rahang sedikit lebih tertutup dan lidah sedikit lebih tinggi pada suara akhir. Contohnya: crime (/kraɪm/), like (/laɪk/), dan lime (/laɪm/).

2. /eɪ/

Diphtong dengan simbol ini menghasilkan suara yang mirip dengan kata “great” dan simbol ini paling sering muncul dengan kombinasi huruf yang simbol pelafalannya /ey/, /ay/, /ai/ dan /a/. Cara mengucapkannya dimulai dengan lidah di depan mulut dengan rahang setengah terbuka mengucapkan [e] dan kemudian menutup mengucapkan [i]. Contohnya: break (/breɪk/), rain (/reɪn/), dan weight (/weɪt/).

3. / əʊ /

Diphtong dengan simbol ini menghasilkan suara yang mirip dengan kata “boat” dan simbol ini paling sering muncul dengan kombinasi huruf yang simbol pelafalannya /ow/, /oa/ dan /o/. Cara mengucapkannya dimulai di tengah mulut mengucapkan [ə] dan bergerak ke belakang membulat dengan mengucapkan [u]. Contohnya: slow (/sləʊ/), moan (/məʊn/), dan though (/ðəʊ/).

4.  /aʊ/

Dipthong dengan simbol ini menghasilkan suara yang mirip dengan kata “ow!” dan simbol ini paling sering muncul dengan kombinasi huruf yang simbol pelafalannya /ou/ dan /ow/. Cara mengucapkannya mulai dengan rahang terbuka mengucapkan [a] dan bergerak ke belakang membulat mengucapkan [u]. Contohnya: brown (/braʊn/), hound (/haʊnd/), dan now (/naʊ/).

5.  /eə/

Diphtong dengan simbol ini menghasilkan suara yang mirip dengan kata “air” dan simbol ini paling sering muncul dengan kombinasi huruf yang simbol pelafalannya /ai/, /a/, dan /ea/. Cara mengucapkannya seperti mengucapkan kata “ar”. Contohnya: lair (/leə(r)/), stair (/steə(r)/), dan bear (/beə(r)/).

6. /ɪə/

Diphtong dengan simbol ini menghasilkan suara yang mirip dengan kata “ear” dan simbol ini paling sering muncul dengan kombinasi huruf yang simbol pelafalannya /ee/, /ie/ dan /ea/. Cara mengucapkaknnya dimulai dari depan lidah mengucapkan [i] dan bergerak ke tengah mengucapkan [ə]. Contohnya: beer (/bɪə(r)/), near (/nɪə(r)/, dan pier (/pɪə(r)/).

7. /ɔɪ/

Diphtong dengan simbol ini menghasilkan suara yang mirip dengan kata “boy dan simbol ini paling sering muncul dengan kombinasi huruf yang simbol pelafalannya /oy/ dan /oi/. Cara mengucapkanya dimulai dengan lidah di bagian belakang dan bibir yang membulat [ɔ] dan meluncur ke [i]. Contohnya: oil (/ɔɪl/), toy (/tɔɪ/), dan coil (/kɔɪl/).

8. /ʊə/

Diphtong dengan simbol ini menghasilkan suara yang mirip dengan kata “sure” dan simbol ini paling sering muncul dengan kombinasi huruf yang simbol pelafalannya /oo/, /ou/, /u/, dan /ue/. Cara mengucapakannya dimulai dengan mulut berubah dari hampir tertutup dengan bibir agak membulat seperti kita akan mencium seseorang, /ʊ/ menjadi sedikit terbuka dengan bibir rileks, /ә/. Contohnya: lure (/lʊə(r)/), pure (/pjʊə(r)/), dan fur (/fɜː(r)/).

Baca juga: TOEFL Structure Skill 12: Reduced Adverb Clause

Reference

https://lib.unnes.ac.id/17220/1/2201409097.pdf https://examples.yourdictionary.com/diphthong-examples.html https://media.neliti.com/media/publications/300889-production-of-english-diphthongs-a-speec-8b768f67.pdf https://pronunciationstudio.com/pronunciation-guide-diphthong-vowel-sounds/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *