Exposition Paragraph: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Exposition Paragraph: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Halo Scholars . . .
Paragraf menjadi bagian yang terpenting dari suatu bacaan. Tujuan paragraf yaitu untuk mengekspresikan suatu gagasan secara tertulis. Dari banyak jenis paragraf tersebut masing-masing mempunyai tujuan, begitupun dengan paragraf eksposisi. Untuk mempelajari pembahasan tentang paragraf eksposisi, klik disini. Tahukah kalian apa saja jenis-jenis paragraf eksposisi? Dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis paragraf eksposisi yang dapat ditulis. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari jenis-jenis paragraf eksposisi beserta contohnya, agar kalian lebih paham. Mari simak artikel berikut, dan baca sampai akhir ya!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi merupakan karangan atau teks yang berisi gagasan dan fakta. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan. Dalam paragraf atau teks eksposisi biasanya berisi tentang pendidikan, ekonomi, sosial, dan topik lainnya.
Paragraf eksposisi merupakan paragraf yang bertujuan untuk menginformasikan sesuatu, sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Paragraf eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Sumber untuk penulisan paragraf ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, atau pengalaman penulis.

B. Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi juga memiliki beberapa jenis. Berikut penjelasan serta contoh dan terjemahannya:

1. Definitions exposition paragraph

Jenis paragraf eksposisi yang pertama ini, ialah paragraf eksposisi definisi. Eksposisi definisi bertujuan untuk memaparkan atau menerangkan pengertian dari suatu topik. Biasanya, jenis paragraf ini cenderung fokus pada karakteristik dari topik yang sedang dibahas. Jenis teks eksposisi definisi sendiri banyak terdapat pada buku pelajaran atau artikel. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh eksposisi definisi dalam Bahasa Inggris dan artinya:

Carnivorous animals are types of meat-eating animals. Carnivorous animals have very sharp teeth and very strong jaws. The teeth and jaws function for ripping the meat of the prey. Animals of this type include tigers, lions, crocodiles, bears, eagles, and so on.

Hewan karnivora merupakan jenis hewan pemakan daging. Hewan jenis karnivora mempunyai ciri–ciri gigi yang sangat tajam dan rahang yang sangat kuat. Gigi dan rahang berfungsi untuk mencabik-cabik daging mangsanya. Hewan jenis ini diantaranya seperti harimau, singa, buaya, beruang, elang, dan lain sebagainya.

Contoh paragraf di atas merupakan paragraf eksposisi definisi. Paragraf tersebut menjelaskan apa itu hewan karnivora. Dalam Bahasa Inggris, kalian bisa menggunakan “is/are”, atau bisa “defined as/known as”.

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Eksposisi dalam Bahasa Inggris

2. Process exposition paragraph

Jenis eksposisi yang satu ini berfungsi untuk menerangkan proses atau langkah dari suatu topik atau kegiatan yang dipaparkan oleh penulis. Dalam paragraf ini biasanya berisi tahapan-tahapan, dari awal hingga akhir. Penggunaan jenis paragraf ini bisa ditemui pada buku petunjuk penggunaan suatu produk, atau juga dalam artikel resep masakan. Berikut contoh paragraf eksposisi proses dalam Bahasa Inggris dan artinya:

To make a potato mask, mix 3 table spoons of potato juice with 2 table spoons of honey. Stir until evenly distributed, apply to face and neck. Leave it on for 10 to 15 minutes or until it dries and then wash it off.

Untuk membuat masker kentang, campur 3 sendok makan air kentang dengan 2 sendok makan madu. Aduk hingga merata, oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 10 hingga 15 menit atau sampai mengering dan kemudian cuci bersih.

Contoh paragraf eksposisi proses di atas merupakan proses pembuatan masker kentang, karena penulis menjelaskan dari awal pembuatan sampai jadi.

3. News exposition paragraph

Paragraf eksposisi berita adalah jenis paragraf eksposisi yang menginformasikan suatu kejadian atau peristiwa yang mengandung nilai berita. Biasanya paragraf eksposisi berita dapat ditemui di surat kabar atau portal berita daring. Untuk versi Bahasa Inggris, kalian bisa temukan di BBC, The Jakarta Post, atau platform berita Berbahasa Inggris lainnya. Contoh paragraf eksposisi berita adalah sebagai berikut:

Flash floods that hit the city of Yokohama on Thursday have inundated hundreds of houses and 7 people were declared missing. The flood occurred in the early hours when people were asleep. The flood occurred because the rain that had flushed the city from early morning until now had not stopped. As a result, the river is unable to accommodate the volume of water.

Banjir bandang yang melanda kota Yokohama pada hari Kamis kemarin telah merendam ratusan rumah warga dan 7 orang dinyatakan hilang. Banjir tersebut terjadi pada dini hari di saat orang tengah terlelap. Banjir terjadi disebabkan hujan yang telah mengguyur kota dari pagi sampai sekarang belum berhenti. Akibatnya sungai tidak mampu menampung volume air.

Contoh paragraf kali ini ialah paragraf eksposisi berita. Dalam paragraf tersebut, penulis memaparkan berita banjir yang terjadi di Yokohama.

4. Illustration exposition paragraph

Paragraf eksposisi ilustrasi adalah paragraf yang gagasan utamanya dijelaskan dengan menggunakan kalimat pengembang dalam bentuk ilustrasi. Pada paragraf eksposisi ilustrasi, penulis ingin memaparkan sesuatu dengan cara menyajikan gambaran umum atau khusus tentang sesuatu yang dianggap belum diketahui atau belum dipahami pembaca. Paparan tentang sesuatu itu disajikan berdasarkan kesan yang ditangkap oleh indra. Contoh paragraf eksposisi ilustrasi adalah sebagai berikut :

Living a household is like capturing a ship in the middle of the ocean. Ships in the middle of the ocean sometimes face crashing waves. Likewise with living a household that will face several trials in it. If we are not alert, the household will be destroyed like a ship wrecked by the waves.

Menjalani rumah tangga ibarat sedang menahkodai suatu kapal di tengah lautan. Kapal di tengah lautan kadang kala menghadapi ombak yang menerjang. Begitu juga dengan menjalani rumah tangga yang akan menghadapi beberapa cobaaan di dalamnya. Apabila kita tidak sigap, maka rumah tangga akan hancur seperti kapal yang karam terbawa ombak.

Contoh dari paragraf eksposisi ilustrasi ini dipaparkan oleh penulis dengan menahkodai sebuah kapal. Dalam Bahasa Inggris, kalian bisa menggunakan kata “like or similar with”.

5. Contrast exposition paragraph

Berikutnya adalah jenis paragraf eksposisi pertentangan. Jenis eksposisi ini biasanya membandingkan satu hal dengan hal lain yang memiliki sifat berlawanan. Dalam paragraf ini sering kali menggunakan kata penghubung “akan tetapi”, “sebaliknya”, “walaupun”, atau “meskipun begitu”.
Berikut contoh paragraf eksposisi pertentangan:

Wheat is an alternative to rice. Wheat has a high content of vitamins and minerals. In other sides, the sugar content in wheat is less than in rice. Therefore, wheat is very good as a staple food substitute for rice for people with diabetes.

Gandum merupakan alternative pengganti nasi. Gandum memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Di sisi lain, kadar gula yang terdapat di dalam gandum lebih sedikit dibandingkan pada nasi. Oleh sebab itu, gandum sangat baik untuk dijadikan makanan pokok pengganti nasi bagi para penderita penyakit diabetes.

Contoh paragraf terakhir ini, merupakan paragraf eksposisi jenis kontra atau bertentangan. Penulis menjelaskan gandum yang dapat menjadi pengganti nasi, namun di sisi lain penulis juga menyampaikan bahwa gandum memiliki kadar gulanya lebih rendah dari pada nasi. Dalam Bahasa Inggris, kalian dapat menggunakan penghubung “In the contrast/contrary, however, besides, in the other hand,” dan penghubung kalimat kontra lainnya.

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Deskripsi dalam Bahasa Inggris

References:
https://rumus.co.id/paragraf-eksposisi/
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2018/04/pengertian-paragraf-eksposisi-ciri-ciri-jenis-jenis-contoh.html
https://m.merdeka.com/jateng/7-jenis-paragraf-eksposisi-beserta-contohnya-perlu-diketahui-kln.html?page=5

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *