Extensive Reading: Karakteristik, Manfaat, Kekurangan, serta Tips dan Trick

Extensive Reading: Karakteristik, Manfaat, Kekurangan, serta Tips dan Trick

Alooha readers.. Jumpa lagi dengan materi reading kita tentang “Extensive Reading.” Dalam arti singkat, extensive reading adalah permulaan terhadap budaya literasi membaca. Jadi, dengan kata lain kamu dapat memiliki motivasi untuk membaca sesuai dengan jenis bacaan yang kamu sukai. Kemudian, apa saja karakteristik, kekurangan, manfaat, serta tips dan trik dalam extensive reading? Yuk marimak mari kita simak!!

Baca Juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Karakteristik Extensive Reading

  1. Membaca sebanyak mungkin. Membaca dalam jumlah yang banyak tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Maksudnya membaca topik apa saja sesuai dengan kebutuhan/keinginan pembaca sebanyak mungkin dimanapun berada tidak hanya terbatas di dalam kelas.
  2. Memilih bacaan berdasarkan minat baca. Karena, kamu akan lebih tertarik jika apa yang kamu baca sesuai dengan minat bacaan yang kamu sukai, bukan begitu?
  3. Tujuan membaca pada umumnya untuk kesenangan, mendapatkan informasi, atau mendapatkan pemahaman. Sekali lagi, kamu akan lebih tertarik kepada bacaan yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.
  4. Membaca akan meningkatkan tingkat pemahaman. Melalui membaca, kamu akan menemukan berbagai kosa kata yang baru. Maka dari itu, melalui kosa kata baru akan menimbulkan tingkat pemahaman baru.
  5. Membaca cepat. Dalam extensive reading, kamu dapat membaca dengan cepat agar menghemat waktu dan meningkatkan kecepatan membaca. Sehingga dapat menyelesaikan bacaan secepat mungkin dan menambah bacaan baru.

Manfaat Extensive Reading

  1. Menjadi pembaca yang baik. Penelitian oleh Richard Day mengungkapkan bahwa semakin banyak membaca, kamu akan lebih baik dalam berbahasa.
  2. Memperoleh banyak kosa kata. Kamu akan mendapatkan kosa kata baru dari setiap buku/informasi yang kamu baca. Kosa kata yang baru itu, dapat ditemukan dalam variasi buku/informasi lainnya.
  3. Dapat meningkatakan keahlian menulis. Berdasarkan pernyataan Elley dan Mangubhai: 1981, Hafiz dan Tudor: 1989 bahwa seseorang yang melakukan extensive reading akan memperoleh keuntungan alami seperti keahlian menulis. Jika kamu sering membaca, kamu dapat menuangkan apa yang telah kamu baca melalui tulisan.
  4. Memiliki banyak motivasi dalam membaca. Motivasi membaca dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, jika isi bacaan cukup menarik dan mudah dipahami, pembaca akan lebih termotivasi.

Baca juga: Penjelasan dan Tips Membaca Cepat dengan Teknik Note Taking, Skimming, Scanning dan Speed Reading

Kekurangan Extensive Reading

  1. Praktek dalam pengucapan kata sangat kurang. Ketika melakukan ekstensive reading, kamu lebih banyak memilih untuk membaca dalam diam (bukan mencintai dalam diam ya) atau membaca dalam hati. Sehingga, ekstensive reading memiliki kelemahan dalam hal pengucapan.
  2. Tidak belajar berbicara. Seperti pada poin pertama, ekstensive reading menyebabkan kurang efektifnya pembelajaran berbicara (kecuali drama dan buku dialog lainnya).
  3. Lebih cenderung sulit dalam memahami kalimat verbal dalam grammar. Kesulitan yang didapatkan bisa saja mengalir begitu saja karena biasanya kamu tanpa menyadari kalimat yang kamu baca meskipun kalimat itu sangat sederhana.

Tips dan Trik Extensive Reading

  1. Tentukan target jumlah buku yang akan dibaca. Pilihlah bacaan sesuai dengan keinginanmu.
  2. Jadikanlah membaca sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari. Atur waktu dan tempat untuk membaca kurang lebih 30 menit dalam satu waktu sehingga kamu dapat membiasakan diri untuk membaca dalam kegiatan sehari-hari.
  3. Bawalah bukumu dimanapun kamu pergi dan bacalah kapanpun.
  4. Buatlah catatan. Tulislah catatan tentang kosa kata, isi, atau apapun yang kamu pikirkan setelah membaca. Karena dengan menulis akan memudahkan untuk mengingat hal apa saja yang sudah dibaca di kemudian hari.

References:
Akhirman.blogspot.com
kierandonaghy.com
Mikulecky, Beatrice S. 2007. Advanced Reading Power: Extensive Reading, Vocabulary Building, Comprehension Skills, Reading Faster. Pearson Education: Longman.com
quora.com
slideshre.net

👤 : Iretna Ayu Labibah
📧 : iretna.labibah@gmail.com
Ig : @iretna_labibah

Baca juga: 3 Skill Dasar Reading Comprehension yang Wajib Dipahami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *