Formal Letter: Pengertian, Struktur, dan Langkah-langkah membuat Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

Formal Letter: Pengertian, Struktur, dan Langkah-langkah membuat Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

Halo Scholars . . .
Pernahkan kalian menulis surat? Kira-kira surat apa saja yang pernah kalian tulis? Pada umumnya jenis surat dibagi menjadi 2; formal letter (surat resmi) dan informal letter (surat tidak resmi). Pada artikel kali ini kita akan mempelajari langkah-langkah dalam membuat surat resmi dalam Bahasa Inggris. Membuat surat resmi tidaklah semudah membuat surat-surat pada umunya. Nah, buat kalian yang ingin mengetahui cara menulis surat resmi khususnya dalam Bahasa Inggris, mari simak artikel ini sampai akhir ya!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Pengertian Formal Letter

Sebelumnya mungkin kalian sudah pernah mendapatkan materi tantang Formal Letter, atau pernah membacanya. Formal letter atau surat resmi adalah surat yang ditulis untuk bisnis, kampus (perguruan tinggi), atau surat yang dikirim ke sebuah instansi tertentu. Surat resmi sangat berbeda dengan surat tidak resmi, baik dari struktur, bahasa, juga penulisannya.

B. Struktur Surat Resmi

Berikut beberapa struktur yang pada umumnya ada di surat resmi (Formal Letter):

  • Tanggal dan alamat
  • Nama penerima
  • Pembuka
  • Content (isi)
  • Salam penutup
  • Pengirim surat

C. Langkah-langkah dalam Membuat Formal Letter

Berikut beberapa langkah yang dapat di lakukan saat akan membuat surat resmi dalam Bahasa Inggris:

1. Adress and date

Hal pertama yang harus ditulis adalah alamat dan tanggal. Tulislah alamat di pojok kiri paling atas pada halaman tersebut. Lalu tulis waktunya, seperti hari, tanggal, dan jam. Pada bagian samping kiri, tulislah nama dan alamat pengirim. Jika kamu menulis surat dari sebuah perusahaan, maka tulis nama perusahaan tersebut dan alamatnya.

https://www.wikihow.com/Write-a-Formal-Letter

2. Write the recipient

Tempatkan nama penerima satu garis di bawah tanggal. Sertakan gelar atau pekerjaan penerima. Seperti: Mrs/Mr, Ms/Miss, atau Dr dan lainnya. Tulis alamat atau nama jalan yang sedang ditempati oleh penerima. Selanjutnya, tulis negara, kebangsaan, dan kode pos.

https://www.wikihow.com/Write-a-Formal-Letter

3. Write the body of the letter

Pada umumnya, isi pada surat resmi tidak lebih dari 3 pargraf. Pada paragraf pertama, berikan pembukaan yang ramah dan sampaikan tujuan dari surat tersebut.

https://www.wikihow.com/Write-a-Formal-Letter

4. Sign off your letter

Tutuplah dengan tanda tangan dan salam yang tepat. Gunakan spasi antara salam, nama, dan tanda tangan. Jika perlu, berikan salam seperti; “Yours sincerely”, “Sincerely”, atau “Best regards”.

https://www.wikihow.com/Write-a-Formal-Letter

5. Proofread your letter

Langkah terakhir dalam menulis surat ialah; lakukan pengecekan atau perbaikan, seperti ejaan (spelling) nama, alamat, tanggal, dan lainnya. Pastikan grammar-nya tidak ada yang keliru.

https://www.wikihow.com/Write-a-Formal-Letter

Setelah kita memahami beberapa langkah dalam membuat surat formal dalam Bahasa Inggris, mungkin sempat terlintas bahwa penulisannya agak berbeda dengan surat resmi yang ada di Indonesia.

Baca juga: Pengertian, Struktur, dan Contoh Inquiry Letter (Surat Permintaan Informasi) dalam Bahasa Inggris

References:
https://www.wikihow.com/Write-a-Formal-Letter
https://www.scribendi.com/academy/articles/how_to_write_a_formal_letter.en.html
https://www.bbc.co.uk/bitesize/topics/zv7fqp3/articles/zkq8hbk
https://www.kuliahbahasainggris.com/pengertiancontoh-dan-perbedaan-struktur-surat-resmi-formal-dan-surat-tidak-resmi-informal/

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *