Informal Letter: Pengertian, Struktur, dan Langkah-langkah Menulis Surat Tidak Resmi dalam Bahasa Inggris

Informal Letter: Pengertian, Struktur, dan Langkah-langkah Menulis Surat Tidak Resmi dalam Bahasa Inggris

Halo Scholars . . .
Pernahkah kalian menulis surat untuk teman atau keluarga? Jenis surat seperti itu merupakan surat tidak resmi, yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan Informal Letter. Infomal letter pastinya lebih mudah dibuat daripada Formal letter. Kenapa demikian? Karena aturannya hanya sedikit dan kita bebas mengekspresikan bahasa kita kepada penerimanya. Kali ini kita akan membahas tentang langkah-langkah dalam menulis surat tidak resmi dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Pengertian Informal Letter

Surat tidak resmi adalah surat yang ditulis dengan bahasa bebas (tidak harus resmi). Kamu bisa menulisnya dengan bahasa yang kamu mau, bisa bahasa sehari (daily English spoken), atau bahasa yang kamu gunakan dengan penerima surat tersebut. Kamu juga bisa menyampaikan pesan yang ingin kamu sampaikan secara bebas dan santai (relax).

B. Struktur Informal Letter

Sama seperti surat resmi, surat tidak resmi juga memiliki struktur yang harus dipenuhi. Berikut struktur dalam membuat Informal Letter:

  • Adress and date (alamat dan tanggal)
  • Greting (salam)
  • Content (isi)
  • Closing (penutup)

C. Langkah-langkah dalam Membuat Informal Letter

Berikut langkah-langkah dalam membuat surat tidak resmi dalam Bahasa Inggris:

1. Note your adress and date

Pastikan kalian menulis tanggalnya tepat di pojok kiri paling atas. Kalian bisa menulisnya dengan lengkap, seperti; hari, bulan, dan tanggal (Sunday, February 15th, 2021 ). Atau juga bisa disingkat untuk meminimalisir tulisan (15/02/2021). Kamu juga bisa menulis alamat lengkapnya, namun ini opsional (tidak harus ada).

https://www.google.com/amp/s/www.wikihow.com/Write-an-Informal-Letter%3famp=1

2. Write the recipient

Tulis nama penerimanya dengan menambahkan spasi satu garis di bawah tanggal. Kamu dapat menambahkan salam sebelum nama penerima, seperti “Dear,” “My darling,” atau “Hey,”. Jika kamu tidak tahu nama penerima, kamu bisa menggunakan kalimat tujuan umum, seperti “To whom it may concern”, atau “whoever reads this letter”.

https://www.google.com/amp/s/www.wikihow.com/Write-an-Informal-Letter%3famp=1

3. Fill the body with your message

Tulislah pesan atau tujuan kalian satu spasi di bawah nama penerima. Kamu bisa menulisnya sepanjang atau sesingkat yang kamu mau. Jika kamu menulis suratnya dengan hand-writing, gunakan kertas yang bergaris untuk menjaga kerapian tulisanmu.

https://www.google.com/amp/s/www.wikihow.com/Write-an-Informal-Letter%3famp=1

4. Write the closing

Setelah menulis isi dari surat yang kamu buat, gunakan 1 atau dua spasi untuk meletakkan tanda tangan dan namamu. Kamu bisa menutupnya dengan “Sincirely,” “Yours truly,” atau “with love.”

https://www.google.com/amp/s/www.wikihow.com/Write-an-Informal-Letter%3famp=1

Setelah kita membaca dan memahami langkah-langkah dalam membuat surat tidak resmi (Informal letter) dalam Bahasa Inggris, Informal letter tentu lebih muda dari pada membuat Formal letter (surat resmi)

Baca juga: Formal Letter: Pengertian, Struktur, dan Langkah-langkah membuat Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

References:
https://www.wikihow.com/Write-an-Informal-Letter
https://www.scribendi.com/academy/articles/how_to_write_an_informal_letter.en.html
https://www.kuliahbahasainggris.com/pengertiancontoh-dan-perbedaan-struktur-surat-resmi-formal-dan-surat-tidak-resmi-informal/

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *