Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Struktur Teks

Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Struktur Teks

Hello, Learners… Lagi sibuk apa ini sekarang? Semoga lagi sibuk belajar ya Learners dan hindari yang namanya rebahan terus ya hehehe…Karena banyak hal yang harus kita pelajari agar kita bisa mencapai mimpi kita ya Learners dan semoga tetap aktif dan selalu semangat dalam belajar Bahasa Inggris ya. Btw, saya mau tanya, menurut Learners ada berapa skill dari Bahasa Inggris yang wajib kita kuasai?

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Terdapat 4 skill yang wajib kita kuasai dalam belajar Bahasa Inggris ya Learners, yaitu:

  1. Writing
  2. Reading
  3. Listening
  4. Speaking

Dengan menguasai keempat skill di atas, kita dapat memilki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Namun, masih banyak dari kita yang masih sulit dalam menguasai skill dari Bahasa Inggris tersebut. Adapun salah satunya yaitu skill writing atau menulis. Oleh karena itu, kita pada kali ini akan fokus untuk belajar skill Writing dalam Bahasa Inggris ya Learners. Dimana topik kita untuk artikel kali ini berhubungan dengan “Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Struktur Teks”.

Pasti Learners sudah tidak asing lagi dengan text dalam Bahasa Inggris kan? Untuk itu mari langsung kita simak penjelasan dari text ya Learners

Baca juga: Definisi, Contoh, dan Tips Menulis Tulisan Reflektif

A. Kind of Texts

Mendengar kata text, pasti sudah menjadi bagian dari topik pembelajaran yang sering kita jumpai. Text terbagi menjadi dua yaitu long text and short text. Kali ini kita akan mempelajari kedua jenis tersebut ya Leaners. Diantaranya kita akan mempelajari cara menulis teks prosedur, teks iklan (advertisement), biografi dan autobiografi.

  1. Teks Prosedur
    Teks prosedur adalah teks yang berisi cara dalam membuat sesuatu atau langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu sesuai dengan urutan yang baik dan benar.

    Generic structure: goal, materials and steps.
    Language features: using imperative sentence, action verbs, adverb of time sequence, adverb of time, adverb of manner, dan Simple Present Tense.
  1. Teks Iklan (Advertisement)
    Teks iklan adalah teks yang berisi tentang penjelasan informasi dari produk atau jasa yang diberi tahu atau dipaparkan ke publik dengan tujuan mengajak pembaca atau pembeli untuk membeli, mengonsumsi atau menggunakan suatu jasa ataupun produk tersebut.

    Generic structure: purpose, name of product, and user.
    Language features: modalitas, hiperbola, kalimat imajinatif, kalimat perbandingan, dll.
  1. Teks Biografi
    Teks biografi adalah teks yang menceritakan atau memaparkan riwayat hidup seseorang secara sistematis dan terperinci yang diceritakan oleh orang lain.

    Generic structure: orientation, events, and re-orientation
    Language features: use of Simple Past Tense, temporal sequence, use action verbs and focus of specific object or participants.
  1. Teks Autobiografi
    Teks autobiografi adalah teks kebalikan dari teks biografi yang dimana di dalam teks ini menceritakan tentang riwayat hidup atau pengalaman hidup dari penulis itu sendiri. Adapun generic structure dan language features dari teks autobiography adalah sama dengan teks biografi.

References:
Fadlun, M & Ahmad B. Rangkuman Intisari Bahasa Inggris untuk SMP. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.
Kemendikbud.2017.Bahasa Inggris SMA kelas XI K13.
Http://englishadmin.com/2015/07/generic-structure-of-advertisement-and-samples.html
Http://englishwithsmiles.blogspot.com/2017/05/biography-text.html?M=1
Https://www.englishcafe.co.id/pengertian-advertisement-text-iklan-dalam-bahasa-inggris-beserta-contohnya/#post/0
Englishclass.com

Winda Yuliani Panjaitan.
Windayuliani.0207@gmail.com
Ig: windayulianipanjaitan.

Baca juga: Tips Menulis Caption yang Menarik di Social Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *