Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris

Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris

Halo Scholars…
Dalam Bahasa Inggris terdapat berbagai jenis teks. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui jenis-jenis teks tersebut. Terdapat 13 jenis teks dalam Bahasa Inggris yang perlu kalian ketahui.
Yuk! Simak jenis-jenis teks tersebut.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Berikut jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris:

1. Descriptive Text

Descriptive Text adalah teks yang menggambarkan tentang tempat, benda, atau seseorang dengan detail.

2. Narrative Text

Narrative Text adalah teks cerita fiksi (karangan). Narrative Text menceritakan suatu kejadian mengandung suatu masalah serta penyelesaiannya.

3. Recount Text

Recount text adalah teks yang menceritakan kembali kejadian yang telah terjadi di masa lampau, dengan menggunakan keterangan waktu yang jelas dan tepat. Recount text tidak memiliki komplikasi dalam teks, dan ini berbeda dengan Narrative Text.

4. Report Text

Report text adalah teks yang menjelaskan tentang hasil penelitian dan bersifat umum. Jenis teks ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca mengenai sesuatu berdasarkan hasil dari penelitian.

Baca juga: Aturan dalam Pembentukan Regular dan Irregular Verb

5. News Item Text

News item text adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberi informasi kepada pembaca mengenai suatu peristiwa. Peristiwa tersebut dianggap berguna dan penting.

6. Explanation Text

Explanation text adalah teks yang menjelaskan kepada pembaca mengenai proses terjadinya fenomena alam, sosial, pengetahuan, budaya, dan lainnya.

7. Procedure Text

Procedure text adalah jenis teks yang membantu pembaca untuk membuat sesuatu secara lengkap. Procedure text biasanya menjelaskan tentang bahan-bahan pokok yang dibutuhkan, kemudian langkah-lagkah yang harus dilakukan untuk membuat hal tersebut.

8. Discussion Text

Discussion text adalah teks yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan opini terhadap isu yang terjadi. Isu yang tertulis dalam teks discussion akan didiskusikan berdasarkan sudut pandang yang berbeda.

Baca juga: Penjelasan, Contoh, dan Macam-Macam dalam Bahasa Inggris (Part 1)

9. Review Text

Review text adalah jenis teks yang memberikan kritik atau evaluasi mengenai sesuatu untuk disampaikan ke pembaca. Seperti buku, video, film, dan sebagainya.

10. Anecdote Text

Anecdote text adalah jenis teks yang menceritakan kepada pembaca kejadian yang menyenangkan atau kejadian yang tidak biasanya terjadi, baik itu nyata atau imajinasi.

11. Analitical Exposition Text

Analitical exposition text adalah teks yang menguraikan ide penulis tentang fenomena sekitar.

12. Spoof Text

Spoof text adalah teks yang menceritakan cerita yang nyata, yang terjadi di masa lampau dan memiliki akhir yang tidak terduga.

13. Hortatory Exposition Text

Hortatory exposition text adalah jenis teks yang bertujuan untuk membujuk pembaca bagaimana sesuatu dapat diselesaikan, atau mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.

Baca juga: Penjelasan, Contoh, dan Macam-Macam dalam Bahasa Inggris (Part 2)

References:

https://www.slideshare.net/dappopoopo/types-of-text-in-english
https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/jenis-jenis-teks-dalam-bahasa-inggris/
https://www.academia.edu/29926452/13_Basic_Types_of_Texts_in_English_Full_pdf

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
funvenchiera@gmail.com

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *