Linking Verb: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Linking Verb: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Hello Scholars!

Bertemu lagi nih kita di akhir bulan April. Seperti yang kita ketahui bahwa Bahasa Inggris salah satu pelajaran bahasa dimana hampir setiap sekolah di Indonesia mempelajarinya. Disamping hal itu ia juga termasuk bahasa Internasional di seluruh dunia.

Baca juga:  Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga:  Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600++, IELTS 8.5 Bersertifikat

Teman-teman pasti tau kan apa itu verb? Nah, verb adalah kata yang berfungsi sebagai tindakan atau aksi, kejadian, keadaan, dan sikap. Namun di samping itu, verb juga  terdiri dari 6 jenis dan salah satunya adalah Linking verb. Nah, kali ini kita akan membahas tentang linking verb.

Pengertian Linking Verb

Linking verb adalah adalah kata kerja yang menghubungkan sebuah kalimat. Linking verb  menghubungkan antara subject dengan kata benda atau kata sifat.

Baca juga:  Prefix: Pengertian, Jenis, dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Fungsi dari Linking Verb

Fungsi yang pertama dari linking verb adalah subject complement. Subject complement adalah subject yang menghubungkan dengan informasi ataupun deskripsi subject tersebut. Nah, diantara subject dan complement tersebut disebut dengan Linking verb.

Contohnya: The hotel was quite. The student seemed depressed. It’s getting dark. Your garden looks nice.

Nah selanjutnya, fungsi kedua dari linking verb adalah dapat diikuti oleh kata keterangan, kata depan, atau kata benda. Untuk kata keterangan ia  berhubungan langsung dengan subject. Linking verb jenis ini, terkadang menjelaskan tentang tempat atau waktu.

Contohnya: The coat was here. The parcel went by air. The conference is every year. The drawing lay on the table.

Jenis dari Linking Verb

Linking verb memiliki 3 jenis yaitu verb of being, verb of sensation, dan linking verb be.

Verb of being seperti: Appear, act, be, become, continue, grow, prove, remain, turn, and seem. Verb of sensation seperti: Look, sound, smell, feel, and taste. Linking verb be: is, am, are (present), was, were (past tense), and be.

References:

Eastwood, John. 1994. Oxford Guide To English Grammar. Walton Street, Oxford 0X2 6DP : Oxford University Express. https://www.perfect-english-grammar.com/ https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/linking-verb-dalam-bahasa-inggris/

Author : Namira Mutmainah Email : iphone5namira@gmail.com Instagram : @namiiraamuth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *