Memahami Active and Passive Voice

Memahami Active and Passive Voice

Hai English Leaners, mau tanyak dong, sebelumnya apakah kamu sudah pernah belajar tentang Active and Passive Voice dalam Bahasa Inggris? Jika belum kita bisa belajar bersama nih, dengan membaca artikel di bawah ini ya teman-teman. Dimana kali ini kita fokus pada topik Active and Passive Overview dulu ya…

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Example of Active and Passive Voice Sentence

1. Dita studies English everyday. (A)
2. English is studied by Dita everyday. (P)

B. The Differences between Active and Passive Voice Sentence

  • Kalimat aktif ketika diubah ke pasif, tensesnya tidak boleh berubah ya, tetap sama mengikuti tenses kalimat aktifnya begitupula sebaliknya.
  • Adapun rumus dasar dari Passive Voice adalah:

S+To Be+V3+by Doer…

Rumus tersebut digunakan, jika kalimat tersebut mengandung objek di dalamnya dan jika tidak ada objek berhenti sampai di V3 saja ya rumusnya guys dan terdapat juga aturan kapan kita bisa memakai by nya yaitu jika kita anggap penting untuk ditulis pelakunya dan diketahui siapa pelakunya ya guys.

Example:

Miya borrows my pencils today. (A)
My pencils are borrowed by Miya. (P)

Baca juga: Penjelasan dan Contoh Soal Present Perfect Progressive

Berbeda dengan kalimat aktif, di kalimat aktif kalian tidak menemukan kata by, karena by adalah salah satu ciri kriteria khusus sebagai penanda Kalimat Passive Voice ya guys.

  • Kalimat passive adalah kalimat yang posisinya kebalikan dari kalimat aktif tersebut tapi tetap mengandung makna yang sama guys, seperti rumus dibawah ini:
                A: S+V+O (Direct object).
               P: O (Direct Object)+TOBE+V3+S.
  • Atau dengan kata lain di kalimat aktif subjeknya melakukan pekerjaan dan di kalimat passive objeknya dikenai pekerjaan.
  • Jadi jika tidak ada objek kamu cukup tandai dengan jika ada penggunaan suatu tenses dalam kalimat tersebut yang di datanya terdapat tambahan To Be lalu V3 maka itu adalah kalimat passive voice ya Learners…

Seperti contoh di bawah ini:
Some walls have just been painted.

C. The Function of Passive Voice

  • Jika bagian yang ingin ditekankan oleh penulis lebih ke objek atau kegiatan dari kalimat tersebut dibandingkan dengan subjek dari kalimat tersebut.
    Ex: The school was built in 1998.
    (Fokus pada kalimat fakta kegiatan dan objek dari kegiatan tersebut dibandingkan dengan siapa yang melakukan kegiatan tersebut)
  • Terkadang ketika penulis tidak tahu atau tidak ingin menyebutkan pelaku dari kegiatan dari kalimat tersebut kita memakai kalimat passive ya.
    Ex: Our car has stolen.
  • Kalimat passive sering kita jumpai di dalam berita, teks formal, surat kabar, dll. Dimana jika menggunakan ini membuat kalimat kita lebih formal dan elegan tapi tetap saja kalimat aktif, membuat tulisan anda lebih jelas dan mudah dipahami oleh pembaca ya guys.

Oke English Learners, apa kalian sudah memahami topik pada artikel kali ini?

Jika ada pertanyaan, bisa tanya di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk selalu setia kunjungi aku di next artikel ya, karena bakal ada artikel-artikel menarik lainnya yang akan dibahas dalam topic Active and Passive Voice ya. Happy reading and see you on the next article ya…

References:

Chapman, L. R. H. English Grammar and Exercises Book 2. Longman.
Hanafi, T. 2011. Pasti Cepat Bisa 16 Tenses. Jogjakarta: Javalitera.
Surayin. 2010. Perfect English Grammar. Bandung: Yrama Widya.

Winda Yuliani Panjaitan
windayuliani.0207@gmail.com
Ig: windayulianipanjaitan

Baca juga: Simple Past Vs Present Perfect: Tips dan Trick Mengerjakan Soal Grammar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *