Narrative Paragraph: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Narrative Paragraph: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Halo Scholars . . .
Paragraf merupakan bagian yang terpenting dari suatu bacaan. Paragraf merupakan suatu kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Pragraf memiliki beberapa jenis, diantaranya ialah paragraf narasi. Paragraf narasi merupakan paragraf yang berisi pendapat penulis. Paragraf narasi juga memiliki beberapa jenis yang akan dijelaskan pada artikel di bawah, beserta contoh dan penjelasannya. Untuk mengetahui ciri-ciri dan cara membuat paragraf narasi, klik disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf narasi atau narrative paragraph merupakan paragraf yang berisi cerita yang ditulis secara rekayasa atau berdasarkan pengalaman. Gaya bahasa yang digunakan pada paragraf narasi bertujuan untuk mengisahkan rentetan peristiwa atau kejadian berdasarkan perkembangannya dari waktu ke waktu seolah pembaca mendalami kisah yang disampaikan penulis. Cerita dalam paragraf ini dirangkai berdasarkan urutan waktu atau dengan kronologi, juga dengan tokoh (manusia/hewan). Peristiwa yang disampaikan dalam paragraf narasi bisa berupa fiksi (karangan) atau non-fiksi (nyata).

B. Jenis Paragraf Narasi

Paragraf narasi dibagi menjadi 2 jenis; paragraf narasi sugestif dan paragraf narasi informatif. Berikut penjelasan, contoh dalam Bahasa Inggris, dan artinya:

1. Paragraf narasi sugestif

Paragraf narasi sugestif merupakan paragraf narasi yang menggambarkan rentetan peristiwa yang sudah tersusun dengan tujuan mendorong khayalan pembaca mengenai peristiwa tersebut. Jenis paragraf ini juga bertujuan untuk menyampaikan pesan atau makna dari kejadian yang sudah terjadi sebagai pengalaman. Pada umumnya, jenis sugestif ini digunakan untuk menjelaskan sebuah proses atau rangkaian peristiwa. Berikut contohnya:

It was happen beside market place of the city. A girl was walking alone with hand-bag and brought some goods. Suddenly an old man took away her bag and brought it running. The girl screamed and asked somebody else for help. But, The old man was disappeared, he run so fast. The girl is my new neighbor, she just moved two days ago.

Kejadian itu terjadi di samping pasar kota. Seorang gadis berjalan sendirian dengan tas di tangan dan membawa beberapa barang. Tiba-tiba lelaki tua mengambil tasnya dan membawanya lari. Gadis itu berteriak dan meminta pertolongan orang. Namun, lelaki tua itu sudah menghilang, dia berlari dengan sangat cepat. Gadis itu adalah tetangga baru saya, dia baru pindah 2 hari yang lalu.

Pada contoh paragraf di atas merupakan jenis paragraf narasi sugestif, yang mana penulis menceritakan suatu peristiwa dan ditulis secara berurutan. Pada paragraf di atas, kita juga dapat pesan, yaitu berhati-hatilah jika bepergian sendiri.

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Eksposisi dalam Bahasa Inggris

2. Paragraf narasi informatif

Jenis paragraf ini dibuat dengan tujuan agar pembaca mengetahui suatu informasi suatu kejadian yang sedang terjadi. Gaya penulisannya juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dijelaskan secara terperinci. Berikut contohnya:

One of the most popular historical events in Indonesia is the Bandung Sea of ​​Fire incident. This incident occurred in March 1946 after we became independent. The Bandung Sea of ​​Fire incident was motivated by many things. Starting from the Mac Donal Brigade which issued an ultimatum containing the purpose of evacuating the northern part of Bandung as soon as possible on November 29, 1945. Another background was the plan to rebuild the allied headquarters in Bandung.

Salah satu peristiwa sejarah yang populer di Indonesia adalah peristiwa Bandung lautan Api. Peristiwa ini terjadi pada bulan maret 1946 setelah kita merdeka. Peristiwa Bandung lautan Api dilatarbelakangi oleh banyak hal. Dimulai dari Brigade mac Donal yang mengeluarkan ultimatum yang berisi untuk mengosongkan Kota Bandung bagian utara secepat mungkin paling lambat pada tanggal 29 November 1945. Latar belakang lainnya adalah rencana pembangunan kembali markas sekutu di Bandung.

Contoh pada paragraf di atas membuat pembaca mengetahui sebuah informasi dan menambah pengetahuan pembaca. Paragraf di atas merupakan paragraf narasi jenis informatif. Gaya bahasa dan penjelasannya menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan bersifat informatif.

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Persuasi dalam Bahasa Inggris

References:
Makalah Bahasa Indonesia; Jenis-jenis paragraf (Universitas Diponegoro Semarang, 2019)
https://www.yuksinau.id/paragraf-narasi/
https://rumusrumus.com/paragraf-narasi/
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2018/04/pengertian-paragraf-narasi-ciri-ciri-cara-membuat-jenis-contoh.html

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *