Noun Phrase: Penjelasan, Contoh, dan Penggunanya

Noun Phrase: Penjelasan, Contoh, dan Penggunanya

Halo Scholars . . .
Phrase atau frasa merupakan gabungan dua kata atau lebih yang bertujuan untuk lebih menspesifikkan sesuatu, seperti benda. Terdapat beberapa bagian frasa (phrase) dalam Bahasa Inggris seperti noun phrase, adjective phrase, adverb phrase, dan lainnya. Frasa ini sering digunakan ketika suatu kata kurang spesifik (masih umum), seperti saat menyebutkan tangan, kita tidak tahu tangan yang mana, jadi dengan menambahkan penjelas (modifyer), seperti “right hand” (tangan kanan). Pada artikel kali ini kita akan mempelajari penjelasan, contoh, dan penggunaan noun phrase. So, mari simak artikel ini sampai akhir.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

1. Pengertian Noun Phrase

Noun phrase ialah frasa yang merupakan hasil penggabungan kata benda (noun), kata ganti benda (pronoun), atau nomor (number). Noun phrase bertujuan untuk menjelaskan suatu noun atau kata benda yang masih umum. Seperti buku (book) yang masih umum, sedangkan buku pelajaran (lesson book) adalah spesifik (khusus).

2. Pola Kalimat Noun Phrase

Dalam frasa (phrase) terdapat satu headword (inti kata) dan satu atau lebih modifyer (penjelas). Berikut beberapa pola kalimat dalam noun phrase:

a. Noun + noun
Contoh noun phrase untuk kategori noun+noun seperti pizza box dan lainnya. Dalam contoh ini, dapat diperhatikan bahwa walaupun ada dua kata benda, namun yang menjadi headword atau inti pokonya hanyalah satu benda saja. Misalnya dalam kata pizza box, kata pizza merupakan modifyer atau penjelas dari kotak (box) yang merupakan headword atau ini kata.

b. Noun + of + noun
Bagaimana contoh kata dengan pola ini? Bisa dilihat dengan kata-kata seperti declaration of independence, city of angels, age of empire, dan contoh lainnya. Kata ‘of’ dalam rangkaian kata-kata tersebut digunakan untuk menunjukkan arti dari pada kata benda yang disebut pertama kali. Misalnya pada kata declaration of independence yang memiliki arti naskah kemerdekaan. Kemerdekaan hanya berfungsi sebagai penjelasan dari naskah yang dibicarakan.

c. V-ing + noun (as Gerund)
Untuk pola kalimat ini kamu bisa menggunakan contoh swimming pool, walking stick, dan smoking room. Secara kontekstual, makna V-ing sebagai gerund adalah untuk menandai kata benda yang disebut terakhir. Dapat disimpulkan bahwa kata swimming pool memiliki arti a pool for swimming activities. V-ing yang terdapat dalam noun phrase ini berfungsi untuk menjelaskan sebuah kegiatan.

d. Adjective + noun
Pada pola ini bisa menggunakan contoh red book, big box, dan lainnya. Kata sifat (adjective) disini merupakan modifyer atau penjelas dari suatu benda. Kata big (besar) memperjelas box (kotak).

3. Penggunaan dan Contoh Kalimat Noun Phrases

a. Subject
Noun phrase dapat digunakan sebagai subjek, seperti:

  • The swimming pool in this place is wonderful. (Kolam renang di tempat ini mengagumkan)
  • The small box in the yard in is mine. (Kotak kecil di halaman adalah punya saya)
  • The red car across the store looks wonderful. (Mobil merah diseberang toko terlihat mengagumkan)

b. Object
Noun phrase dapat digunakan sebagai subjek, seperti:

  • I found white papers in the class yesterday. (Saya menemukan kertas kertas putih di dalam kelas kemarin)
  • She gets the pizza box. (Dia mendapatkan kotak pizza)
  • He went to smoking room. (Dia pergi ke ruang merokok)

Baca juga: Pengertian, Penjelasan, Contoh, dan Penggunaan Compound Noun

References:
https://www.wallstreetenglish.co.id/belajar-grammar/noun-phrase/
https://learnenglish.britishcouncil.org/english-grammar-reference/noun-phrases
https://www.google.com/amp/s/amp.sederet.com/tutorial/phrases-noun-phrase/

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *