OVERVIEW OF ACTIVITY IN SPEAKING CORNER LEVEL 2 ON AUGUST

Overview of Activity in Speaking Corner Level 2 on August

Halo temen-temen peserta Speaking  Corner Level 2. Jadi dalam tulisan ini, saya akan menjelaskan tentang overview dari kegiatan kita ke depannya di grup whatsapp Speaking Corner Level 2. Kelas ini diadakan selama bulan Agustus sebanyak 8 pertemuan. Pertemuan pertama kita adakan di tanggal 10 Agustus 2020, tepatnya hari ini hehehe.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Sebelumnya kamu sudah membaca sistem belajarnya kan? Kalau sudah, itu bagus! Kalau belum, coba baca dulu ya. Linknya ini: Sistem Speaking Corner Level 2 by Scholars Official

Jadi, di kegiatan awal kita akan adakan Pre-Test untuk mengukur kemampuan awal speaking kamu, Pre-Testnya berbentuk kuis tertulis melalui platform Quizizz. Lalu di kegiatan inti kita adakan Speaking in Debate dan Play a Drama. Terakhir, di kegiatan penutup ada Post-Test, itu berupa kuis juga dengan tujuan mengevaluasi hasil belajar kamu.

Pasti kamu sudah tau bahwa Speaking merupakan salah satu skill dalam bahasa inggris, selain Listening, Reading dan Writing. Speaking is an interactive process of constructing meaning that involves producing and receiving and processing information. (Brown, 1994; Burns & Joyce, 1997). Jadi agar dapat memproses berbagai informasi maka kita perlu berinteraksi, dalam hal ini berbicara/speaking. Lalu percaya ngga sih? Jika kamu memiliki skill berbicara yang baik, maka akan bisa membuat perubahan. Artinya kamu dapat mempengaruhi lawan bicaramu agar mengikuti apa yang kamu katakan, kalau saya percaya. Seperti pendapat dari seorang ahli berikut: A speaker’s skills and speech habits have an impact on the success of any exchange. (Van Duzer, 1997).

Selanjutnya saya akan jelaskan tentang kegiatan inti di grup Speaking Corner. Ada dua kegiatan inti seperti yang sudah disebutkan sebelumya yaitu Speaking in Debate dan Play a Drama. Kegiatan inti yang pertama yaitu Speaking in Debate, dalam kegiatan ini tutor akan memaparkan beberapa opini/pernyataan dan meminta peserta untuk memberikan opini/pendapat mereka juga, sehingga saling memberikan opini dan menimbulkan perdebatan yang sehat hehe

Lalu kegiatan inti yang kedua yaitu Play a Drama, dalam kegiatan ini peserta akan bermain drama secara daring… gimana tuh? Peserta cukup saling berdialog dengan menggunakan VN dengan settingan cerita yang sudah dibuat. Jadi peserta membuat cerita dramanya terlebih dahulu semenarik mungkin (bekerja secara kelompok). Genre dramanya bebas, boleh lucu, menyentuh, sedih, romantis, dan lain-lain. Rule dalam kegiatan ini:

  • Memilih teman kelompok minimal 5 orang
  • Bekerja secara berkelompok dan membuat cerita drama yang menarik
  • Latihan drama sebelum tampil di grup Speaking Corner, caranya buat grup mandiri antar masing-masing kelompok dan latihan di grup tersebut (jangan lupa invite tutor)
  • Peserta tampil bermain drama di grup speaking corner
  • Peserta yang tidak tampil diminta untuk memberikan komentarnya

Note: kuota peserta yang tampil di grup speaking corner akan dilihat kondisinya dulu, jika sedikit yang ikut-serta maka itu oke, tetapi sebaliknya jika banyak yang ikut-serta maka akan diseleksi / dipilih kelompok mana yang bisa tampil di grup speaking corner karna waktu kita terbatas hanya 3 pertemuan untuk jadwal Play a Drama. Kelompok yang tidak tampil di grup Speaking Corner dapat tampil di grup latihan mereka (karna di grup latihan kan ada tutor juga yang sudah di invite untuk memantau).

Baca juga: Sistem Speaking Corner Level 2 by Scholars Official

👤 Muhammad Rifai
✉️ mhdrifai82@gmail.com
IG: @rifaikhairi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *