Passive Voice in Simple Past Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh

Passive Voice in Simple Past Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh

Hello English Learners, senang berjumpa lagi dengan Learners di artikel Grammar Corner. Dimana sebelumnya kita telah membahas tentang topik artikel yang kedua yang berjudul “Passive Voice of Simple Present Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh.” Gimana dengan Passive Voice of Simple Present Continuous Tensenya Learners, mudah kan? Karena ini hanya memiliki sedikit perbedaan dengan Passive Voice in Simple Present Tensenya Learners yaitu kamu cukup tambahkan “being” sebelum bertemu dengan V3nya ya.

Kali ini, kita akan memahami lebih dalam lagi tentang topic “Active and Passive Voice” yang di dalam artikel kali ini akan membahas topik untuk jenis tenses yang lain yaitu: Simple Past Tense.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

1. Definition of Simple Past Tense

Sebelumnya Learners, kita sudah belajar tentang Passive Voice of Simple Present Continuous Tense kan? Pada jenis tenses kali ini sangat berbeda fungsinya dengan dua jenis tensesnya yang sudah kita pelajari sebelumnya yaitu Simple Present Tense and Simple Present Continuous Tense. Adapun fungsi dari Past Tense adalah untuk menyatakan, menjelaskan, menceritakan, atau menanyakan kejadian yang terjadi pada masa lampau atau yang sudah berlalu.

Lalu bagaimana perbedaan Active and Passive Voice of dari Simple Past Tense dan kedua tenses sebelumnya guys? Ayo tunggu apa lagi langsung disimak penjelasan di bawah ini ya Leaners.

2. Example of Active and Passive Voice in Simple Past Tense

A. Active:
(+) Raihan watched a movie last night.
(-) Raihan did not watch a movie last night.
(?) Did Raihan watch a movie last night?

B. Passive
(+) A movie was watched by Raihan last night.
(-) A movie was not watched by Raihan last night.
(?) Was a movie watched by Raihan last night?

Note: V2-V3 of Watch is Watched (Regular Verbs)

Gimana Learners, dengan contoh setiap kalimat di atas, terlihat sangat jelas kan perbedaan dari setiap kalimatnya baik Kalimat Positive, Negative, and Introgative baik kalimat Active maupun Passive Voicenya. Oleh karena itu, kita bisa simpulkan rumus dari Active and Passive Voice of Simple Past Tense di bawah ini:

  • Active Voice : S+V2+O (Direct Object)
  • Passive Voice: S+To Be (was, were)+V3+by Doer

Perlu diingat ketika Kalimat Active diubah ke Kalimat Passive, Subjek di Aktif menjadi Objek di Kalimat Passive begitu sebaliknya ya dan untuk di Kalimat Passive dari Simple Past Tense jangan lupa untuk selalu menambahkan tobe yaitu was atau were sebelum bertemu dengan V3 ya Learners…

Baca juga: Passive Voice in Simple Present Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh

3. The Characteristics of Passive Voice in Simple Past Tense

  • Kalimat Aktif yang dapat diubah ke Kalimat Passive adalah jenis Kalimat Aktif yang di dalamnya terdapat kata kerja ya. Jika berupa Kalimat Aktif Nominal tidak bisa diubah ya ke Kalimat Passive.

(A): I was beautiful (Kalimat Nominal)
(P): –

  • Setiap tenses memiliki To Be yang berbeda-beda. Jadi, jangan sampai salah penggunaan To Be dalam setiap tensesnya. Dimana untuk Simple Past Tense dan Simple Present Tense memakai To be yang berbeda. To Be Simple Past Tense adalah seperti di bawah ini:
  1. I = was
  2. She, He, and It = was
  3. They, We, and You = were
  • Di dalam Kalimat Passive dari Simple Past Tense tidak ada lagi penggunaan dari did dan V2 ya, tapi diganti dengan To Be (was, atau were) dan V3.
  • Untuk memudahkan kita mengetahui jenis tenses apa yang dipakai dalam kalimat, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengidentifikasi Signal Timenya ya. Adapun Signal Time dari Simple Past Tense adalah yesterday, last….(last week), just now, …ago (three days ago), once upon time, etc. Dengan begitu, kita akan lebih mudah ketika akan mengubah Kalimat Aktif ke Kalimat Passive ataupun sebaliknya ya.

Mungkin itu penjelasan tentang Active and Passive Voice of Simple Past Tense ya Learners. Sudah terlihat jelas kan apa perbedaan Simple Present Tense dengan Simple Present Continuous Tense dan Simple Past Tense baik Kalimat Aktif maupun Kalimat Passivenya?

Semoga materi artikel ini dapat mudah diipahami dan bermanfaat untuk Learners ya. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya.

Jangan lupa terus update membaca artikelnya karena bakal banyak lagi penjelasan Active and Passive Voice dari tenses-tenses lainnya ya. See you on the next article Learners…

References:
Chapman, L. R. H. English Grammar and Exercises Book 2. Longman.
Hanafi, T. 2011. Pasti Cepat Bisa 16 Tenses. Jogjakarta: Javalitera.
Surayin. 2010. Perfect English Grammar. Bandung: Yrama Widya.

Winda Yuliani Panjaitan
windayuliani.0207@gmail.com
Ig: windayulianipanjaitan

Baca juga: Passive Voice in Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *