Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Argumentasi dalam Bahasa Inggris

Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Argumentasi dalam Bahasa Inggris

Halo Scholars . . .
Saat kalian membaca sebuah cerita atau berita, pastinya akan menemukan banyak tulisan berkumpul dalam beberapa line yang disebut dengan paragraf. Paragraf merupakan bagian yang terpenting dari suatu bacaan. Tahukah kalian apa itu paragraf? Paragraf merupakan suatu kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Lalu, apa itu paragraf argumentasi? Argumentative paragraph atau paragraf argumentasi merupakan paragraf yang berisi pendapat penulis. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian, ciri-ciri, dan cara membuat paragraf argumentasi, serta contoh paragraf argumentasi dalam Bahasa Inggris, agar kalian lebih paham.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Pengertian Paragraf Argumentasi

Argumentative Paragraph atau paragraf argumentasi merupakan paragraf yang mengandung pendapat yang diikuti dengan alasan, contoh, dan bukti yang meyakinkan pembaca akan isi paragraf tersebut. Tujuan paragraf argumentasi adalah dapat meyakinkan atau mempengaruhi pembaca supaya memiliki pendapat yang sama dengan penulis. Supaya tujuan tersebut bisa terlaksana, maka paragraf argumentasi harus diikuti dengan fakta akurat seperti data, hasil penelitian, teori ahli, contoh, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk memperkuat pendapat yang diterangkan.

B. Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi memiliki ciri atau karakteristik sebagai berikut:

  • Mengandung pendapat, pandangan, atau keyakinan penulis kepada sebuah permasalahan.
  • Mempunyai data akurat yang dipakai untuk meyakinkan pembaca.
  • Menerangkan permasalahan dengan cara menganalisa.
  • Pada akhir diberikan kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali pada topik utama.

C. Cara Membuat Paragraf Argumentasi dalam Bahasa Inggris

Setelah memahami pengertian dan ciri-ciri dari paragraf argumentasi, mari pelajari bagaimana cara membuatnya. Berikut hal yang harus dilakukan saat akan membuat paragraf argumentasi dalam Bahasa Inggris:

  • Membuat topik terlebih dahulu
  • Menentukan tujuan karangan
  • Melakukan penelitian atau observasi lapangan untuk memperkuat argumen
  • Membuat kerangka karangan
  • Mengembangkan ide/kerangka karangan
  • Menentukan kesimpulan

Baca juga: Formal Letter: Pengertian, Struktur, dan Langkah-langkah membuat Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

D. Contoh Paragraf Argumentasi dalam Bahasa Inggris

Contoh 1:

Reading is indeed an important factor in mastering various sciences. A legal adviser must always read books related to the law, because if he doesn’t read a law book he will definitely find it difficult and don’t know what articles are listed in the law book. A student, who does not want to read a book, will have difficulty answering questions from the lecturer.

Membaca memang merupakan faktor penting dalam menguasai berbagai ilmu pengetahuan. Seorang penasihat hukum pasti selalu membaca buku-buku yang terkait dengan hukum, sebab jika tidak membaca buku hukum pasti ia akan merasa kesulitan dan tidak tahu apa saja pasal-pasal yang tertera dibuku hukum. Seorang mahasiswa, tidak mau membaca buku maka akan mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal dari dosen.

*Contoh paragraf di atas merupakan contoh dari paragraf argumentasi (argumentative paragraph). Mengapa? Karena yang ada dalam kalimat tersebut merupakan pendapat atau argumentasi mengenai pentingnya membaca.

Contoh 2:

Educational media is very important in achieving educational goals. However, some of us consider it less important. In Indonesia, the distribution of educational media is not evenly distributed. For example, in Papua, where the teaching force is still lacking, plus more with the lack of educational media. As a result, the level of intelligence varies between regions. The government’s efforts in educating the nation’s life should be improved, especially in the distribution of educational media in remote areas.

Media pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Namun, sebagian dari kita menganggap hal itu kurang penting. Di Indonesia saja, penyebaran media pendidikan kurang merata. Contohnya saja, di daerah Papua yang saat ini tenaga pengajarnya masih sangat kurang, ditambah lagi dengan kurangnya media pendidikan. Akibatnya, tingkat kecerdasan berbeda-beda antardaerah. Seharusnya, upaya pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa harus tetap ditingkatkan, terutama dalam penyebaran media pendidikan di daerah-daerah terpencil.

*Contoh paragraf di atas merupakan contoh dari paragraf argumentasi (argumentative paragraph). Mengapa? Karena yang ada dalam kalimat tersebut merupakan pendapat atau argumentasi mengenai media pendidikan. Pada paragraf argumentasi yang kedua ini, ada perbedaan. Bisakah kalian menemukannya? Perbedaannya ada pada contoh yang lebih spesifik ke suatu wilayah, yaitu Papua.

Baca juga: Informal Letter: Pengertian, Struktur, dan Langkah-langkah Menulis Surat Tidak Resmi dalam Bahasa Inggris

References:
Makalah Bahasa Indonesia; Jenis-jenis paragraf (Universitas Diponegoro Semarang, 2019)
https://www.masterclass.com/articles/how-to-write-a-good-argumentative-essay
https://www.ilmubahasainggris.com/paragraf-argumentasi-pengertian-cara-membuat-dan-contoh-dalam-bahasa-inggris/1

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *