Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Deskripsi dalam Bahasa Inggris

Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Deskripsi dalam Bahasa Inggris

Halo Scholars . . .
Saat kalian membaca sebuah cerita atau berita, pastinya akan menemukan banyak tulisan berkumpul dalam beberapa line yang disebut dengan paragraf. Paragraf merupakan suatu kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Lalu, apa itu paragraf deskriptif? Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang memberikan gambaran suatu tempat, peristiwa, atau objek lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian, ciri-ciri, cara membuat, dan contoh paragraf deskripsi dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa dengan seterang-terangnya kepada pembaca. Melalui dekripsi, pembaca seolah diajak penulis untuk merasakan apa yang tertulis karena penulis melibatkan hampir segenap pancaindra di dalam tulisannya. Paragraf deskripsi berisi gambaran mengenai suatu objek atau suatu keadaan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra. Paragraf ini bertujuan untuk memberikan kesan/impresi kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis.

B. Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Berikut ciri-ciri paragraf deskripsi:

  • Isinya menggambarkan suatu benda, tempat, makhluk hidup, atau objek tertentu.
  • Penggambaran dilakukan dengan pancaindra, diantaranya indra penglihatan, indra pendengaran, indra penciuman, indra pengecapan, atau indra perabaan.
  • Orang-orang yang membaca atau yang diceritakan ikut merasakan dan melihat sendiri objek yang dimaksud.

Baca juga: Descriptive Text: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh

C. Cara Membuat Paragraf Deskripsi

Berikut beberapa step dalam membuat paragraf deskripsi:

1. Menentukan Objek atau Sasaran

Langkah pertama yang harus diperhatikan yaitu objek yang akan kalian jelaskan menjadi suatu paragraf deskripsi yang baik. Contohya atau objek sekitar, seperti sekolah, pantai, makanan, dan lainnya.

2. Menggunakan Bahasa yang mudah dipahami

Setelah kalian berhasil melalui tahapan yang tadi sudah dijelaskan sebelumnya, pastinya kalian sekarang telah mempersiapkan untuk membuat deskripsi yang dipahami. Gunakanlah Bahasa yang mudah dipahami, karena kita tidak bisa memprediksi siapa yang akan membaca tulisan kita, dan deskripsikan sasaran pada objek tulisan secara jelas tetapi jangan berbelit-belit.

3. Menentukan judul artikel yang menarik

Judul adalah penilaian pertama dari sebuah tulisan. Walaupun karya tulis kita memiliki isi yang sangat menarik, apabila tidak dilengkapi oleh judul yang bagus, kemungkinan besar orang-orang tidak akan membaca tulisan yang kalian buat. Misalnya kalian bisa menggunakan judul yang sedang populer atau banyak dibahas oleh masyarakat, karena judul yang menarik akan membuat para pembaca semakin tertarik.

Baca juga: Penjelasan Singkat, Cara Membuat beserta Contoh Descriptive Paragraph

D. Contoh Paragraf Deskripsi dalam Bahasa Inggris

Contoh 1:

When my mom’s chocolate brownie was served for me, the scent of the chocolate brownie immediately smelled good on my nose. When I tried to eat it, its shape and sweetness immediately made my tongue shake. Really, my mom is really good at making these chocolate brownies.

Saat brownis coklat buatan ibuku dihidangkan untukku, wangi brownis coklatnya langsung tercium enak oleh hidungku. Saat aku mencoba memakannya, bentuk dan rasa manisnya langsung membuat lidahku bergoyang. Sungguh, ibuku sangat pandai sekali membuat brownis coklat ini.

Pada paragraf contoh pertama ini merupakan paragraf deskripsi yang menggambarkan tentang coklat brownis.

Contoh 2:

I have a stray cat as my pet. He is really playful, He loved to play with me and the new things he found. He has orange and white fur, his fur is so soft and I like to rub it for him. He has a long tail. He likes to play with it. He is also always try to catch his tail sometimes. I also like to hold him in my hand, when i hold him like that he will fall asleep.

Saya punya kucing liar sebagai hewan peliharaan saya. Dia benar-benar lucu, ia senang bermain dengan saya dan hal-hal baru yang ditemukan. Dia memiliki bulu oranye dan putih, bulunya sangat lembut dan saya ingin selalu mengelusnya. Dia memiliki ekor panjang. Ia suka bermain dengan ekornya. Ia juga selalu berusaha untuk menangkap ekornya. Saya juga suka menggendongnya di tangan saya, ketika saya menggendongnya seperti itu dia akan tertidur.

Paragraf di atas merupakan paragraf deskripsi. Karena paragraf tersebut menggambarkan seekor kucing yang menjadi peliharaan penulis.

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Argumentasi dalam Bahasa Inggris

References:
Makalah Bahasa Indonesia; Jenis-jenis paragraf (Universitas Diponegoro Semarang, 2019)
https://www.wikihow.com/Write-a-Descriptive-Paragraph
https://rumus.co.id/contoh-paragraf-deskripsi/
https://www.yuksinau.id/contoh-descriptive-text/

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *