Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Eksposisi dalam Bahasa Inggris

Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Eksposisi dalam Bahasa Inggris

Halo Scholars . . .
Saat kalian membaca sebuah cerita atau berita, pastinya akan menemukan banyak tulisan berkumpul dalam beberapa line yang disebut dengan paragraf. Paragraf merupakan bagian yang terpenting dari suatu bacaan. Paragraf memiliki beberapa jenis, yang diantaranya adalah paragraf eksposisi. Lalu, apa itu paragraf eksposisi? Paragraf eksposisi merupakan paragraf yang mengandung informasi atau pengetahuan. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian, ciri-ciri, cara membuat, dan contoh paragraf eksposisi dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi merupakan karangan atau teks yang berisi gagasan dan fakta. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan. Dalam paragraf atau teks eksposisi biasanya berisi tentang pendidikan, ekonomi, sosial, dan topik lainnya.
Paragraf eksposisi merupakan paragraf yang bertujuan untuk menginformasikan sesuatu, sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Paragraf eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Sumber untuk penulisan paragraf ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, atau pengalaman penulis.

B. Ciri-Ciri Pragraf Eksposisi

Karena jenis paragraf itu ada banyak, berikut ciri-ciri paragraf eksposisi:

  • Penjelasannya bersifat informatif
  • Pembahasan masalah bersifat objektif.
  • Tidak mempengaruhi pembaca.
  • Penjelasan dinyatakan dengan bukti yang konkret (tidak mengada-ada).
  • Pembahasannya bersifat logis dan sistematis.

C. Cara Membuat Paragraf Eksposisi dalam Bahasa Inggris

Sebelum membuat paragraf eksposisi, mari pahami beberapa langkah yang harus dilakukan:

1. Menentukan topik, yakni suatu hal yang memerlukan pemecahan masalah atau sesuatu yang mengandung problematika di masyarakat.
2. Mengumpulkan bahan dan data untuk memperkuat argumen, baik dengan membaca surat kabar, majalah, buku, ataupun bacaan di internet.
3. Membuat kerangka tulisan yang berkenaan dengan topik yang akan kita tulis yang mencakup tesis, argumen, dan penegasan (kesimpulan).
4. Mengembangkan tulisan sesuai dengan kerangka yang telah kita buat.

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Deskripsi dalam Bahasa Inggris

D. Contoh Paragraf Eksposisi

Berikut contoh paragraf eksposisi dalam Bahasa Inggris dan artinya:

Why is breakfast important? “Breakfast like a King, Lunch like a Prince and Dine like a Pauper” It’s a well known phrase, but do you follow it?
Breakfast provides energy needs. People’s energy needs vary depending on activity levels and life stage but typically men require more energy than women. Growing children require a lot of energy, as an example boys aged 7-10 years should consume approximately 1970 kcals per day, and girls aged 7-10 years should consume approximately 1740 kcals.

Mengapa melakukan sarapan itu penting? “Sarapan seperti seorang raja, makan siang seperti Pangeran dan makan malam layaknya seperti orang yang tidak punya” itu adalah frase yang cukup terkenal, tetapi apakah Anda memahami pentingnya sarapan?
Sarapan menyediakan kebutuhan energi yang dibutuhkan. Kebutuhan energi setiap orang itu berbeda tergantung pada kegiatan dan tingkatkan umur. Meski begitu secara umum laki-laki membutuhkan energi lebih banyak dari pada permepuan. Pertumbuhan anak-anak juga membutuhkan banyak energi, sebagai contoh, anak laki-laki berusia 7-10 tahun harus mengkonsumsi sekitar 1970 kkal per hari, dan anak perempuan berusia 7-10 harus mengkonsumsi sekitar 1740 Kkal.

Contoh paragraf di atas merupakan paragraf eksposisi. Dalam paragraf tersebut penulis memberikan informasi atau pengetahuan tentang pentingnya Sarapan pagi (Breakfast). Penulis juga memberikan data yang mendukung, agar pembaca tertarik dan percaya akan pendapat penulis.

Baca juga: Descriptive Text: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh

References:
Makalah Bahasa Indonesia; Jenis-jenis paragraf (Universitas Diponegoro Semarang, 2019)
http://englishadmin.com/2015/11/6-analytical-exposition-text.html
https://rumus.co.id/paragraf-eksposisi/

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *