Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Narasi dalam Bahasa Inggris

Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Narasi dalam Bahasa Inggris

Halo Scholars . . .
Saat kalian membaca sebuah cerita, pastinya akan menemukan banyak tulisan berkumpul dalam beberapa line yang disebut dengan paragraf. Paragraf merupakan bagian yang terpenting dari suatu bacaan. Paragraf merupakan suatu kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Pragraf memiliki beberapa jenis, diantaranya ialah paragraf narasi. Paragraf narasi merupakan paragraf yang berisi pendapat penulis. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian, ciri-ciri, dan cara membuat paragraf narasi dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf narasi atau narrative paragraph merupakan paragraf yang berisi cerita yang ditulis secara rekayasa atau berdasarkan pengalaman. Gaya bahasa yang digunakan pada paragraf narasi bertujuan untuk mengisahkan rentetan peristiwa atau kejadian berdasarkan perkembangannya dari waktu ke waktu seolah pembaca mendalami kisah yang disampaikan penulis. Cerita dalam paragraf ini dirangkai berdasarkan urutan waktu atau dengan kronologi, juga dengan tokoh (manusia/hewan). Peristiwa yang disampaikan dalam paragraf narasi bisa berupa fiksi (karangan) atau non-fiksi (nyata).

B. Ciri Paragraf Narasi

Untuk membuat atau menemukan paragraf narasi, sangat perlu bagi kalian untuk mengetahui ciri-cirinya. Berikut beberapa ciri-ciri dari paragraf narasi:

  • Mempunyai unsur-unsur utama, seperti alur/plot, tokoh, konflik, dan latar.
  • Menggunakan sudut pandang penulis.
  • Berisi mengenai pengalaman penulis.
  • Terdapat unsur rangkaian waktu dan informasi.
  • Menonjolkan unsur tindakan dan perbuatan.
  • Terdapat latar suasana, tempat, dan waktu.
  • Mempunyai tokoh dan perwatakan yang jelas.
  • Memakai urutan waktu dan tempat yang saling berhubungan.
  • Menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan.
  • Dirangkai dalam urutan waktu.
  • Berusaha menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”
  • Ada konflik.

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Persuasi dalam Bahasa Inggris

C. Cara Membuat Paragraf Narasi

Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam menulis paragraf narasi meliputi: menentukan tema, membuat garis besar cerita ke dalam bagian awal, perkembangan dan akhir cerita, menyusun tokoh, latar dan sudut pandang, menyusun kerangka paragraf, merangkai kata-kata dalam bentuk kalimat, dan terakhir menulis kalimat ke dalam paragraf.
Menurut sumber lain, berikut membuat paragraf narasi:

  1. Menetapkan tema dan pesan yang hendak disajikan
  2. Menetapkan sasaran pembaca
  3. Membuat rancangan isi paragraf yang hendak disampaikan
  4. Membuat judul yang sangat menarik

D. Contoh Paragraf Narasi

Berikut contoh paragraf narasi dalam Bahasa Inggris dan contohnya:

When I was headed to class, I saw Jason was strolling quickly. He looks as though sought after something, despite the fact that it was still in the early morning. Feeling inquisitive, I tailed him from behind. At the same time, I was so astonished in light of the fact that Jason did not go to class. I likewise felt suspicious due to his conduct. At that point I called him, and beyond any doubt enough Jason face looked extremely apprehensive and panicked. At that point, I realized that he needed to be missing from school, luckily, I exhorted him and he drop that terrible arrangement.

Artinya:
Ketika saya sedang dalam perjalanan ke sekolah, saya melihat Jason yang sedang berjalan sangat sangat cepat. Dia tampak seolah-olah dikejar sesuatu, meskipun itu masih di pagi hari. Merasa penasaran, aku mengikutinya dari belakang. Tapi aku sangat terkejut karena Jason tidak pergi ke sekolah. Saya juga merasa curiga karena perilakunya. Lalu aku memanggilnya, dan cukup yakin wajah Jason tampak sangat gugup dan takut. Kemudian, aku tahu bahwa ia ingin menjadi absen dari sekolah, untungnya, saya menyarankan dia dan dia membatalkan rencana buruknya.

Contoh paragraf di atas merupakan paragraf narasi. Gaya penulisannya menggunakan sudut pandang penulis. Dalam paragraf tersebut disebutkan latar tempat, waktu, dan kondisi Saya, juga menjawab pertanyaan “Apa yang terjadi”.

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Paragraf Eksposisi dalam Bahasa Inggris

References:
Makalah Bahasa Indonesia; Jenis-jenis paragraf (Universitas Diponegoro Semarang, 2019)
https://www.yuksinau.id/paragraf-narasi/
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2018/04/pengertian-paragraf-narasi-ciri-ciri-cara-membuat-jenis-contoh.html

Siti Khomairoh
Chiera_ceria
Sthumairoh15@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *