Pengertian, Fungsi, dan Unsur-unsur Short Stories dalam Bahasa Inggris

Pengertian, Fungsi, dan Unsur-unsur Short Stories dalam Bahasa Inggris

Dear readers,,, do you like reading short story? Pastinya sudah tidak asing lagi dengan Short Story, kan? Sudah berapa short story (cerita pendek) yang kalian baca? Well, kali ini kita akan memperlajari mengenai Pengertian, Fungsi, dan Unsur-unsur Short Stories dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

A. Pengertian Short Story

Short story atau cerita pendek adalah suatu bentuk prosa naratif. Short story merupakan sebuah cerita yang ditulis lebih singkat dibandingkan dengan cerita novel dan lebih panjang dari sebuah cerita fabel. Short story fokus kepada masalah yang lebih besar atau yang lebih kecil saja dan fokus untuk membangun perasaan yang kuat dari para pembaca.

B. Fungsi Short Story

Sebuah cerita pendek (short story) menceritakan tentang satu aspek dari kehidupan sebuah karakter. Aspek kehidupan tersebut dapat berupa sebuah peristiwa, gambaran sebuah perasaan, atau sebuah aksi yang sederhana dalam kehidupan sebuah karakter. Short story juga dapat mempengaruhi atau bahkan memberikan inspirasi kepada para pembaca. Cerita pendek dapat menjadi salah satu alternatif bagi teman-teman yang kurang suka membaca cerita panjang seperti novel.

Baca juga: Beberapa Strategi untuk Membaca Teks Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca

C. Unsur-Unsur Short Story

Terdapat beberapa unsur dalam short story. Berikut ini adalah unsur-unsur dari short story (cerita pendek).

1. Theme (Tema)
Theme (tema) adalah ide utama keseluruhan dari sebuah cerita pendek.

2. Character (Karakter)
Character (karakter) adalah tokoh dalam cerita, baik manusia atau hewan yang menjadi sebagai tokoh utama dalam cerita pendek atau bagian lainnya.

Baca juga: Reading Strategies: Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca Dalam Bahasa Inggris

3. Plot (Alur Cerita)
Plot (alur cerita) adalah beberapa peristiwa atau aksi dari karakter yang berhubungan dengan konflik utama dalam sebuah cerita.

4. Setting (Latar)
Terdapat 3 latar dalam short story. Diantaranya; latar tempat (place) dan latar waktu (time). Latar tempat (place) dapat berupa deskripsi tempat, contohnya seperti deskripsi sebuah daratan, pemandangan, atau cuaca untuk menyajikan gambaran latar tempat yang kuat. Sedangkan latar waktu (time) dapat berupa gambaran suasana pada pagi hari yang ditandai dengan ayam berkokok atau matahari terbit, suasana malam hari yang gelap gulita atau bulan yang bersinar di tengah gelapnya malam, dan sebagainya.

Baca juga: Tips and Trick Reading tentang Understanding Finding Specific Information (Factual and Scanning Questions)

5. Conflict (Konflik/Masalah)
Conflict (masalah) adalah perjuangan antara dua orang atau karakter lain dalam cerita pendek. Karakter atau tokoh utama pada umumnya berpihak pada salah satu sisi dari konflik yang dihadapi. Pada sisi lain, karakter utama berjuang melawan karakter penting lainnya dan berjuang menghadapi kekuatan alam semesta, menghadapi masyarakat, atau bahkan menghadapi sesuatu didalam dirinya sendiri (menghadapi perasaannya, emosinya, atau penyakit yang dideritanya).

Baca juga: Penjelasan dan Tips Membaca Cepat dengan Teknik Note Taking, Skimming, Scanning dan Speed Reading

References:
https://learningenglish.britishcouncil.org/general-english/stories
https://www.belajarbahasainggrisku.id/penjelasan-lengkap-short-stories-dalam-bahasa-inggris/

šŸ‘¤Siti Khomairoh
šŸ–¼Chiera_ceria
šŸ“©funvenchiera@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *