Penggunaan dan Contoh Article “a/an dan the” dalam Bahasa Inggris

Penggunaan dan Contoh Article “a/an dan the” dalam Bahasa Inggris

Scholars pasti sudah familiar dengan article “a, an, dan the.” Nah, pertanyaannya… Kapan kita menggunakan article “a, an, dan the?” Hehe kapan hayuk jawab gih, kan udah sering banget nemuin article tersebut dimana-mana. Jangan khawatir! Jangan panik! Yuk check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

1. Penggunaan Article “a”

Article “a” bermakna sebuah, seorang, seekor, sepiring, sebotol, dsb. Article “a” digunakan untuk menyatakan kata benda yang berjumlah tunggal (singular). Article “a” juga dipakai pada saat benda tersebut diawali oleh huruf konsonan. Selain itu, article “a” juga dipakai untuk kata benda yang berawalan huruf vokal, namun berbunyi konsonan. Lihat contoh pada tabel berikut!

Tabel 1. Contoh Article “a”

2. Penggunaan Article “an”

Article “an” juga bermakna sebuah, seorang, seekor, sepiring, sebotol, dsb. Article an digunakan untuk menyatakan kata benda yang berjumlah singular (tunggal yang jumlahnya hanya satu). Namun kegunaan article “a dan an” berbeda.

Article “an” digunakan ketika bertemu kata benda yang diawali huruf vokal. Article An juga digunakan pada saat kata benda yang berawalan dengan huruf konsonan, namun berbunyi vokal. Lihat contoh berikut!

Tabel 2. Contoh Article “an”

Baca juga: Clause vs Sentence: Penjelasan, Perbedaan, dan Contoh dalam Bahasa Inggris

3. Penggunaan Article “the”

Article “the” disebut juga sebagai definite article (artikel pasti) atau untuk menunjukkan benda secara khusus/spesifik. Article “the” digunakan untuk benda yang dapat dihitung (countable noun) dan benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun). Benda yang dapat/tidak dapat dihitung tersebut baik singular (tunggal/berjumlah satu) atau plural (jamak/lebih dari satu).

Apabila article “the” bertemu huruf hidup (vokal) atau huruf konsonan namun berbunyi vokal, maka berhati-hatilah karena article “the” dibaca “di”. Sedangkan article “the” ketika bertemu huruf mati (konsonan), maka tetap dibaca “dze.” Lihat contoh berikut!

Tabel 3. Contoh Article “the”

References:
https://www.wallstreetenglish.co.id/english-tips/penggunaan-a-an-dan-the-bahasa-inggris/
Murphy, Raymond. Essential Grammar in Use Second Edition. Cambridge University Press.
Pebrina, Dwi. (2019) Grammar Berbasis Latihan Seri 1. Diandra: Yogyakaarta
Zulfikar, Sadina. (2011). A Stepping Toward Mastering English Grammar. Qalam Media Pustaka: Jakarta.

👤 : Iretna Ayu Labibah
📧 : iretna.labibah@gmail.com
Ig : @iretna_labibah

Baca juga: Penjelasan, Contoh, dan Tipe Kalimat dalam Bahas Inggris: Simple, Compound, dan Complex Sentences

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *