Penjelasan dan Tips Membaca Cepat dengan Teknik Note Taking, Skimming, Scanning dan Speed Reading

Penjelasan dan Tips Membaca Cepat dengan Teknik Note Taking, Skimming, Scanning dan Speed Reading

Hai readers..
Sejauh ini teknik apa yang kalian pakai dalam membaca teks bahasa inggris? Skimming? Scanning? Atau tanpa teknik, asal baca aja?

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Okay readers, sepertinya kalian ngga asing dengan teknik skimming dan scanning ya kan ya kan? That’s right. Teknik tersebut cukup banyak dibahas dari kalangan manpun. Namun, kali ini kita akan membahas beberapa teknik tidak hanya skimming dan scanning. Yuk markicek!!

1. Taking Notes

Fungsi dari taking notes antara lain:
– Mengaitkan antara asosiasi, inferensi, dan gagasan
– Menekankan ke dalam hal-hal yang penting
– Menghidupkan daya ingat di kemudian hari

Dalam melakukan pencatatan akan cukup menghabiskan waktu yang cukup lama pada pembaca waktu tersebut dapat menggunakan waktunya untuk berpikir tentang konsep-konsep yang terdapat dalam bacaan tersebut. Ini akan meningkatkan kemampuan dan daya ingat memori karena, pikiran yang aktif dengan konsentrasi, dan juga catatan kembali catatan menjadi lebih cepat dan mudah. Ini akan meningkatkan kemampuan dan daya ingat memori karena, pikiran yang aktif dengan konsentrasi, dan juga catatan kembali catatan menjadi lebih cepat dan mudah.

2. Skimming

Teknik skimming adalah teknik membaca cepat untuk menemukan suatu gagasan umum atau intisari pada bagian buku. Ketika kamu melakukan teknik tersebut, kamu memiliki pertanyaan umum dari pikiranmu, terkadang kamu membutuhkan atau ingin mengetahui apa isi teks tersebut. Untuk memulai teknik skimming, kamu harus melakukan gerakan mata secara cepat dan harus fokus terhadap kata atau kalimat yang akan menjawab pertanyaan. Seringkali, cara ini dapat ditemukan pada awal dan akhir paragraf, dan di awal kalimat dari paragraf lain.

3. Scanning

Teknik scanning hanya digunakan ketika kamu butuh untuk menemukan jawaban yang lebih spesifik. Seringkali jawaban yang pendek dan berupa fakta. Untuk melakukan teknik ini, kamu harus fokus pada pertanyaan, kemudian tentukan topik secara umum yang dimaksud, kemudian tangkap jawaban dari pertanyaan tersebut dengan bantuan gerakan mata sampai menemukan paragraf yang relevan terhadapnya. Langkah yang terakhir, cukup fokus dan konsentrasi hanya pada jawaban pertanyaan.

Baca juga: Soal-Soal Pre-Test Reading

4. Speed Reading

Dalam teknik membaca cepat, teknik ini mengandalkan pikiran bawah sadar. Suatu hal yang dapat mempengaruhi membaca cepat adalah KEYAKINAN yang kuat bahwa pikiran bawah sadar kamu akan mampu menerima informasi dengan melalui teknik 1 halaman 1 detik sekalipun. Teknik ini sebenarnya tidak hanya teori namun hanya membutuhkan banyak belajar banyak berlatih dan tetap terus berlatih.

Speed reading berbeda dengan teknik skimming yang hanya menggunakan gerakan mata, sedangkan speed reading juga menggunakan jari. Selain itu teknik skimming menekankan pada gagasan utama pada bacaan. Sedangkan teknik speed reading ini, untuk mengukur seberapa cepat kata yang didapat dalam waktu yang ditentukan. Berikut beberapa panduan dalam membaca cepat:

  • Gerakkan jari atau dengan menggunakan pena untuk menunjuk kata-kata dalam membaca.
  • Seperti memindahkan jarimu dari satu garis ke garis yang lain, cobalah untuk melakukan lebih dari satu kata pada waktu yang sama.
  • Ketika kamu memiliki batasan waktu, maka ambillah beberapa bacaan yang ringan.
  • Lakukan secara terus menerus secepat mungkin dalam satu menit.
  • Lakukan dan kalkulasikan waktumu secara bertahap.
  • Ketika kamu dapat melakukan itu semua, lanjutkan dengan meningkatkan kecepatan membaca.
  • Mulailah dari awal bab dan coba membaca dari tiga baris dalam satu waktu.
  • Lakukanlah kembali dari awal bab dan cobalah membaca dengan kecepatan minimal lima menit.

References:
Mikulecky, Beatrice S. 2007. Advanced Reading Power: Extensive Reading, Vocabulary Building, Comprehension Skills, Reading Faster. Pearson Education: Longman.com
Shepherd, Peter. 1197. The Spee Reading Course ©. www.toolsfortransformation
Wang, Effendi. 2011. Membongkar Rahasia Teknik Baca Super Cepat. Jakarta: Penerbit Plus.
West, Clare. 1997. Reading Techniques for FCE. Channel Island: Georgian Press.

👤 : Iretna Ayu Labibah
📧 : Iretna.labibah@gmail.com
Ig : @iretna_labibah

Baca juga: Beberapa Strategi untuk Membaca Teks Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *