Penjelasan Tentang Word and Sentence Stress Part 1

Penjelasan Tentang Word and Sentence Stress Part 1

Hai para scholars hunter. Kali ini kita akan membahas terkait ‘word stress’. Word stress penting banget dipelajari agar kita lebih fasih dalam mengucapkan kata berbahasa Inggris. Kalau kata orang, biar layaknya ‘native speaker’. Nah biar tambah ngerti, mari simak uraian berikut ini!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Apakah Word Stress Itu?

Word stress adalah penekanan suku kata dalam satu kata. Biasanya diikuti perubahan nada atau tingkat suara dalam pengucapan. Penekanan bisa terjadi di awal, tengah atau akhir pada sebuah kata.

Aturan-Aturan dalam Penekanan Kata

  1. Core Vocabulary: Banyak kata benda dan kata kerja yang terdiri dari 2 suku kata. Contoh: SISter, BROther, MOther, WAter, PAper, TAble, COFfee, LOvely dan lain-lain.
  2. Prefix and suffixes: Ini biasanya tidak ditekankan dalam bahasa Inggris. Perlu diperhatikan: QUIetly, oRIGinally, deFECtive, dan seterusnya. (Perhatikan pengecualian pada beberap prefix, seperti Bicycle and DISlocate).
  3. Compound words: Kata–kata dibentuk dari kombinasi dua kata yang cenderung ditekankan pada kata pertama. Contoh: POSTman, NEWSpaper, TEApot, CROSSword, dan lain-lain.
  4. Words having a dual role: Kata yang bisa berfungsi sebagai kata benda dan kata kerja. Jika berupa kata kerja, penekanan ditekankan pada suku kata pertama. Jika berupa kata kerja, maka penekanan ditekankan  pada suku kata terakhir. Contoh: IMport (n), imPORT (v); REbel (n), reBEL (v); dan INcrease (n), inCREASE (v).

Untuk lebih paham, dengarkan rekaman suara berikut ini!

Baca juga: Kumpulan Soal-Soal Pre-Test Pronunciation

Level-Level Penekanan Kata

Sebenarnya dalam kata-kata yang memiliki suku kata lebih dari dua dapat memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Tentunya kita harus mempertimbangkan semua suku kata dalam hal tingkatan tekanannya. Contohnya pada kata ‘opportunity’. Kata tersebut memiliki lima suku kata dan 5 tekanan yang berbeda. Jones berpendapat bahwa penekanan kata membutuhkan modifikasi, maksudnya dipengaruhi oleh tingkat huruf vokal dan konsonan serta intonasi.

Banyak pendapat menetapkan ada tiga tingkatan, yaitu primary stress, sekunder stress dan unstress, seperti pada contoh berikut.

Dengarkan rekaman suara berikut ini!

Baca juga: Sistem Belajar Pronunciation Corner Level 2 By Scholars Official

Reference:
How To Teach Pronunciation (Gerald Kelly, 2000).

Written by: Afriska Aulia
afriskaaulia7@gmail.com
@afriskaalya14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *