Proper Noun: Pengertian, Contoh, dan Penggunaannya

Proper Noun: Pengertian, Contoh, dan Penggunaannya

Hello Scholars!

Kalian pasti mengetahui parts of speech kan? Nah, salah satu dari part of speech adalah noun. Noun adalah kata yang mewakili orang, tempat, objek, atau ide. Nah di salah satu jenis dari noun ada yang namanya proper noun. Jadi apa sih proper noun itu? Dari pada penasaran, lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Proper Noun

Proper noun adalah kata benda yang mengacu pada seseorang, tempat atau hal yang formal dan spesifik.  Huruf pertama dari proper noun selalu menggunakan huruf kapital. Proper noun membahas sesuatu yang lebih mendetail dari hal yang umum.  Biasanya kata benda ini antara lain digunakan untuk nama institusi, organisasi, hari, bulan, bangsa, agama, dan tempat. Contohnya: Asia, Pizza Hut, dan Jokowi.

Terdapat keterkaitan antara proper noun dan common noun. Jika proper noun adalah kata benda yang mengacu pada seseorang, tempat atau hal yang formal dan spesifik maka common noun merupakan nama-nama orang, tempat, benda, atau gagasan secara umum.

Karena common noun tidak menamai apa pun secara spesifik, maka penulisannya tidak dengan huruf kapital, kecuali berada di awal kalimat. Sedangkan proper noun penulisannya menggunakan huruf kapital di awal hurufnya. Jadi, common noun memiliki proper noun-nya. Contoh:

  • Tissue – Kleenex
  • Ocean – Atlantic Ocean, Indian Ocean
  • Country – Indonesia, Australia
  • Dog – Chihuahua, St. Berna

Baca juga:  TOEFL Structure Skill 1: Subject-Verb Agreement

Penggunaan Proper Noun

  1. Nama Orang Semua nama orang adalah proper noun. Seperti nama dari seseorang yang agung, terhormat, nama para penemu, filsuf, nama-nama fiksi yang berasal dari novel ataupun film dan nama orang pada umumnya seperti Zainab, Ahmad, Luhan. Contohnya: Aristosles, Avicenna, Muhammad.
  2. Nama tempat Nama tempat termasuk dari proper noun. Seperti nama nama kota ataupun tempat bersejarah. Contohnya: San Frasisco, Jakarta.
  3. Nama objek Nama objek yang dimaksud disini seperti nama suatu benda tertentu. Seperti nama suatu merek atau produk. Contohnya : The Quartermaster Warehouse, Kimia Farma.

Penggunaan “The” di Proper noun.

Beberapa macam proper noun menggunakan kata “The” sebelum kata benda tersebut disebutkan.

  1. Sebelum nama geografis seperti gunung, sungai, atau danau. Contohnya: The Himalaya.
  2. Sebelum nama yang berbentuk jamak seperti keluarga, kelompok danau atau pegunungan. Contohnya: the Hudson, the Rotschild, the Alpen mountains.
  3. Sebelum hal yang spesifik seperti peristiwa, jabatan, lembaga fasilitas umum dan surat kabar. Contohnya: the Prime Minister, the New York Times.
  4. Sebelum kata benda yang di ikuti oleh kata depan of. Contohnya: the State of Massachusetts.

Nah bagaimana teman teman penjelasan tentang proper noun kali ini. Terasa lebih mudah bukan? Jadi setelah belajar ini ayo kita terapkan penggunaan proper noun dengan baik dan benar!

Baca juga:  Prefix: Pengertian, Jenis, dan Contoh dalam Bahasa Inggris

References:

Abdolmaleki, D. S. 2012. “Proper Names in Translation: An Explanatory Attempt. Dapartement of English Faculty of Foreign Language, University of Ishafan, Iran https://www.wallstreetenglish.co.id/vocabulary/proper-noun https://www.perfect-english-grammar

  • Author: Namira Mutmainah
  • Email: iphone5namira@gmail.com
  • Instagram : namiiraamuth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *