Reading Strategies: Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca dalam Bahasa Inggris

Reading Strategies: Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca dalam Bahasa Inggris

Dear readersā€¦ Kali ini kita akan membahas strategi membaca dalam Bahasa Inggris. Bagaimana kesan kalian saat mendengar Reading? Apakah kalian mengaggapnya sulit? Atau gampang karena hanya Reading (membaca)?

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Well, kita perlu tau nih apa sih Reading itu? Reading (membaca) merupakan proses dinamis dimana pembaca mampu berinteraksi dengan teks atau tulisan untuk membangun makna atau pemahaman. Pada dasarnya, kemampuan membaca seseorang bisa menentukan seberapa baik ia bisa menyerap informasi yang ia dapatkan dari teks tulisan.

Karena kemampuan reading itu penting, kita harus mengasah kemampuan reading kita. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, kita perlu banyak berlatih dan memahami beberapa strategi. Mari simak beberapa strategi berikut ini:

Baca juga: Pre-test Reading Corner Level 2

1. Menentukan Tujuan Kita Membaca

Sebelum kita mulai memilih dan membaca sebuah teks bacaan, sebaiknya kita harus menentukan tujuan kita membaca terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kegiatan membaca kita lebih efektif. Kemampuan reading kita juga akan lebih terasah. Kita akan lebih fokus kepada tujuan tersebut dan teknik membaca kita pasti akan lebih terarah.

Berikut beberapa tujuan seseorang membaca:
a. Membaca untuk mencari tahu informasi terkini
b. Membaca untuk bersenang-senang atau hiburan
c. Membaca untuk belajar, dan masih banyak lainnya.

2. Memilih Teks Bacaan yang Tepat Sesuai Tujuan Bacaan Kita

Setelah mengetahui tujuan membaca, pasti kita akan mencari atau memilih buku yang akan kita baca. Misalnya, jika kita ingin mencari tahu tentang berita terkini, kita bisa memilih koran atau artikel berita di internet sebagai teks bacaan kita. Jika kita ingin bersenang-senang, kita bisa membaca novel atau komik.

Untuk memilih teks bacaan atau buku yang sesuai dengan tujuan membaca kita, kita bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:
a. Baca deskripsi singkat yang terletak di belakang sampul buku.
b. Lihat daftar isi untuk mencari tahu apakah ada bab yang relevan dengan informasi yang sedang kita cari.

Baca juga: Tips and Trick Reading tentang Understanding Finding Specific Information (Factual and Scanning Questions)

3. Menentukan Teknik Membaca

Ada beberapa teknik membaca yang perlu kita ketahui. Teknik membaca ini berdasarkan tujuan kita membaca. Teknik membaca ini akan membantu kita mencapai tujuan membaca kita lebih mudah dan cepat. Berikut macam-macam teknik membaca:

a. Skimming
Skimming adalah membaca cepat untuk mengetahui gambaran umum yang dituliskan di dalam teks bacaan. Teknik ini sangat berguna terutama ketika kita dihadapkan pada teks bacaan yang sangat panjang. Dengan skimming, kita bisa mencari tahu garis besar teks tanpa harus membaca keseluruhannya.

b. Scanning
Scanning adalah teknik membaca yang membutuhkan konsentrasi yang penuh. Scanning juga bisa cukup melelahkan. Namun, apabila kita telah menguasai teknik ini, kita akan dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan tanpa harus membaca teks bacaan secara keseluruhan.

Baca juga: Penjelasan dan Tips Membaca Cepat dengan Teknik Note Taking, Skimming, Scanning dan Speed Reading

c. Extensive Reading
Extensive reading melibatkan seseorang membaca teks dengan tujuan kesenangan dan mendalami kemampuan reading (membaca) pada umumnya. Teknik extensive reading ini lebih sering diterapkan oleh orang yang memang suka membaca dan menjadikan membaca sebagai hobi mereka. Adapun jenis bacaan yang biasanya sering menggunakan extensive reading untuk membacanya adalah novel, komik, dan lainnya.

d. Intensive Reading
Intensive reading melibatkan seseorang membaca teks secara terperinci dengan penugasan dan sasaran pembelajaran yang spesifik. Teknik ini membutuhkan konsentrasi penuh. Teknik ini juga bisa melelahkan, karena saat kita membaca kita diharuskan menganalisis teksnya dan mempelajari keseluruhan kata.

Adapun jenis bacaan yang bisa menggunakan intensive reading untuk membacanya adalah artikel berita, tulisan pendek, esai singkat, dan lainnya. Tulisan yang sering digunakan dalam intensive reading biasanya adalah teks pendek. Itu karena tujuan utama dari intensive reading adalah untuk memahami teks secara mendetail.

Baca juga: Beberapa Strategi untuk Membaca Teks Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca

References:
– Rebecca J. Baier, Reading Comprehension and Reading strategies (December, 2005)
– Reading strategy and the need of e-book features Lih-Juan ChanLin Department of Library & Information Science, Fu-Jen Catholic University, New Taipai City, Taiwan. Accepted 14 November 2011
– https://www.teachingenglish.org.uk/article/extensive-reading-0
– https://www.teachingenglish.org.uk/article/intensive-reading-0
– https://www.sederet.com/tutorial/bagaimana-cara-meningkatkan-kemampuan-membaca-dalam-bahasa-inggris/

šŸ‘¤Siti Khomairoh
šŸ“©Funvenchiera@gmail.com
šŸ–¼Chiera_ceria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *