Reflexive dan Emphatic Pronoun: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Reflexive dan Emphatic Pronoun: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Halo sobat Scholars!

Hari ini kita akan membahas salah satu hal di grammar yang sering sekali kita temui yaitu pronoun. Pronoun atau kata ganti adalah unsur dalam part of speech yang berfungsi sebagai kata ganti benda. Walaupun disebut kata ganti benda, kata yang digantikan ini bisa berupa orang, hewan, ataupun benda. Nah kita akan membahas salah satu jenis dari pronoun!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Reflexive Pronoun

Reflexive pronoun adalah kata ganti yang memberi penegasan pada subjek atau objek dan ditunjukkan untuk diri sendiri. Kata ganti ini mendapat akhiran – self untuk bentuk tunggal, dan akhiran –selves untuk bentuk jamak. Menggunakan kata ganti reflexive berarti tidak perlu mengulang penggunaan subjek. Yang terdiri dari:

  • Myself  = Saya sendiri
  • Yourself/yourselves = Kamu sendiri/kalian sendiri
  • Themselves = Mereka sendiri
  • Ourselves = Kami sendiri
  • Himself = Dia sendiri (laki-laki)
  • Herself =Dia sendiri (perempuan)
  • Itself = Dia sendiri (benda atau binatang

 Contohnya:

  • John pinched himself.
  • My father cooked this meal himself.

Baca juga: Antecedent: Pengertian dan Contoh Penggunaanya

Pengertian Emphatic Pronoun

Emphatic pronoun adalah kelanjutan dari reflexive pronoun dimana emphatic pronoun adalah sebuah penegasan terhadap subjek, yang harus menggunakan reflexive pronoun. Emphatic pronoun digunakan untuk menegaskan subyek (kata benda) atau obyek (kata ganti). Emphatic pronouns diletakkan setelah subjek atau personal pronouns.

Contohnya:

  • The Queen herself attended the party.
  • I myself must change.

Perbedaan Reflexive dan Emphatic Pronoun

Dapat kita lihat bahwa adanya kesamaan antara reflexive dan emphatic pronoun. Hanya saja jika dilihat lebih jeli lagi maka akan terlihat perbedaan satu sama lain. Kali ini kami akan melampirkan perbedaan antara reflexive dan emphatic pronoun.

1. Reflexive menggunakan kata gantinya setelah verb sedangkan emphatic dapat digunakan setelah personal pronoun atau subject.

2.  Reflexive pronouns digunakan untuk menyatakan “diri sendiri” sedangkan emphatic digunakan untuk menegaskan subyek (kata benda) atau obyek (kata ganti).

3. Emphatic pronoun merupakan kata yang dipergunakan untuk menunjukkan kata benda atas dirinya sendiri dan juga harus menjadi penguat pengertian kata bendanya tersebut sedangkan reflexive itu harus ada personal pronoun setelahnya walaupun sama-sama menggunakan kata yang berakhiran self.

Politics Vocabulary: Kosa Kata Politik, Arti, dan Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris

Reference

https://www.grammar-monster.com/glossary/reflexive_pronouns.htm https://www.grammar-monster.com/glossary/emphatic_pronouns.htm https://www.ilmubahasainggris.com/reflexive-pronoun-pengertian-dan-contoh-kalimatnya-dalam-bahasa-inggris/ https://www.studybahasainggris.com/pengertian-penggunaan-dan-contoh-kalimat-the-emphatic-pronoun/

Author: Namira Mutmainah

Instagram: namiiraamuth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *