Tips and Trick Reading Tentang Guessing Word Meaning 2: Finding Clues from Synonyms, General Context and Surrounding Words

Tips and Trick Reading Tentang Guessing Word Meaning 2:
Finding Clues from Synonyms, General Context and Surrounding Words

1. Definisi Guessing Word Meaning

Guessing Word Meaning adalah jenis pertanyaan yang menyuruh kita untuk mensubtitusikan kata atau phrasa yang ada di soal yang berada didalam teks dengan kata atau phrase lainnya yang memiliki arti yang dekat dengan itu. Kebanyakan pertanyaan tersebut tentang single words biasanya berupa noun,verbs,adjective and averbs .Akan tetapi kadang dua atau tiga phrase. Contoh questions yang digunakan untuk menanyakan pertanyaan ini adalah “The word “…..” in line 5 closest in meaning to ……?”.

Baca Juga : Jasa Penerjemah Tersumpah

2. Clues Of Guessing Word Meaning 2: Synonyms, General Context and Surrounding
Words

Jika kata atau phrasa yang ditanyakan tidak familiar bagi kamu kamu dapat menggunakan beberapa clue diantaranya :

a. Synonyms
b. General Context
c. Surrounding Words

a. Synonyms

Untuk menemukan makna terdekat dari kata yang ditanya dari soal kita bisa menemukan jawabannya dengan mengetahui synonym dari kata tersebut.
Ex : Smart : Clever

b. General Context

Memilih kata yang disesuaikan dengan context isi kalimat yang merupakan bagian dari kata yang ditanyakan.

Ex : In a desert, vegetation is so scanty as to be inpacable of supporting any large humans population.

Mungkin kata scanty bagi sebagian orang itu tidak familiar, jadi untuk mengetahui artinya mungkin kita bisa artikan sebagian makna dari kalimat tersebut tanpa harus mengartikan kata scanty.
Dari kalimat tersebut dapat diartikan bahwa di gurun pasir vegetasi… tidak mampu mendukung populasi manusia yang besar. Karena keberadaan vegetasi yang tidak mampu mendukung populasi manusia dapat disimpulkan bahwa vegetasi itu langka untuk ditemukan sehingga scanty memiliki makna langka dan kata yang palling dekat dari sacnty adalah scarce atau barrely sufficient. Inilah yang dimasukkan dengan general context.

c. Surrounding Words

Dengan memperhatikan kata-kata yang ada disekitar sebelum kata yang ditanyakan pada soal , kita bisa menjadikan kata tersebut untuk clue agar dapat menemukan kata yang memilki makna terdekat dari kata di soal tersebut.

Ex: Yeash, especially those of the genus Soccharomcen, have long been commercial importance .As the chieft agents of alcoholic fermentation, they are essential to the making of beer,wine and other alcoholic beverages and industrial alcohol..
The word “essential” in line 4 can best be replaced by Important.
Ini karena sebelum kata essential , surrounding words yang bisa kita jadikan clue adalah kata as the chieft agents yang disini bisa diartikan sebagai agent utama dan dari kata chieft dapat kita cari kata yang paling dekat adalah important atau penting karena yang utama pasti menjadi hal yang penting. Maka essential memilki makna yang lebih dekat dengan kata Important.

3. Strategi Guessing Word Meaning 2 : Synonyms, General Context and Surrounding Words

1.Temukan word yang ingin dicari dalam bagian baris yang ditanyakan di soal

2.Baca kalimat yang dimana lokasi kata tu berada.

3.Perhatikan clue apa yang bisa dijadikan petunjuk dari kalimat tersebut seperti restatement,punctuation or examples untuk membantu kamu mengidentifikasi arti dari kata tersebut.

4.Pilih jawaban yang paling tepat berdasarkan clue yang telah ditemukan dari kalimat tersebut

REFERENCES

1.Rogers,B.2011.The Complete Guide to the TOEFL Test 2 nd Edition. Heinle Cengage Learning: USA.

2.LIA Preparation Course for the TOEFL Test 1

Winda Yuliani Panjaitan windayuliani.0207@gmail.com ig:windayulianipanjaitan

Baca Juga: Tips and Trick Reading Tentang Guessing Word Meaning 1: Finding Clues from Punctuations, Restatements and Examples.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *