TOEFL Reading Comprehension Skill 1: Answer Main Idea Questions Correctly

TOEFL Reading Comprehension Skill 1: Answer Main Idea Questions Correctly

Halo Scholars!!

Dalam test TOEFL Reading Comprehension biasanya muncul soal yang menanyakan tentang ide keseluruhan dalam sebuah bacaan atau yang bisa disebut overall ideas in the passage. Tipe pertanyaan yang paling umum adalah terkait main idea, topic, title, dan subject. Selain itu, terdapat juga pertanyaan tentang bagaimana sebuah informasi dalam bacaan terbentuk.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Skill 1: Answer Main Idea Questions Correctly

Hampir dalam semua teks bacaan pada Reading Comprehension akan memiliki pertanyaan terkait main idea dalam bacaan tersebut. Jenis pertanyaannya pun beragam seperti, identify the topic, subject, title, primary idea, or main idea. Pertanyaan seperti ini intinya adalah ingin menanyakan apa yang dibahas oleh penulis pada teks bacaan tersebut. Tidak sulit untuk menemukan hal ini karena biasanya akan terletak pada awal paragraf. Jika dalam sebuah teks bacaan hanya terdiri oleh satu paragraf, maka cukup perhatikan awal paragrafnya saja.

Contoh:

Pada kalimat pertama teks bacaan tersebut membahas tentang perbedaan di antara gagasan dari ‘intelligence’ dan ‘reasoning’ dalam filosofi yang dibawakan oleh John Dewey, bisa jadi hal ini adalah topik dalam bacaan tersebut. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memperhatikan pilihan jawaban yang paling dekat dengan topik yang telah ditentukan. Jawaban A hanya menyebutkan intelligence, jadi jawaban tersebut tidak tepat. Jawaban B menyebutkan perbedaan yang dibawakan oleh John Dewey tetapi tidak menjelaskan secara spesifik tipe dari perbedaan tersebut. Jawaban C juga tidak lengkap karena hanya menyebutkan reasoning. Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang paling tepat adalah D karena secara lengkap menyebutkan bagaimana intelligence dan reasoning berbeda dari persepsi John Dewey.

Baca juga: TOEFL Written Expression Skill 57: How to Distinguish Like, Alike, Unlike, and Dislike

Namun, jika dalam teks bacaan tersebut terdapat lebih dari satu paragraph, maka perhatikan awal kalimat dari setiap paragraph dalam bacaan tersebut.

Dalam teks bacaan tersebut terdapat lebih dari satu paragraf, maka pastikan untuk membaca awal kalimat dari setiap paragraph untuk menentukan subject, title, atau main idea. Pada contoh kedua, paragraph pertama menjelaskan tentang the process of nitrogen fixation. Jika hanya membaca paragraph pertama, maka jawaban yang akan dipilih adalah jawaban A yang sebenarnya hanya cocok untuk judul paragraph pertama saja. Selanjutnya, kalimat pertama pada paragraph kedua menjelaskan tentang the process of denifrication. Jadi jawaban C tidak tepat karena the return of nitrogen to the air adalah the process of denifrication yang hanya dibahas pada paragraph kedua saja. Maka dapat disimpulkan jawaban yang paling tepat adalah B, the two nitrogen processes adalah nitrogen fixation yang dijelaskan pada paragraph pertama dan denitrification yang dibahas pada paragraph kedua.

Baca juga: TOEFL Written Expression Skill 58: How to Distinguish Other, Another, and Others

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *