TOEFL Reading Comprehension Skill 13: Determine The Tone, Purpose, or Course

TOEFL Reading Comprehension Skill 13: Determine The Tone, Purpose, or Course

Halo Scholars!!

Dalam soal TOEFL Reading Comprehension biasanya juga akan menanyakan soal terkait tone of the passage, author’s purpose dalam menulis teks bacaan tersebut, dan the course yang digunakan dalam teks bacaan tersebut.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Soal yang menanyakan tentang tone akan membahas emosi apa yang ditunjukkan oleh penulis dalam teks bacaan yang ditulisnya. Sebagian besar dari teks bacaan pada soal TOEFL merupakan fakta yang ditampilkan tanpa menunjukkan emosi, sedangkan tone dari sebuah teks bacaan bisa berupa informational explanation atau faktual. Terkadang, penulis juga akan menunjukkan emosi dan untuk menjawab soal tersebut kalian harus bisa untuk mengenali emosi tersebut. Jika penulis mencoba untuk menjadi lucu maka tone dalam bacaan tersebut adalah humorous, namun jika penulis membuat lucu dari suatu hal atau kejadian maka tone dalam bacaan tersebut adalah sarcastic.

Contoh:

Soal pertama menanyakan tentang tone dari bacaan tersebut. Untuk menentukan tone dari bacaan tersebut, kalian harus menemukan petunjuk terkait emosi yang ada pada teks bacaan. Pada bacaan tersebut, penulis menggunakan fakta sejarah untuk menulis pernyataan tentang America’s sentiment against military awards. Sehingga dapat disimpulkan, jawaban yang paling tepat adalah D.

Baca juga: TOEFL Reading Comprehension Skill 11: Use Context to Determine Meanings of Simple Words

Soal kedua menanyakan tentang tujuan penulis untuk menulis teks bacaan tersebut. Untuk menjawab soal tersebut, kalian harus merujuk pada main idea dari teks bacaan pada kalimat pertama. Main idea pada teks bacaan tersebut adalah there has been strong sentiment against military awards in the United States because military awards are symbols of royalty. Penulis memberikan fakta sejarah tentang military awards sebagai detail untuk mendukung main idea. Jadi jawaban yang paling tepat adalah B

Soal terakhir menanyakan tentang course pada teks bacaan. Untuk menarik kesimpulan terkait hal tersebut, kalian harus merujuk pada topik dari teks bacaan dan detail keseluruhan dari teks bacaan. Karena, teks bacaan ini membahas tentang American military awards, maka jawaban yang paling tepat untuk soal tersebut adalah C.

Quick Summary:

Baca juga: TOEFL Reading Comprehension Skill 12: Determine Where Specific Information is Found

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *