TOEFL Reading Comprehension Skill 4: Find Unstated Details

TOEFL Reading Comprehension Skill 4: Find Unstated Details

Halo Scholars!!

Dalam soal TOEFL Reading Comprehension, terkadang kalian juga diminta untuk menjawab soal yang jawabannya tidak disebutkan dalam sebuah teks bacaan. Pertanyaan dengan tipe soal seperti ini memiliki makna yang jawabannya dinyatakan, disebutkan, atau benar dalam sebuah teks bacaan, dan satu jawaban yang lainnya tidak tepat.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Terdapat dua jenis jawaban pada tipe soal ini, yang pertama ketiga pilihan jawabannya tepat dan yang satu lagi tidak tepat berdasarkan teks bacaan, atau terdapat tiga pilihan jawaban benar dan satu jawaban yang tidak disebutkan dalam teks bacaan.

Perhatikan contoh berikut:

Pertanyaan di atas menanyakan terkait satu jawaban yang tidak tepat tentang kata ‘gadget’, jadi dapat dipastikan ketiga jawaban di atas adalah benar dan satu jawaban lagi tidak tepat. Selanjutnya, perhatikan kata ‘gadget’ dalam teks bacaan tersebut dan temukan informasi yang tidak tepat. Jawaban A, C, dan D adalah tepat berdasarkan teks bacaan, jadi pilihan jawaban tersebut tidak tepat. Jawaban B adalah jawaban yang memberikan informasi yang tidak tepat, pada teks bacaan dapat ditemukan jika kata ‘gadget’was first used by British sailors in the 1850s, yang berarti di tengah abad ke-19. Maka dapat disimpulkan jika jawaban B adalah jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan ini.

Baca juga: TOEFL Reading Comprehension Skill 2: Recognize The Organization of Ideas

Pertanyaan selanjutnya menanyakan tentang satu jawaban yang tidak disebutkan dalam teks bacaan tersebut, jadi ketiga jawaban yang lain dapat ditemukan dalam teks bacaan dan jawaban yang satunya tidak. Perhatikan pilihan jawaban dan teks bacaan secara rinci, kata gadget, thingamabob, dan doohickey dapat ditemukan dalam teks bacaan. Jadi, jawaban kedua, ketiga, dan keempat dapat dipastikan benar. Sedangkan kata ‘what-is-it’ tidak dapat ditemukan dalam teks bacaan. Sehingga, dapat disimpulkan jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan ini adalah A.

Quick Summary:

Baca juga: TOEFL Reading Comprehension Skill 3: Answer Stated Detail Questions Correctly

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *