TOEFL Reading Comprehension Skill 6: Answer Implied Detail Questions Correctly

TOEFL Reading Comprehension Skill 6: Answer Implied Detail Questions Correctly

Halo Scholars!!

Dalam soal TOEFL Reading Comprehension, akan ada soal menanyakan tentang jawaban yang secara tidak langung dinyatakan dalam teks bacaan. Untuk dapat menjawab pertanyaan ini dengan tepat, kalian harus membuat kesimpulan dari informasi yang telah disediakan pada teks bacaan. Dua jenis pertanyaan terkait topik ini yang biasanya ditanyakan adalah implied detail question dan transisition questions.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Skill 6: Answer Implied Detail Questions Correctly

Pada soal dengan tipe pertanyaan seperti ini akan meminta kalian untuk membuat kesimpulan secara rinci dan spesifik dari teks bacaan yang tersedia. Pertanyaan dari tipe ini akan mengandung kata-kata seperti implied, inferred, likely, atau probably untuk dapat menjawab soal yang jawabannya tidak secara langsung disebutkan dalam teks bacaan. Oleh karena itu, penting untuk kalian membuat kesimpulan dari informasi yang dapat diperoleh dari teks bacaan.

Contoh:

Pada contoh soal tersebut menanyakan kata yang kemungkinan bukan kata yang berasal dari Hawaii. Untuk menjawab pertanyaan ini, kalian harus merujuk bagian dari teks bacaan yang menyebutkan tentang bahasa Hawaii dimana dua konsonan tidak pernah muncul secara bersamaan. Dari pernyataan ini maka dapat disimpulkan jika jawaban C. meklea kemungkinan bukan merupakan kata yang berasal dari Hawaii karena terdapat konsonan k dan l yang terletak secara berdekatan. Sehingga, jawaban C adalah yang paling tepat untuk contoh soal tersebut.

Baca juga: TOEFL Reading Comprehension Skill 4: Find Unstated Details

Pertanyaan selanjutnya menanyakan apa yang disebutkan dalam teks bacaan terkait luau. Untuk menjawab pertanyaan ini, kalian harus merujuk pada teks bacaan yang menyebutkan informasi tentang luau, yang menyatakan luau where everyone eats too much. Berdasarkan informasi ini, maka dapat disimpulkan jika luau is a feast, which is a very large meal. Sehingga a feast merupakan jawaban yang paing tepat untuk contoh soal tersebut.

Quick Summary:

Baca juga: TOEFL Reading Comprehension Skill 5: Find Pronoun Referents

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *