TOEFL Reading Comprehension Skill 8: Find Definitions from Structural Clues

TOEFL Reading Comprehension Skill 8: Find Definitions from Structural Clues

Halo Scholars!!

Dalam soal TOEFL Reading Comprehension akan ada beberapa soal yang menanyakan tentang vocabulary. Untuk menjawab tipe soal seperti ini, tentunya akan sangat membantu sekali jika kalian mengerti makna dari kata yang ditayakan pada soal TOEFL tersebut. Namun, kalian tidak harus selalu mengerti makna dari kata tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menemukan jawaban yang paling tepat untuk menjawab tipe soal tersebut, yaitu:

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

1. Menemukan definisi dari petunjuk struktural,
2. Menentukan makna dari bagian kata, dan
3. Menggunakan petunjuk dari konteks yang ada untuk menentukan makna katanya.

Skill 8: Find Definitions from Structural Clues

Ketika kalian diminta untuk menentukan makna dari sebuah kata pada soal TOEFL Reading Comprehension, maka kemungkinan teks bacaan tersebut menyediakan informasi tentang makna pada kata yang ditanyakan dan bisa juga terdapat petunjuk struktural yang memberikan informasi terkait kata yang ada dalam teks bacaan tersebut.

Contoh:

Soal tersebut menanyakan makna dari kata behaviorism. Untuk menjawab pertanyaan ini, kalian harus memperhatikan bagian dari teks bacaan yang menyebutkan tentang kata behaviorism. Tanda baca berupa (-) mengindikasikan jika terdapat definisi atau informasi lebih lanjut terkait behaviorism. Setelah tanda baca terdapat informasi jika behaviorist is interested in behavior, which is observable, jadi dapat disimpulkan jika jawaban yang paling tepat untuk soal di atas adalah C.

Baca juga: TOEFL Reading Comprehension Skill 6: Answer Implied Detail Questions Correctly

Soal yang selanjutnya menanyakan tentang makna dari positive reinforcement. Untuk menjawab soal tersebut, kalian juga harus memperhatikan bagian dari bacaan yang membahas tentang positive reinforcement. Such as pada bacaan tersebut mengindikasikan contoh dari positive reinforcement yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. Setelah itu, kalian memperhatikan contoh dari positive reinforcement, kalian bisa menarik kesimpulan tentang apa itu positive reinforcement. Berdasarkan teks bacaan, contoh dari positive reinforcement dapat berupa praise, food, atau money. Sehingga dapat disimpulkan jika jawaban yang paling tepat untuk soal di atas adalah reward.

Soal yang terakhir menanyakan tentang makna yang mirip dari negative reinforcement. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian juga harus memperhatikan bagian dari teks bacaan yang membahas tentang negative reinforcement. Kata-kata yang mengikuti negative reinforcement pada teks bacaan tersebut menujukkan tentang gagasan yang akan dinyatakan dengan kata-kata yang berbeda. Jadi dapat disimpulkan jika jawaban yang paling tepat untuk soal tersebut adalah punishment.

Quick Summary:

Baca juga: TOEFL Reading Comprehension Skill 7: Answer Transition Questions Correctly

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *