TOEFL Reading: Skill 6: Answer Implied Detail Questions Correctly

  • January 26, 2021
  • TOEFL

TOEFL Reading: Skill 6: Answer Implied Detail Questions Correctly

Halo Scholars . . .
Pada artikel kali ini kita akan membahas materi TOEFL. Menurut kalian skill apa yang paling sulit? Jika jawaban kalian adalah TOEFL Reading, maka kalian ada di artikel yang tepat. Apakah TOEFL Reading harus banyak baca? Harus baca keseluruhan teks? Tidak dong, kali ini kita akan mengetahui salah satu skill atau tips menjawab soal TOEFL Reading. Okay, go!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Okay teman-teman Scholars, dalam TOEFL Reading Comprehension, kita akan diminta untuk menjawab pertanyaan dengan membuat sebuah kesimpulan dari sebuah spesifik detail atau detail-detail yang ada dalam passage tersebut. Jadi, pertanyaannya akan menggunakan kata-kata seperti implied, inferred, likely, atau probably untuk memberitahu kalian bahwa the answer to the question is not directly stated (jawaban dari pertanyaanya tidak dinyatakan secara langsung).

So, ini sangat penting untuk diperhatikan. Karena tidak ada jawaban yang directly stated in the passage. Nah, karena tidak ada, maka kita dipaksa untuk berpikir lebih jauh dengan cara menyimpulkan jawabannya berdasarkan dari petunjuk yang ada dalam passage nya.

Contoh: She will be moving to California 2 weeks later.

Where is she now? Dari pernyataan tersebut pasti kalian akan berpikir bahwa dia saat ini tidak ada di California. Teman-teman akan berpikir bahwa dia ada di tempat lain, selain California karena pada pernyataan di atas, dia akan berpindah ke California 2 minggu lagi.

Kita perlu untuk bisa paham dengan textnya. Jika tidak, maka kita akan kesulitan untuk draw the conclusion dan menjawab pertanyaan. Pertanyaannya akan menanyakan hal yang tidak disebutkan di dalam passage secara langsung.

Apa saja contoh pertanyaan terkait dengan topik ini?
Berikut contoh pertanyaanya:

  • It is implied in the passage that …
  • It can be inferred from the passage that …
  • It is most likely that …
  • What probably happened …?

Example:

1. Which of the following is probably ‘NOT’ a Hawaiian word?
a. Mahalo
b. Mahimahi
c. Meklea
d. Moana
The correct answer is C. Meklea

Which of the following is probably ‘NOT’ a Hawaiian word. Dalam teks, diberikan beberapa ciri-ciri dari ‘hawaiian word’ yang salah satunya adalah ‘two consonants never appear together’. Jika dilihat dalam opsi, apakah ada opsi yang memenuhi kriteria ini? Jawabannya adalah: ada, 1 opsi yakni C, Meklea. Dari kata ini, ada huruf konsonan ‘k dan l’ yang muncul secara bersamaan pada satu kata. Sedangkan rule dari Hawaiian word adalah tidak boleh ada 2 huruf konsonan yang muncul secara bersamaan. So, this word ‘is not’ a Hawaiian word. Jadi inilah jawabannya.

Baca juga: TOEFL Listening: Skill 5: Listen for Who and What in Passive

Reference:
Longman Preperation Course For the TOEFL Test. White Plain N.T: Pearson Education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *