TOEFL Reading: Tips dan Trick Menjawab Soal Main Idea

TOEFL Reading: Tips dan Trick Menjawab Soal Main Idea

Hello Scholars, pernah ngga sih kalian join real test TOEFL? At least TOEFL Prediction Test. Kuy, kalau belum pernah coba deh biar makin tahu sensasinya *ups bukan lagi uji adrenalin yah! Biar makin kenal dong pastinya dengan yang namanya TOEFL.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Nah Scholars, jika kalian pernah join test tersebut pasti kalian familiar dengan bagian-bagian dari TOEFL. Ada berapa sih? Apa saja hayo tebak! Ada 3, 4, atau 5 kah? That’s right ada 3 bagian nih Scholars, yakni TOEFL Listening Test, TOEFL Structure and Written Expressions, dan yang ketiga adalah TOEFL Reading Comprehension Test.

Scholars, dalam artikel kali ini kita akan bahas pada bagian TOEFL Reading Comprehension Test yang berdurasi 55 menit dalam jumlah soal 50 pertanyaan. So, Scholars bisa dibayangin dulu yah dari sekian banyak soal reading, kurang lebih dibutuhkan waktu 1 menit untuk menjawab tiap pertanyaannya (uh mantap). Kuncinya adalah, MANAGE YOUR TIME AS WELL AS POSSIBLE!!!

Dari sekian soal pasti kalian akan menemukan berbagai variasi pertanyaan seperti: including main idea questions, directly answered detail questions, and implied detail questions. Selain itu, ada juga pertanyaan tentang vocabulary questions. In this section, soal tersebut akan menanyakan makna kata yang dimaksud. Langsung saja Scholars, berikut adalah beberapa tips dan trick yang dapat diterapkan dalam mengerjakan TOEFL Reading Comprehension dalam menjawab soal main idea:

1. Be Familiar with The Directions

Dalam setiap tes, semua directionnya hampir sama, it’s not necessary to spend time reading those directions. You have to understand better about the direction! Jadi, kunci yang pertama pahami petunjuk pengerjaan soal terlebih dahulu okay! Karena dengan memahami petunjuk pengerjaan kalian akan lebih tahu apa yang diinginkan dari soal tersebut.

2. Do Not Spend Too Much Time Reading The Passages

Remember!! You don’t have to spend a lot of times understanding in depth all of the passages. Intinya Scholars jangan sampe ngehabisin waktu untuk membaca semua-muanya deh. Kalian hanya perlu untuk fokus pada kalimat pertama untuk mendapatkan main idea atau langsung saja melompat terhadap pertanyaan sebelum memulai membaca.

3. Don’t Worry If A Reading Passage Is On A Topic That You Are Unfamiliar With

Jangan terlalu memusingkan persoalan yang kalian tidak memahami semua maknanya. Why? Karena semua jawabannya terdapat di dalam text, jadi kalian tak perlu mengetahui topik secara keseluruhan untuk menjawab topik dari setiap pertanyaan yang diberikan. So, pastikan jawaban yang ada dalam multiple choice sesuai dengan text yang dimaksud.

Baca juga: Sistem TOEFL Reading Corner Januari by Scholars Official

4. Never Leave Any Answers Blank On Your Answer Sheet, Just See the Key Word

Scholars, jangan sampai melewatkan satu soal tanpa menjawabnya. Asal kalian tahu ya… jawaban salah tidak akan mengurangi skor kalian kok. Nah, sayang banget kan kalau kalian melewatkan pertanyaan yang kalian ragu-ragu atau yang tidak bisa menjawab. Gimana sih caranya? Kalian cukup cari aja jawaban yang kurang lebih mengacu pada kata kunci (key word) yang sering diulang-ulang dalam teks reading pada bagian awal, tengah, atau akhir kalimat terutama dalam bagian kesimpulan.

5. Answer Main Idea Questions Correctly

Main idea adalah kunci utama dari apa yang penulis ingin sampaikan. Hampir setiap tes soal TOEFL Reading memiliki pertanyaan tentang main idea. Namun, kata-kata untuk menanyakan main idea identik berubah-ubah, yang mana inti dari pertanyaan tersebut meminta kalian untuk mengidentifikasi mengenai: Topic, Subject, Title, Primary Idea, or Main Idea. Berikut ini adalah beberapa jenis pertanyaan seputar main idea questions.

  • What is the topic of the passage?
  • What is the subject of the passage?
  • What is the main idea of the passage?
  • What is the author’s main point in the passage?
  • With what is the author primarily concerned?
  • Which of the following would be the best title?

Well Scholars, setelah mengetahui pertanyaan mengenai main idea, yuk cek contoh soal berikut!

What is the topic of this passage?

a. The intelligence of Jon Dewey.
b. Distinction made by Jon Dewey.
c. Dewey’ ideas on the ability to reason.
d. How intelligence differs from reasoning in Dewey’s works.

Dari soal di atas, hanya terdapat satu paragraf saja. Langsung saja fokus ke kalimat pertama dari paragraf yang kemungkinan mengandung main idea dari passage ini. Meskipun pertanyaannya adalah ‘what is the topic’, namun hal ini merujuk pada ‘what is the main idea’ dari passage ini.

Untuk opsi A, di kalimat pertama tidak menyinggung sama sekali tentang intelligence dari ‘Jon Dewey’. So, opsi ini kita tidak benarkan. Lanjut ke opsi B, sepertinya bisa menjadi jawaban karena ada kata distinction. Namun, opsi ini kurang jelas menjelaskan tentang distinction yang dibuat oleh si Jon. Distinction atau perbedaan ini bisa apa saja. Untuk opsi C, tidak disebutkan tentang ‘ability to reason’ pada kalimat pertama.

So, Scholars… The best answer is D. How intelligence differs from reasoning in Dewey’s works. Why? Karena kalimat ini secara eksplisit mengatakan bahwa intelligence itu berbeda dengan ‘reasoning’ atau adanya perbedaan ‘distinction’ antara keduanya.

References:
http://www.geniuslang.com/toefl/tips-toefl/tips-dan-trik-tes-toefl-reading-compehension
Philips, Deborah. 2003. Longman Preparation Course for the TOEFL Test, The Paper Test. White Plains, New York: Longman.
Pyle, Michael. A Cliffs Test Preparation TOEFL CBT. IDG Books Wordlwide, Inc.

👤: Iretna Ayu Labibah dan Arty Ningrin Manafe
📧: iretna.labibah@gmail.com
Ig : @iretna_labibah

Baca juga: Perbedaan Penggunaan Although-Though, Even Though-If, While, dan Whilst beserta Contoh Kalimat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *