TOEFL Structure Skill 2 & 3: Be Careful of Object of Preposition and Appositives

TOEFL Structure Skill 2 & 3: Be Careful of Object of Preposition and Appositives

Halo Scholars!!

Kalau kemarin kita udah bahas bahwa dalam setiap kalimat harus ada kesesuaian antar subject dengan verb atau di Bahasa Inggris biasa disebut dengan Subject-Verb Agreement. Kali ini kita akan belajar tentang Object of Preposition yang seringkali disalahartikan sebagai subject dalam sebuah kalimat.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Skill 2: Be Careful of Objects of Prepositions

Object of a preposition adalah kata benda atau kata ganti benda yang muncul setelah preposition atau kata depan. Contohnya seperti in, at, of, to, by, behind, dan on yang membentuk prepositional phrase atau frasa preposisi. Jadi frasa preposisi adalah frasa yang terdiri dari preposisi dan objek preposisi (Object of Preposition) yang menerangkan mengenai tempat dan waktu dalam sebuah kalimat.

Contoh:

(After his exams) Tom will take a trip (by boat)
Kalimat di atas memiliki dua objek preposisi. Exams adalah objek dari preposisi after dan boat adalah objek dari preposisi by.

Baca juga: Cardinal and Ordinal Number: Pengertian, Penggunaan, dan Contoh

Contoh soal:

With his friend ___ found the movie theater.
a. has
b. he
c. later
d. when

Kalimat di atas sudah memiliki verb ‘found’, namun belum memiliki subject. Meskipun friend adalah noun tapi ia bukanlah subject melainkan adalah objek dari preposisi with. Sebuah noun tidak dapat berfungsi sebagai subjek dan objek disaat yang bersamaan. Untuk itu kita membutuhkan subjek agar kalimat ini menjadi lengkap dan utuh. Karena subject dapat berupa noun atau pronoun, maka jawaban yang paling tepat adalah B.

Quick Summary for Object of Prepositions:

Object of prepositions adalah preposisi yang diikuti oleh noun atau pronoun. Jika pada sebuah kalimat terdapat object of preposition, maka kata tersebut bukanlah subject.

Skill 3: Be Careful of Appositives

Appositive adalah noun atau noun phrase yang memberikan informasi lebih tentang noun atau pronoun lain. Dalam test TOEFL, appositive sering kali dianggap subject dari sebuah kalimat.

Contoh:

Sally, the best student in the class, got an A on the exam.
Pada contoh kalimat di atas, Sally adalah subject dari kalimat tersebut dan the best student in the class adalah appositive phrase. The best student disini berfungsi untuk memberikan informasi tentang Sally, jadi Sally dan the best student adalah orang yang sama. Perlu diketahui, jika pada kalimat ini appositive phrase dihilangkan, kalimat ini masih dapat dipahami.

Tonight’s supper, leftovers from last night, did not taste any better tonight than last night.
Pada contoh kalimat di atas, Tonight’s supper adalah subject dari kalimat di atas dan leftovers from last night adalah appositive phrase. Leftovers from last night berfungsi untuk menerangkan subject ‘Tonight’s supper’.

 Contoh soal:

  1. ____, George, is attending the lecture
    a. Right now
    b. Happily
    c. Because of the time
    d. My friend

Pada contoh soal di atas, George bukanlah subject dari kalimat di atas melainkan George adalah appositive. Jadi dalam kalimat ini masih membutuhkan subject, jawaban yang paling tepat untuk contoh soal ini adalah D. Jawaban A, B, dan C tidak tepat karena bukan merupakan subject.

2. ____, Sarah rarely misses her basketball shots.
a. An excellent basketball player
b. An excellent basketball player is
c. Sarah is an excellent basketball player
d. Her excellent basketball player

Pada contoh soal di atas, dapat disimpulkan bahwa appositive tidak selalu muncul setelah subject, appositive juga bisa terletak di awal kalimat. Sarah adalah subject dan misses adalah verb dalam kalimat ini. Jadi yang dibutuhkan oleh kalimat di atas adalah appositive, jawaban yang tepat adalah A. Jawaban B dan C tidak tepat karena mengandung verb ‘is’ sedangkan appositive tidak perlu verb. Jawaban D juga tidak tepat meskipun terdapat noun ‘play’.

Baca juga: Adjective Clause: Pengertian, Rumus, Jenis, dan Penggunaan

Quick Summary for Appositives:

Appositive adalah noun yang terletak sebelum atau setelah noun yang lain dan ditulis bersamaan dengan noun dan dipisahkan oleh koma. Jika sebuah kata adalah appositive, maka kata tersebut bukanlah subject.

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.
https://www.wallstreetenglish.co.id/belajar-grammar/prepositional-phrase/
https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/prepositional-phrase-dalam-bahasa-inggris/
https://www.eslwriting.org/teach-english-writing-tool-21-appositives/#:~:text=An%20appositive%20is%20a%20noun,appositive%20is%20my%20first%20dog
https://www.grammar-monster.com/glossary/appositive_apposition.htm#:~:text=An%20appositive%20is%20a%20noun,round%20brackets)%2C%20or%20dashes.

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *