TOEFL Written Expression Skill 32: Use Have and Had Correctly

TOEFL Written Expression Skill 32: Use Have and Had Correctly

Halo Scholars!!

Masih ingat nggak kalau dalam mengerjakan soal TOEFL ada empat hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan verb yang tepat? Kalau di artikel kemarin kita sudah mengetahui bagaimana penggunaan present dan past yang tepat, sekarang kita akan belajar bagaimana cara penggunaan have dan had dengan tepat. Bagaimana caranya? Yuk langsung aja simak artikel berikut ini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Dalam Bahasa Inggris selain penggunaan present dan past yang membingungkan, tentunya masih ada tenses lain yang juga sering kali membingungkan. Tenses lain tersebut adalah present perfect (have + past participle) dan past perfect (had + past participle). Kedua tenses tersebut tentunya memiliki cara penggunaan yang berbeda. Untuk dapat mengerjakan soal TOEFL, kalian harus mengetahui perbedaannya dengan benar.

Present perfect (have + past participle) digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi pada jangka waktu sejak masa lampau dan masih berlanjut hingga saat ini. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

Contoh:

Sue has lived in Los Angeles for ten years.
Pada contoh kalimat di atas memiliki makna bahwa Sue telah tinggal di Los Angeles selama 10 tahun sampai saat ini. Berdasarkan kalimat di atas juga dapat disimpulkan jika Sue masih tinggal di Los Angeles.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa present perfect digunakan untuk peristiwa yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut sampai saat ini. Untuk itu, kalimat akan salah jika hanya merujuk pada past tense saja.

Baca juga: TOEFL Written Expression Skill 29: Use The Present Participle or The Past Participle After Be

Contoh:

At the start of the nineteenth century, Thomas Jefferson has become president of the United States.
Pada contoh kalimat di atas terdapat frasa berupa at the start of the nineteenth century yang menjelaskan bahwa peristiwa tersebut hanya terjadi di masa lalu, namun verbnya menunjukkan jangka waktu yang dimulai dari masa lalu sampai saat ini. Untuk itu, makna dari contoh kalimat di atas menjadi tidak logis. Hal tersebut dapat dibenarkan jika kalimatnya menggunakan verb became.

Every time Jim worked on his car, he has improved it.
Pada contoh kalimat di atas terdapat klausa berupa Jim worked on his car. Jika dilihat dari penggunaan verb berupa worked, maka dapat disimpulkan bahwa peristiwa tersebut terjadi di masa lalu. Namun, terdapat klausa yang menyatakan he has improved it yang memiliki makna durasi waktu yang dimulai dari masa lalu hingga saat ini karena menggunakan present perfect. Hal tersebut dapat menjadi tepat jika menggunakan verb berupa improved.

Baca juga: TOEFL Written Expression Skill 30: Use The Base Form of The Verb after Will, Would, or Other Modals

Sedangkan past perfect (had + past participle) merujuk pada peristiwa yang dimulai di masa lalu dan berakhir di masa lalu, sebelum suatu hal yang lain terjadi di masa lalu. Perhatikan contoh berikut ini.

Contoh:

Sue had lived in Los Angeles for ten years when she moved to San Diego.
Kalimat di atas memiliki makna bahwa Sue tinggal di Los Angeles selama 10 tahun di masa lalu sebelum dia pindah ke San Diego di masa lalu. Dia tidak lagi tinggal di Los Angeles saat ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika past perfect dimulai di masa lalu dan berakhir di masa lalu. Maka sebuah kalimat akan salah jika menggunakan present tense.

Contoh:

Tom had finished the exam when the teacher collects the paper.
Kalimat di atas menunjukkan bahwa Tom finished the exam (di masa lalu) dan kejadian tersebut berakhir saat when the teacher collects the paper (saat ini). Untuk itu kalimat ini tidak tepat karena secara makna menjadi tidak logis. Tom menyelesaikan ujiannya di masa lalu dan kejadian tersebut berakhir ketika guru mengumpulkan lembar ujiannya. Kalimatnya akan tepat jika menggunakan verb berupa past tense yaitu collected.

Sentence Patterns:

TENSEFORM
Present perfecthave + past participle
Past perfecthad + past participle

Quick Summary:

Karena present perfect digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi di masa lalu dan masih berlanjut hingga saat ini, maka dari itu penggunaan present perfect tidak boleh digunakan dengan past tense. Berbeda halnya dengan past perfect yang digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi dan berakhir di masa lalu, maka penggunaan past perfect tidak boleh digunakan dengan present tense.

Baca juga: TOEFL Written Expression Skill 31: Use The Present and The Past Correctly

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.
Forum Tentor Indonesia. (2017). TOP No. 1 TOEFL . Yogyakarta: Forum Edukasi.

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *