TOEFL Written Expression Skill 35: Use Passive Form Correctly

TOEFL Written Expression Skill 35: Use Passive Form Correctly

Halo Scholars!!

Dalam Bahasa Inggris khususnya bagian written expression pada soal TOEFL sering ditemukan kalimat yang menggunakan bentuk pasif. Oleh karena itu penting untuk kita mengetahui cara menggunakan bentuk pasif dalam sebuah kalimat dengan tepat.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Perbedaan penggunaan kalimat bentuk aktif dan pasif adalah subjek pada bentuk aktif berfungsi sebagai yang melakukan aksi pada verb sedangkan subjek pada bentuk pasif berfungsi sebagai yang mendapatkan aksi dari verb. Terdapat dua cara untuk mengubah sebuah kalimat dari bentuk aktif menjadi bentuk pasif:

1. Subject dari kalimat bentuk aktif menjadi object dari kalimat bentuk pasif, sedangkan object dari kalimat aktif menjadi subject dari kalimat pasif.
2. Verb dari kalimat pasif dibentuk dengan meletakkan helping verb berupa be, selanjutnya menambahkan past participle dari verb tersebut.

Contoh:

Margaret wrote the letter.
The letter was written by Margaret.

Pada contoh pertama berupa kalimat aktif, untuk mengubah kalimat aktif ini menjadi bentuk kalimat pasif adalah dengan cara menjadikan subject dari kalimat aktif, Margaret, menjadi object dari kalimat bentuk pasif dengan menambahkan by. Selanjutnya objek dari kalimat aktif, letter, menjadi subject dari kalimat pasif. Karena wrote adalah bentuk verb past pada kalimat aktif maka harus diubah menjadi bentuk verb past participle berupa written pada kalimat bentuk pasif

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam penulisan kalimat bentuk pasif, by+object tidak harus selalu tertulis untuk membuat sebuah kalimat dengan bentuk lengkap. Perhatikan contoh kalimat berikut ini.

The letter was written yesterday by Margaret.
The letter was written yesterday.

Kedua contoh kalimat di atas adalah benar. Jadi dapat dilihat kalimat dengan atau tanpa penulisan by Margaret, keduanya adalah benar.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika bentuk kalimat pasif adalah seseorang atau objek yang dikenai sebuah tindakan atau aksi. Sedangkan kalimat aktif adalah seseorang atau objek yang melakukan sebuah tindakan atau aksi.

Baca juga: TOEFL Written Expression Skill 33: Use Tense with Time Expression Correctly

Skill 35: Use Passive Form Correctly

Dalam soal TOEFL kalimat dengan bentuk pasif biasanya muncul dalam bentuk yang tidak tepat.

Contoh:

The portrait was painting by a famous artist.
Pada contoh pertama, terbentuk kalimat dengan bentuk pasif yang tidak tepat, karena past participle berupa painted harusnya digunakan untuk menggantikan present participle berupa painting.

The project will finished by Tim.
Sedangkan pada contoh kedua tidak tepat karena tidak ada penggunaan verb berupa be dan terdapat bentuk by yang seharusnya digunakan pada kalimat dengan bentuk pasif bukan aktif. Kalimat tersebut akan benar jika menambahkan be verb seperti will be finished.

Sentence Pattern:

Be + past participle (by + object)

Baca juga: TOEFL Written Expression Skill 34: Use Tense with Will and Would Correctly

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.
https://www.ef.co.id/panduan-bahasa-inggris/tata-bahasa-inggris/passive-voice/

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *