Advice dan Suggestion: Pengertian, Perbedaan, dan Conbtohnya

Advice dan Suggestion: Pengertian, Perbedaan, dan Conbtohnya

Halo sobat Scholars!

Di dalam Bahasa Inggris, sering sekali kita menemukan beberapa kata yang mirip artinya bahkan memiliki fungsi yang sama. Nah kali ini kita akan membahas hal yang sering sekali tidak mudah dibedakan, yaitu advice dan suggestion. Penasaran kan? Lets check it out!

Baca juga:  Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Advice dan Suggestion

Advice secara bahasa artinya nasihat atau anjuran. Advice memiliki artian yaitu menasihati apa yang harus dilakukan seseorang mengenai fenomena tertentu yang dia tidak memiliki pemahaman yang jelas. Advice bisa menjadi solusi dari masalah yang terjadi.

Advice bersifat formal dan melibatkan kontrol dan perintah karena orang yang memberikannya memiliki pengalaman. Advice adalah bentuk kata berupa noun (kata benda). Advice merupakan uncountable noun, sehingga tidak ada an advice ataupun a lot of advices.

Contohnya:

  • I received advice from my brother concerning grade improvements.
  • You need legal advice from a lawyer.
  • Is your mentor giving you terrible advice?

Suggestion secara bahasa artinya saran, usul, dan anjuran. Suggestion adalah rencana atau pendapat yang diberikan kepada seseorang untuk dipertimbangkan. Seseorang bisa mendapatkan saran dari siapa saja karena pengalaman tidak diperlukan ketika seseorang mengucapkannya. Selain itu, orang yang menerima saran memiliki pilihan untuk menerapkannya atau tidak. Suggestions adalah bentuk noun (kata benda) dari kata suggest (verb).

Contohnya:

  • I suggest taking notes in every class so you’ll know what to study for exams.
  • I suggest going to the doctor in the morning before your flu got worse.
  • I suggest that you study harder for your next exam.

Baca juga: Must, Have To, dan Should: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya

Perbedaan Penggunaan Advice dan Suggestion

1. Advice digunakan dalam makna ‘nasihat’. Sementara Suggestion digunakan dalam arti’ memberi ide / masukan spontan. Jika diartikan dalam Bahasa Inggris maka memiliki arti yang sama yaitu saran atau nasihat.

2. Formalitas di advice dan suggestion. Advice dianggap lebih formal sedangkan suggestion terkesan lebih santai. Hal ini karena advice yang diterima terkadang bisa menjadi solusi dari masalah. Sedangkan suggestion hanya merupakan rencana atau pendapat tentang keadaan yang berupa opini.

3. Level pengalaman di advice dan suggestion memiliki perbedaan. Pengalaman sangat dibutuhkan saat memberikan advice dan suggestion. Orang yang memberikan advice biasanya lebih berpengalaman dan berpengetahuan tentang masalah yang sedang dipertimbangkan. Sedangkan suggestion diberikan tanpa mempertimbangkan tingkat keahlian, pengetahuan, atau pengalaman mereka di bidang yang sedang dipertimbangkan.

4. Ketika seseorang mememberikan suggestion terhadap orang lain, pihak lain ini memiliki kebebasan untuk mengikutinya ataupun tidak. Hal ini karena suggestion hanyalah sebuah ide atau masukan. Namun, ketika seseorang memberikan advice kepada orang lain, umumnya pihak penerima diharapkan untuk mengikuti advice tersebut karena umumnya orang yang memberi nasihat adalah orang dekat yang benar-benar mengetahui apa yang dilakukan dan siapa orang yang dinasihati dengan cukup baik.

Reference:

http://www.differencebetween.net/language/difference-between-advice-and-suggestion/ https://www.sederet.com/tutorial/contoh-kalimat-advice-suggestion/ https://www.englishiana.com/2016/11/perbedaan-advice-suggestion-bahasa-inggris.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *