And dan Or: Perbedaan dan Penggunaannya dalam Kalimat

And dan Or: Perbedaan dan Penggunaannya dalam Kalimat

Hello Scholars!

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu ya! Nah kali ini kita akan membahas sesuatu yang sering sekali kita temukan di text atau kalimat Bahasa Inggris. Penasarankan apa itu? Lets check it out!

Di dalam text atau percakapan Bahasa Inggris sering kali kita temui kata or dan and. Nah hanya saja, masih banyak sekali yang menggunakan kata and dan or untuk fungsi yang sama, walaupun mereka memiliki makna yang berbeda. Yok lihat penjelasan di bawah ini!

Baca juga:  Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian And dan Or

Pengertian and dan or adalah salah satu kata penghubung di conjunction. Lalu apakah itu conjunction? Conjunction adalah kata yang menghubungkan kata, frasa, atau klausa lain yang relevan satu sama lain dalam konteks yang sama. Pada dasarnya, kata penghubung digunakan untuk menunjukkan hubungan antara dua atau lebih kata, klausa, atau kalimat. Seperti, I like cooking and eating, but I don’t like washing dishes afterward.

Kata and dan or termasuk dari conjunction yang paling umum di pelajaran grammar. Kata penghubung or atau yang berarti “atau” digunakan untuk menunjukkan bahwa hanya satu kemungkinan dapat direalisasikan. Sementara and digunakan untuk menunjukan bahwa satu hal yang berurutan dengan hal lainnya. Seperti, I’d like pizza or a salad for lunch. We needed a place to concentrate, so we packed up our things and went to the library. 

Baca juga: : TOEFL Structure Skill 4: Present Participles

Penggunaannya

  1. Kita dapat menghubungkan dua atau lebih frase dengan and dan or di dalam noun clause.

Contohnya:

  • The man and the woman were waiting.
  • The man, the woman and the child were waiting.
  • Wednesday or Thursday would be all right.
  • Wednesday, Thursday or Friday would be all right.

2. And dan or biasanya datang hanya sekali, sebelum kalimat terakhir. Kita dapat menggunakan and dan or dengan jenis kata dan phrases lainnya.

Contohnya:

  • It was a cold and windy day. (adjective)
  • He waited fifteen or twenty minutes. (number)
  • The work went smoothly, quietly and very efficiently. (adverb phrase)

3. Kita dapat menggunakan dua complement atau adverb (kata sifat) dengan and dan or walaupun mereka berada di jenis phrases yang berbeda, seperti adjective dan noun phrases.

Contohnya:

  • The book has become famous and a best-seller. We can meet here or in town.
  • The hotel was quiet and well back from the road.

Baca juga: TOEFL Structure Skill 5: Past Participles

Perbedaan And dan Or

And dan or adalah dua kata yang umum yang digunakan dalam Bahasa Inggris, tetapi bisa sangat membingungkan untuk mengetahui kata mana yang harus digunakan. Hal ini tidak hanya cukup membingungkan bagi siswa, tetapi juga cukup membingungkan bagi native speaker. Apa perbedaan antara ‘And’ dan ‘Or’?

  1. And dan or adalah conjunction. Karenanya sering digunakan dalam konteks yang serupa. And adalah jenis coordinating conjunction dan biasanya digunakan untuk menunjukkan hubungan yang saling berkaitan. Di sini, kedua clauses bergantung satu sama lain dan keduanya dapat disatukan. Or adalah jenis lain dari coordinating conjunction, tetapi ini menunjukkan hubungan yang tidak berkaitan satu sama lain. Di sini, kedua clause agak terpisah, mereka tidak bergantung satu sama lain.

2. Kata and digunakan untuk mengungkapkan penambahan (pelaku, objek, perbuatan) pada suatu kalimat.

  • You and I will help Susan.
  • She will teach and help all students.

Sedangkan kata or digunakan untuk mengungkapkan pilihan pada suatu kalimat.

  • Better you ask Lisa or Rose to teach you in the class.

3. Ketika beberapa kata digabungkan dengan menggunakan and, maka gabungan semua kata tersebut terhitung jamak.

  • Lisa and Rose are my friend.
  • Lisa, Rose, and Fia always speak English.

Sebaliknya ketika kita menggunakan or maka kita perhatikan kata yang paling dekat dengan verbnya. Jika berupa singular, maka tambahkan s/es sedangkan jika jamak, tidak perlu menambahkan s/es.

  • Lisa or Rose is my friend.
  • Lisa or Rose speaks English everyday.
  • Fia or they go there.
  • They or Fia goes there.

Nah bagaimana teman-teman? Mudah dipahami bukan. Jadi yuk mulai sekarang kita gunakan kata or dan and dengan baik dan benar!

References:

oxford_guide_to_english_grammar(1) (1).pdf https://www.grammarly.com/blog/conjunctions/gclid=CjwKCAjwhMmEBhBwEiwAXwFoEVqBYtINF0RBagXELZeSnFFwXcOLSn93mkoYZZUDHSSc86ZmsKGhoCe-gQAvD_BwE&gclsrc=aw.ds https://www.ilmubahasainggris.com/cara-penggunaan-kata-hubung-but-or-dan-and-dalam-kalimat-bahasa-inggris-lengkap-dengan-artinya/ https://www.fabelia.com/perbedaan-penggunaan-and-dan-or/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *