Bentuk Lain dari Ucapan Sama-Sama dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya

Bentuk Lain dari Ucapan Sama-Sama dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya

Halo sobat Scholars!

Sering sekali saat membantu orang lain, maka orang tersebut akan mengucapkan terima kasih untuk menunjukkan rasa bersyukur karena telah dibantu. Maka biasanya sang penolong akan membalasnya dengan mengucapkan sama-sama. Di dalam bahasa Inggris disebut dengan you’re welcome. Nah kali ini kita akan membahas tentang bentuk lain dari sama-sama. Penasaran kan? Lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Menurut Cambridge Dicnotiary you’re welcome atau sama-sama artinya adalah jawaban yang sopan ketika seseorang mengucapkan terima kasih karena telah melakukan sesuatu.

Namun selain kata you’re welcome, pembicara juga dapat menambahkan kata lain, namun memiliki arti yang sama seperti you’re welcome seperti:

  • You’re quite welcome.
  • You’re very welcome.  
  • You’re truly welcome.

Contohnya:

A: Thank you.
B: You’re quite welcome.

Baca juga: Bentuk Lain dari Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya

Namun selain kata thank you, ada ungkapan lain dalam bahasa Inggris yang dapat menggambarkan rasa berterima kasih yaitu:

1. Sure

Secara bahasa sure artinya tentu. Ungkapan sure dapat digunakan untuk menyatakan kalau penolong tidak  keberatan sudah membantu orang tersebut. Contohnya:

X : Thanks for being my best friend throughout high school.
Y : Sure!

 2. Anytime

Secara bahasa anytime artinya kapanpun. Ungkapan anytime dapat digunakan untuk menyatakan kalau penolong tidak keberatan membantu orang tersebut dan mereka bisa meminta bantuan kapan saja.

X : Wow, it’s my favorite toy! Thanks for giving me this!
Y : Anytime.

3. My pleasure

Secara bahasa my pleasure artinya dengan senang hati. Ungkapan my pleasure dapat digunakan untuk menyatakan kalau penolong tidak keberatan sudah membantu orang tersebut. Contohnya:

X : I like the gift so much. Thank you!
Y: It’s my pleasure. 

4. No worries

Secara bahasa no worries artinya jangan khawatir. Ungkapan no worries digunakan untuk menunjukkan bahwa orang yang dibantu tidak perlu khawatir untuk meminta pertolongan .

X : It’s very kind of you to help me studying new language. Thanks a lot!
Y : No worries. 

5. Not at all

Secara bahasa not at all artinya sama sekali tidak. Ungakapan not at all menunjukkan bahwa penolong tidak keberatan untuk membantu. Contohnya:

X : My tasks won’t be finished without you. Thanks for helping me!
Y : Not at all.

6. No problem

Secara bahasa no problem artinya tidak masalah. Ungkapan no problem digunakan untuk menyatakan kalau penolong tidak masalah sudah membantu orang tersebut.

X : You helped me fix my laptop. Thanks, Jo!
Y : No problem.

7. Don’t mention It

Secara bahasa don’t mention it artinya jangan sebutkan itu. Ungkapan don’t mention it digunakan pada orang yang lebih tua atau dalam keadaan formal. Contohnya:

X : I can’t thank you enough for all the things you’ve done for me. 
Y : Don’t mention it. 

8. Glad to help

Secara bahasa glad to help artinya senang untuk membantu. Ungkapan glad to help dapat digunakan ketika penolong senang membantu orang tersebut. Contohnya:

X : You are so helpful. Thank you!
Y : Glad to help.

9. No big deal

Secara bahasa no big deal artinya bukan masalah besar. Ungkapan no big deal digunakan untuk menyatakan kalau pertolongan  pada orang tersebut sama sekali bukan hal yang besar dan merepotkan. Contohnya:

X : You saved my cat from an accident. Thank you very much! 
Y : No big deal.

10. It was nothing

Secara bahasa it was nothing artinya itu bukanlah apa-apa. Ungkapan it was nothing ini sama seperti not big deal, hanya saja lebih santai dan sering digunakan dalam keadaan yang tidak formal. Contohnya:

X : Thanks for your help in completing my works!
Y : It was nothing.

11. I’m happy to help

Secara bahasa I’m happy to help artinya senang membantumu. Ungkapan I’m happy to help digunakan untuk menyatakan kalau penolong senang bisa membantu orang tersebut. Jika dalam keadaan santai bisa saja hanya mengatakan happy to help. Contohnya:

Clara: I was so sorry for disturbing you yesterday to help fixing my car, Dimas. Thank you anyway.
Dimas : That’s okay Clara, I’m happy to help.

12. That’s absolutely fine

Secara bahasa that’s absolutely fine artinya itu baik-baik saja. Ungkapan that’s absolutely fine digunakan ketika sang penolong tidak masalah dan baik-baik saja dengan hal yang dibantunya. Contohnya:

Farah: Thanks for the support you have given to me.
Angel : That’s absolutely fine.

13. It’s no bother

Secara bahasa It’s no bother artinya ini tidak mengganggu. Ungkapan It’s no bother digunakan untuk membalas ucapan terima kasih seseorang. Contohnya:

Dina : Thank you Dina for buying me the ticket for the music concert.
Gita : It’s no bother, Gita.

Baca juga: Best Regards: Pengertian dan Contoh Penggunaannya untuk Surat atau Email

References:

https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/you-re-welcome https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/15-ungkapan-untuk-menggantikan-you-are-welcome/ https://kids.grid.id/read/472518515/jawaban-untuk-ungkapan-thank-you-selain-youre-welcome-dan-artinya?page=all https://www.englishcafe.co.id/you-are-welcome/ https://kampunginggris.online/cara-lain-mengatakan-you-are-welcome/

Author: Namira Mutmainah
Instagram: namiiraamuth
Email: namiramutmainah0206@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *