Concrete dan Abstract Noun: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Penggunaannya

Concrete dan Abstract Noun: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Penggunaannya

Halo sobat scholars!

Di dalam ilmu grammar ada yang disebut dengan parts of speech. Salah satu jenis dari parts of speech adalah noun yang artinya kata benda. Nah, kali ini akan membahas salah satu jenis dari noun. Penasaran kan? Lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Concrete dan Abstract Noun

Sebelum kita membahas tentang concrete dan abstract noun kita akan membahas tentang noun terlebih dahulu. Noun secara bahasa artinya kata benda. Noun biasa disebut dengan nomina. Noun adalah kata yang digunakan untuk menamai atau menyebut orang, benda, tempat, dan ide. Contohnya: Would someone please answer the phone?

Concrete noun secara bahasa artinya kata benda konkret. Concrete noun adalah kata benda berupa material atau sesuatu yang berwujud nyata dan dapat diidentifikasi melalui salah satu dari panca indra (rasa, sentuhan, penglihatan, pendengaran, atau penciuman). Contohnya: My dog just delivered five puppies.

Sedangkan abstract adalah kebalikan dari concreate noun. Secara bahasa abstract noun artinya kata benda abstrak. Abstract noun merupakan kata benda yang menyatakan ide, konsep, perasaan, keadaan, sifat, atau karakter. Kata benda ini dapat dipahami dan dibayangkan namun tidak dapat disentuh atau dilihat dengan indra. Contohnya: Some people can’t find satisfaction in their jobs anymore after some years.

Baca juga: Adverb of Manner: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Perbedaan dan Contoh Penggunaan Concrete dan Abstract Noun

1. Concrete noun adalah kata benda yang berwujud nyata dan dapat dirasakan oleh panca indera sedangkan abstrak noun hanya dapat dipahami dan dibayangkan oleh panca indera namun tidak berwujud. Contohnya:

  • Love is something that can not be bought with money, gold or cars. (concrete noun)
  • I don’t have the confidence to apply for that job. (abstract noun)

2. Abstract noun bisa dibentuk dari verb atau adjective diakhiri dengan suffiks/akhiran seperti -ton, -ism, -ity, -ness, dan lain sebagiannya. Contohnya:

  • Karl Marx’s ideas of communism, capitalism, and socialism are still very much talked to this day.
  • May your Christmas filled with much happiness.
  • A hotel should provide great hospitality for its guests.

3. Abstract noun tidak bisa diberi indefinite article sedangkan concrete noun dapat diberi indefinite article. Contohnya:

  • Love is emotional feeling of human that expresses pleasure about something. (abstract noun)
  • I think an animal is in the garage. (concrete noun)

Baca juga: Adverb of Purpose: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Reference:

https://www.grammarly.com/blog/concrete-vs-abstract-nouns/ https://www.sederet.com/tutorial/grammar-noun-concrete-vs-abstract-noun/ https://www.kampunginggris.id/concrete-dan-abstract-noun https://www.belajaringgris.net/abstract-noun-and-concrete-noun-13028.html

  • Author: Namira Mutmainah
  • Instagram: namiiraamuth
  • Email: iphone5namira@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *