Expressing Wishes: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Expressing Wishes: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Halo sobat Scholars!

Sering sekali jika kita mengucapkan kata wish untuk menunjukkan sebuah pengharapan. Wish  memiliki arti harapan. Wish memiliki beberapa aturan loh dalam penggunaannya di tenses. Penasaran kan? Lets check it out!

Pengertian Expressing Wishes

Expressing wishes secara bahasa artinya mengungkapkan harapan. Expressing Wishes merupakan sebuah kalimat yang menyampaikan pesan kepada pembaca atau pendengar bahwa keadaan sekarang tidak seperti yang kita harapkan. Contohnya: I wish I had more friends.

Expressing wishes merupakan salah satu bentuk dari kalimat subjunctive. Subjunctive merupakan kata kerja yang digunakan untuk menyatakan sebuah pengharapan atau pengandaian akan suatu hal yang ternyata sangat berbeda dengan kenyataan. Contohnya: I wish she would stop say horrible things. 

Contoh Penggunaan Expressing Wishes

Ada beberapa aturan untuk penggunaan wishes di beberapa tenses. Yaitu:

1. Wish dan past tense

Past tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang terjadi di masa lampau. Wish yang digunakan bersama dengan past tense menyatakan sebuah pengandaian yang tidak mungkin terjadi pada waktu sekarang.

Wish(es) + simple past.

Contohnya:

  • I wish she were here.
  • I wish I was more beautiful.

2.  Wish dan past perfect

Past perfect adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu aksi yang telah selesai pada suatu titik di masa lalu sebelum aksi lainnya terjadi. Wish yang digunakan bersama dengan past perfect menyatakan ketidakmungkinan yang terjadi di masa lampau.

Wish(es) + past perfect.

Contohnya:

  • Wira wish he had finished the task before the deadline.
  • My brother wish he could have owned a house when he was twenty-five years old.

3. Wish dan past future

Past future adalah tenses yang digunakan untuk membicarakan masa depan dari perspektif masa lalu. Wish yang digunakan bersama dengan past future menyatakan keinginan seseorang melakukan sesuatu secara berbeda karena tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Wish(es) + Future (would/could + verb 1 atau was/were + present participle)

Contohnya:

  • Defi wishes her friends would come to her house tomorrow.
  • The government wishes people were staying at home during the hurricane.

Reference:

https://www.englishgrammar.org/expressing-wishes-english/ https://www.kuliahbahasainggris.com/expressing-wishes-pengertian-penjelasan-jenis-serta-contoh-kalimat-dalam-bahasa-inggris/ https://pintarbahasainggris.com/community/grammar/penjelasan-lengkap-expressing-wishes-aturan-penggunaan-dan-contohnya/

  • Author: Namira Mutmainah
  • Instagram: namiiraamuth
  • Email: iphone5namira@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *