May dan Might: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Penggunaanya

May dan Might: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Penggunaanya

Halo sobat Scholars!

Di dalam penggunaan kosakata bahasa Inggris, sering sekali kita menemukan beberapa kata yang terlihat sama arti dan penggunaannya. Nah kali ini kita akan membahas may dan might. Penasaran kan? Lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian May dan Might

Secara bahasa may berarti mungkinkah/bolehkah. May digunakan untuk menyatakan apa yang mungkin. Penggunaan may biasanya digunakan untuk formal. May digunakan untuk menunjukkan presentase terjadi hal tersebut sebanyak 50%. Contohnya: He may lose his job.

Sedangkan might merupakan bentuk past (lampau) dari may yang artinya juga sama yaitu mungkinkah/bolehkah. Might digunakan untuk mengungkapkan kemungkinan. Might digunakan untuk menunjukkan presentase terjadi hal tersebut sebanyak 30%. Might juga biasanya digunakan untuk pendapat/saran. Contohnya: If you hurry, you might get there on time.

May dan might merupakan bagian dari modal auxiliaries. Modal auxiliaries adalah jenis kata kerja bantu lain (atau kata kerja modal). Modal auxiliary dapat menyatakan bahwa pembicara merasakan sesuatu yang diperlukan, disarankan, dapat diterima, atau mereka dapat menyampaikan dari perasaan itu. Contohnya, He might be the love of my life.

Baca juga: Adjective of Quality: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Perbedaan dan Contoh Penggunaan May dan Might

Beberapa perbedaan may dan might seperti:

1. Might merupakan bentuk lampau dari may. Contohnya:

  • He might have called me after the game, but they got busy.
  • He may call after the game.

2. Penggunaan may digunakan saat kemungkinan 50% terjadi dan might digunakan saat kemungkinan kecil terjadi (sekitar 30%). Contohnya:

  • It may rain later on. We’d better take an umbrella.
  • It might rain later on, but I don’t think it will.

3. May digunakan untuk kalimat memberi atau meminta izin (permission) seperti can. Might digunakan untuk membuat permintaan. Contohnya:

  • May I use the restroom?
  • Might we come in? 

4. Penggunaan kata not pada kalimat memberi atau meminta izin (permission). Seperti kalimat “She may not go to the party” dalam kalimat ini, sepertinya dia tidak memiliki izin untuk pergi ke pesta. Namun jika menggunakan might, maka terdengar akan mungkin (probality) diizinkan. Contohnya:

  • The boy may not go to the lake. (permission)
  • The boy might not go to the lake. (probability)

5. May atau might jika digabungkan dengan ‘as well’ yang artinya harus melakukan sesuatu karena tidak ada pilihan lain yang lebih baik. seperti, The cinema is close. We might as well walk.

Baca juga: Material Noun: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Reference:

https://writingexplained.org/may-vs-might-difference https://grammar.yourdictionary.com/vs/may-vs-might-grammar-guidelines-in-simple-terms.html https://www.jagoanbahasainggris.com/2017/07/penggunaan-may-dan-might-dalam-bahasa-inggris-serta-contoh-kalimatnya.html https://www.kampunginggris.id/penggunaan-may-dan-might-dan-contohnya https://www.wallstreetenglish.co.id/belajar-grammar/weekly-grammar-modal-verbs-may-might/

  • Author: Namira Mutmainah
  • Instagram: namiiraamuth
  • Email: iphone5namira@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *